Zenfone AR Go Beyond Reality

13 August 2017PapiBunda

ZenFone AR adalah smartphone 5,7 inch pertama di dunia dengan teknologi Tango dan Daydream dari Google. Tango adalah teknologi augmented reality (AR) baru yang menarik yang mengubah cara kita dalam berinteraksi dengan dunia dengan meperluas penglihatan kita dengan teknologi Tango. Dan dengan teknologi Daydream kita bisa mengalami kenyataan di dunia “maya” berkualitas tinggi dan immersive (Virtual Reality) dengan menggunakan handphone kita.

Smartphone ini merupakan paket lengkap untuk menikmati konten virtual reality dan augmented reality. smartphone ini memiliki dua kamera tambahan yang terdiri dari kamera Motion tracking dan kamera Depth sensing. Berbekal kedua kamera tersebut, Asus Zenfone AR mampu memindai sebuah ruangan yang nantinya dipakai untuk menjalankan aplikasi ataupun game Augmented Reality. Untuk menikmati semua konten tersebut, Asus menyediakan layar berukuran 5.7 inci yang nantinya akan memanjakan mata dengan kualitas grafis sangat memukau. Semua konten akan terlihat jernih dan tajam, karena mengadopsi panel Super Amoled beresolusi Quad HD.

Apa Itu Tango dan Daydream ???

Kedua teknologi ini sudah disebut awal tahun 2016 saat konferensi para pengembang atau Google I/O. Project Tango sendiri sejatinya merupakan serangkaian teknologi yang ditanamkan pada ponsel atau tablet untuk memindai ruangan agar bisa disimpan ke dalam format gambar 3D. Perangkat dengan teknologi Project Tango akan memakai kamera depan khusus dengan sudut pandang mencapai 120 derajat untuk merekam gambar 3D. Pada bagian belakangnnya terdapat sejumlah kamera dan sensor lain untuk merekam gambar dan mendeteksi kedalamannya. Tentu saja semua itu didukung oleh peranti keras mumpuni dan aplikasi yang menunjang untuk merekam gambar dan menjahitnya menjadi gambar 3D.

Spesifikasi Zenfone AR

Asus Zenfone AR resmi diperkenalkan pada ajang CES 2017. Smartphone ini menjadi smartphone pertama didunia yang mendukung platform Google Tango dan Google Daydream secara bersamaan. Itu artinya, sobat bisa menikmati konten augmented reality dan virtual reality dalam satu smartphone. Untuk mengakomodir teknologi tersebut, Asus melengkapinya dengan sistem operasi Android Nougat 7.0 yang dipercantik antarmuka Asus ZenUI 3.0 generasi terbaru. Selain itu, tersedia pula dapur pacu powerfull dengan mengandalkan chipset Snapdragon 821.

Tak hanya dilengkapi chipset generasi terbaru, Asus Zenfone AR menjadi salah satu smartphone pertama di dunia yang mengadopsi Ram berkapasitas 8GB. Berbekal Ram berkapasitas sangat besar, performa Zenfone AR sangat cepat dan bisa menjalankan berbagai macam konten AR dan VR dengan lancar. Terlebih didalamnya sudah ada GPU Adreno 530 dan processor berkecepatan Quad Core Kryo dengan konfigurasi Dual Core 2.35 Ghz Kryo dan Dual Core 1.6 Ghz Kryo. Tak ketinggalan baterai berkapasitas 3.300 mAh telah dipersiapkan untuk mencukupi asupan dayanya.

Teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 akan mempercepat waktu pengisian baterai smartphone ini. Kemudian untuk sektor penyimpanan, Asus menyediakan beberapa varian berbeda yang menggunakan memori bertipe UFS 2.0. Dimana untuk kapasitasinya terdiri dari 32GB, 64GB, 128GB, dan 256GB. Perbedaan ini membuat harga Asus Zenfone AR berbeda-beda dan akan tersedia varian Ram 6GB yang dibanderol lebih murah dibandingkan harga Asus Zenfone AR Ram 8GB. Walaupun lebih murah, namun kami yakin harga Asus Zenfone AR tetap terkategori mahal.

Asus melengkapinya dengan semua komponen hardware terbaik. Meski belum mengadopsi chipset Snapdragon 835, namun performa Asus Zenfone AR sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai macam konten AR dan VR dengan lancar. Di sisi lain, smartphone ini memiliki layar beresolusi tinggi yang dibentangkan seluas 5.7 inci. Dimana untuk layarnya mengadopsi panel Super Amoled Display dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixels. Alhasil layar tersebut memiliki kerapatan mencapai 515 ppi dan akan dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 4.

Kelebihan Asus Zenfone AR

  • Dirancang dengan menggunakan teknologi Google Tango dan Google Daydream.
  • Memiliki layar super Amoled beresolusi Quad HD dengan ukuran 5,7 inci.
  • Terpasang RAM berkapasitas 8GB dan Chipset Snapdragon 821.
  • Memiliki kapasitas memori internal yang besar.
  • Baterai berdaya 3.300 mAh dengan fitur fast caharging.
  • Fitur konektivitas yang lengkap.
  • Memiliki kamera belakang 23 MegaPixel dengan kecepatan autofocus sangat cepat dan bisa merekam vidio dengan resolusi 4K.
  • Memiliki kamera depan 8 MegaPixel

Kekurangan Asus Zenfone AR

  • Harga Asus Zenfone AR akan sangat mahal.
  • Baterainya tidak bisa dilepas.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: