Sayangi Diri Sendiri dangan Tolak Obat Ilegal

6 October 2017PapiBunda

Akhir-akhir ini sering banget denger berita tentang anak-anak remaja yang tiba-tiba seperti orang stres setelah mereka mengkomsumsi sejumlah obat.Hhhmm…awalnya agak bingung juga obat apa yang mereka minum sehingga mereka bisa sampai seperti itu??Dan selama ini setiap abis denger berita itu sih Cuma sekedar angin lalu aja,masuk kuping kanan keluar kuping kiri,,tapi lama kelamaan berita tersebut semakin menghebohkan bukan hanya di Ibukota saja tetapi sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Ternyata kasus seperti ini lagi “ngehist” banget di Indonesia,hampir setiap channel berita meberitakan remaja yang mendadak seperti orang “gila” setelah mengkomsumsi obat. Tentu kasus seperti ini membuat para orang tua khawatir tentang pergaulan anak-anak zaman sekarang,apalagi para orang tua yang anaknya menjadi korban dari penyalahgunaan obat ilegal.

Sebagian besar korban dari penyalahgunaan obat di Indonesia adalah remaja.Dan yang paling miris tidak sedikit pula anak sekolah dasar yang menjadi korbannya, entah apa yang mereka pikirkan sehingga mereka mencoba hal yang demikian.Rasa penasaran sepertinya faktor utama mereka untuk mencoba,penasaran dengan apa yang terjadi jika mereka mengkomsumsi obat tersebut,pengaruh dari teman juga menjadi salah satu faktor mereka takut di bilang “gak gaul”.Sampai hari ini  banyak sekali obat ilegal yang beredar bebas di Indonesia tentu ini menjadi salah satu pe-er yang harus segera di tuntaskan oleh Pemerintah.

Alhamdulilah….pemerintah juga tidak menutup mata dengan adanya kasus tentang peredaraan obat ilegal dan penyalahgunaannya.Pada hari selas tanggal 3 Oktober 2017 tepatnya di Bumi Perkemahan Cibubur, BPOM RI membuat acara yang bertemakan “AKSI NASIONAL PEMBERANTASAN OBAT ILEGAL DAN PENYALAHGUNAAN OBAT”.

*Tempat acara berlangsung by dokpri

Acara yang di hadiri oleh Presiden Jokowi dan banyak pejabat negara ini membuat mata saya terbuka bahwa betapa berbahayanya dampak dari penyalahgunaan obat ilegal ini.Seperti yang di utarakan oleh Ibu Dr.Ir.Penny K Lukito, MCP selaku Ketua dari BPOM bahwa peredaraan dan penyalahgunaan obat ilegal di indonesia sudah membuat resah masyarakat dan terjadi peningkatan kasus penyalahgunaan obat yang signifikan dan memperihatinkan.BPOM sebagai instansi yang berwenang berkomitmen untuk terus mengawasi peredaraan obat yang ada di masyarakat.

Selanjutanya ada penanyangan video yang berisi tentang penyalahgunaan obat yang terjadi di masyarakat yang diketemukan oleh BPOM,setelah itu ada penandatanganan komitmen aksi nasional pemberantasan obat ilegal dan penyalahgunaan obat yang di tandatangi oleh 11 perwakilan dari masyarakat,di antaranya adalah Menko PMK, Ka BPOM, Kapolri, Jaksa Agung, Menkes, Mendagri, Ketua GPFI, Ketua IDI, Ketua AIA, SLANK, dan 1 orang siswa SMA.

*Perwakilan dari 11 element masyarakat

Acara dilanjutan dengan sambutan dari Presiden Jokowi dalam sambutannya beliau berpesan semua pihak harus turut serta mengawasi peredaran obat di Indonesia. Di tengah pidatonya pak Jokowi memanggil kepala kabareskim polri ke atas panggung, beliau bertanya apa saja yang sudah di lakukan polri dalam hal pemberantasan obat ilegal di indonesia.

*Pak Jokowi bersama Kepala Bareskrim Polri by winny widyawati
*Pak Jokowi dan BimBim SLANK by Gita siwi

Selain kepala kabareskim pak Jokowi juga memanggil salah satu personil SLANK yaitu BimBim ke atas panggung dan seketika suasana menjadi cairr. “obat ilegal merupakan pintu gerbang masuknya narkoba” jawab BimBim ketika di tanya pendapatnya tentang penyalahgunaan obat ilegal oleh pak Jokowi.Setelah itu di lakukan penekanan tombol sebagai tanda pencanangan aksi nasional pemberantasan dan penyalahgunaan obat ilegal. Acara di tutup dengan doa yang di pimpin oleh H. Mukhlis, S,Ag dari Kasubbag Mental Spiritual Biro Dikmental.

Pak Jokowi meninggalkan tempat acara menuju tempat pemusnahan barang bukti hasil sitaan yang di lakukan oleh BPOM untuk melakukan pemusnahan secara simbolis,sebelum meninggalan tempat acara Pak Jokowi menyempatkan diri bersalaman dengan para audience walaupun hanya yang di baris depan, Alhamdulilah… saya mendapatkan kesempatan itu. Acara tidak berhenti sampai di situ,ini dia yang di tunggu-tunggu hampir semua peserta yang hadir yaitu performance dari Kaka dan kawan-kawan.Seketika acara yang tadinya formal berubah menjadi riuhhh karena terbawa oleh lagu-lagu slank yang energik,hampir semua yang hadir ikut berjoged di depan panggung hiiiihiii…jadi inget masa-masa sekolah dulu.

*Pemusnahaan Obat secara simbolis oleh Pak Jokowi by dokpri

 

*Keseruan saat performance Slank by Elisa Korag

Yuk…. Sayangi diri sendiri dengan Tolak Obat Ilegal,mari kita bantu pemerintah untuk memberantas penyalahgunaan obat ilegal di Indonesia karena dengan kerja sama dari berbagai pihak tentunya akan mempermudah mencapai tujuan utama yaitu Indonesia bebas obat ilegal.Terimakasih BPOM yang sudah membuat acara yang mengedukasi bagi kami yang “awam” dan sekarang menjadi lebih tahu dan lebih aware tentunyaa..

Mari kita dukung Aksi Nasional Pemberantasan Obat dan Penyalahgunaan Obat Ilegal.

#AksiNasional

#TolakPenyalahgunaanObat

#BerantasObatIlegal

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: