Nutrisi Tepat Selama Masa Kehamilan

15 October 2017PapiBunda

Anak merupakan anugerah yang tak ternilai, memiliki anak tentunya menjadi dambaan bagi pasangan yang menikah banyak hal yang di lakukan agar cepat mendapatkan buah hati tentu takdir Ilahi lah yang kembali lagi menentukan kapan waktu yang tepat kita memiliki buah hati karena sebagai manusia kita hanya bisa berusaha.

Ehhmm..pernah gak si muncul pertanyaan di benak kita “bisa gak kita jadi orang tua yang baik buat anak kita?” , apalagi buat yang ingin menjadi orang tua baru pasti pernah deh terbesit pertanyaan seperti itu wong saya aja yang anaknya udah umur 5 tahun masih suka timbul pertanyaan seperti itu hehe..karena menjadi orang tua itu memang gak ada sekolahnya jadi kita harus senantiasa belajar setiap hari cmiiww :).

Sebelum kita pusing dengan gimana cara menjadi orang tua yang baik buat anak kita, yang gak kalah pentingnya dari hal tersebut adalah masa-masa kehamilan yang kita jalani. Bagaimana menjalani masa kehamilan dengan baik sehingga calon anak yang kita kandung sehat sampai lahir di dunia. Karena masa perkembangan anak di mulai dari dalam kandungan.

Minggu kemarin saya sempat menghadiri seminar yang di adakan RS. TUGU IBU bekerja sama dengan Vidoran Ibunda dan Tabloid Nakita dengan tema ” Nutrisi Tepat Selama Masa Kehamilan “.

Seperti yang di jelaskan oleh Dr. Esa Manassa Resti, SpOG bahwa kehamilan haruslah di persiapkan sejak dini, mengapa karena hamil memberikan resiko pada :

  • Kehamilan ( ibu hamil & janin ).
  • Ibu jangka panjang.
  • Anak hingga dewasanya.
  • Oleh sebab itu pemberian nutrisi yang tepat bagi ibu hamil sangatlah penting karena bertujuan untuk :
  • Mengahasilkan bayi yang sehat ( BB normal dan meminimalisasi risiko negatif )
  • Menentukan Berat Badan yang tepat
  • Memahami perubahan kebutuhan nutrisi selama hamil

Selama masa kehamilan inilah perubahan fisiologis yang terjadi pada ibu hamil :

1. Mual dan muntah

  • Makanlah dengan porsi yang kecil dan rendah lemak
  • Intake cairan antara waktu makan dan hindari kafein
  • Kurangi makan asam dan pedas
  • Konsumsi permen jahe

2. Konstipasi

  • Meningkatkan makanan berserat dan asupan cairan

3. Edema

  • Tidak perlu pembatasan garam
  • Anjuran meninggikan kaki saat berbaring

4. Anemia

  • Konsumsi zat besi (makanan suplemen)

Jika nutrisi selama kehamilan tidak di perhatikan akan menimbulkan resiko bayi kurang gizi antara lain :

  • Berat badan lahir rendah
  • Lahir mati
  • Cacat bawaan
  • Kemampuan belajar rendah
  • Kematian perinatal

Untuk menghidari hal-hal yang tidak inginkan tentu asupan nutrisi selama kehamilan haruslah tepat, dan apa aja sii nutrisi yang di butuhkan selama kehamilan sehingga gizi yang di butuhkan ibu dan janin terpenuhi yaitu :

  • Makanlah dengan pola gizi seimbang, lebih banyak dari sebelum hamil
  • Tidak ada pantangan makan selama hamil
  • Cukupi kebutuhan minum 10 gelas perhari

Selain asupan nutrisi yang seimbang dari makanan dan minuman yang di konsumsi ibu hamil juga membutuhkan olah raga, relaksasi dan nutrisi pelengkap yang bisa di dapat dari susu ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin sejak dalam kandungan.

Naahhh..ngomong-ngomong soal susu ibu hamil, saya termasuk orang yang gak doyan susu apapun rasanya. Di kehamilan pertama pun saya paksakan untuk minum susu walaupun dengan perjuangan yang cukup melelahkan hehheee #lebayyy :). Di seminar kemarin pun hadir dari perwakilan vidoran ibunda yaitu bunda Rita yang menjelaskan tentang apa saja keunggulan dari vidoran ibunda, salah satunya adalah vidoran ibunda mengandung cod liver oil dimana cod liver oil ini sangat bermanfaat bagi ibu dan janin di antaranya yaitu :

  • Cod liver oil mengandung DHA, OMEGA 3 dan EPA yaitu nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan otak janin sejak trisemester ke 2 kehamilan.
  • Vitamin A & D yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan ibu hamil.
  • Vitamin A yaitu nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan jaringan retina mata / penglihatan bayi.

Vidoran Ibunda mempunyai 2 variant rasa yaitu vanila kacang hijau dan coklat , kalau untuk saya pribadi yang tidak suka susu saya lebih suka rasa vanila kacang hijau karena rasanya seger banget gak seperti kita minum susu dan gak lengket di langit-langit mulut si kacang hijaulah yang menetralisir rasa amis pada susu. Variant vanila kacang hijau ini baru ada di susu vidorant ibunda lhoo..kalau penasaran silakan coba yaa :). Sedangkan rasa coklat merupakan variant baru yang baru di keluarkan bulan juli kemarin.

Selain itu keunikan yang di miliki oleh vidoran ibunda adalah :

  • Mengandung Cod liver oil
  • Berkulitas
  • Harga terjangkau

Dengan keunikan yang di miliki oleh vidoran ibunda ini patut di coba lho apalagi buat yang gak doyan susu ini bisa jadi alternatif yang bisa di coba yàa 🙂 .

Selain nutrisi yang tepat ibu hamil juga membutuhkan relaksasi untuk mengurangi stres yang kadang terjadi pada ibu hamil, hal ini harus di hindari sebisa mungkin karena stres akan memberikan pengaruh buruk bagi ibu dan janin. Pilihan lain untuk mengurangi stres bisa dengan mengikuti senam hamil , eiittsss…tapi gak sembarangan juga ya bunda kalau ingin mengikuti senam hamil harus di konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau bidan yang menangani kita apakah di kehamilan kita bisa melakukan senam hamil.

Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental pada persalinan cepat, aman dan spontan. Sebaiknya jika ingin melakukan senam hamil usia kandungan minimal 20 minggu di bawah itu bisa terjadi risiko pada kehamilan. Adapun tujuan senam hamil antara lain :

  • Menguasai teknik pernapasan
  • Menperkuat elastisitas otot
  • Mengurangi keluhan selama kehamilan
  • Relaksasi dan melatih ketegangan otot
  • Menghindari kesulitan dari proses persalinan
  • Menguatkan otot-otot tungkai
  • Mencegah varises
  • Memperpanjang proses pernapasan
  • Latihan mengejan

Nah..jadi sebelum memutuskan untuk melalukan senam hamil tolong perhatikan hal-hal diatas yaa bunda dan jangan lupa konsultasikan dengan tenaga kesehatan. Ini ada sedikit gerakan-garakan dari senam hamil yang dapat di praktekan di rumah, gerakan sederhana ko bun bisa di coba yaa…..

Sekian informasi yang bisa saya sharing semoga bermanfaat ya bundaaa. Terimakasih buat RS. TUGU IBU , Tabloid Nakita dan Vidoran Ibunda semoga bisa membuat seminar dengan tema yang lebih menarik lagi… sampai jumpa dan jangan lupa bahagia :).

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: