Begitu Mudah Memesan Tiket Kereta Api Dengan Traveloka #JadiBisa

4 December 2017PapiBunda

Apa saja persiapan dana untuk Tahun Baru? Dana liburan untuk Tahun Baru perlu dipersiapkan, agar tidak menjadi sumber masalah keuangan di tahun yang akan datang.


Persiapan Dana Liburan Tahun Baru? Liburan Tahun Baru sudah hampir tiba hanya tinggal menghitung ghari saja. Aneka pernak pernik liburan menghiasi berbagai sudut rencana yang akan mempermanis akhir tahun. Bagi pelajar dan karyawan liburan ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena tidak jarang juga menjadi momen kebersamaan keluarga. Namun, budget liburan Tahun Baru juga harus direncanakan sebaik mungkin. Jika tidak, berbagai kesalahan mungkin terjadi dan akan menurunkan kualitas liburan yang akan kita lakukan

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan Liburan Tahun Baru yang hemat.

  • Mengunjungi Keluarga, Momen akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga. Ketika kita bekerja dan sudah berkeluarga mungkin sulit untuk selalu bersilaturahmi dengan keluarga besar. Kita dapat memanfaatkan liburan akhir tahun untuk mengunjungi keluarga besar baik yang tinggal di dalam maupun luar kota. Meskipun domisilinya tidak terlalu jauh, tetapi bertemu dengan keluarga besar akan memberi suasana yang berbeda dan kesenangan tersendiri bagi Anda dan keluarga. Selain menjalin silaturahmi, Kita juga mendapatkan keuntungan lain yaitu menghemat biaya.
  • Memastikan Perencanaan Matang dalam List, Perencanaan yang matang akan meningkatkan tingkat ketelitian kita. Terkadang euforia Tahun Baru yang hanya terjadi satu tahun sekali membuat kita sembarangan memilih akomodasi liburan yang di luar kemampuan ekonomi. Jangan sampai keinginan untuk melepas penat sesaat menjadi malapetaka baru dengan bertambahnya pengeluaran dan hutang tidak terduga. Pastikan kita tahu persis apa saja yang dibutuhkan di tempat berlibur yang sudah ditentukan. List yang kita buat harus mencakup tempat yang akan dikunjungi, moda transportasi yang digunakan, jenis kegiatan, durasi dan yang terpenting adalah jumlah perkiraan biaya. Semakin detil list tersebut, maka akan semakin mudah untuk mempertimbangkan semua biaya dan mencari alternatif yang lebih sesuai dengan budget yang dimiliki. 
  • Buka Traveloka, kereta api merupakan moda transportasi yang paling saya sukai dan banyak orang yang menyukai moda transportasi ini karena ongkosnya murah dan kita bisa menikmati pemandangan yang dilewati oleh kereta api. Di era Internet dan Smartphone yang berkembang pesat. Memesan Tiket Kereta API untuk mencari harga termurah sudah tidak perlu menggunakan cara kuno lagi dengan menghubungi travel agent. Tingga buka aplikasi maupun website Traveloka yang sudah canggih serta menawarkan promo atau diskon ke penumpang secara langsung dengan memberikan kemudahan dalam cara pemesanan bahkan cukup dengan sentuhan layar handphone kita. 

LIiburan Tahun Baru tidak harus selalu mengeluarkan banyak uang. Jangan memilih liburan yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan kita. Rencanakan liburan kita dengan matang agar tidak ada biaya yang terbuang percuma. Disinilah peran penting dari traveloka, aplikasi yang suudah sangat lama ada pada smartphone apple yang saya miliki. Karena saya adalah seorang yang memiliki hobi liburan dan sudah berkeluarga selalu menggunakan transportasi yang murah, salah satunya Kereta Api, transportasi yang disebut sebagai angkutan rakyat dengan harga merakyat, belum lagi ada beberapa kereta yang disubsidi oleh pemerintah. Liburan yang masih berada di Pulau Jawa sangat logis untuk menggunakan Kereta Api karen kita bisa menikmati keindahan alam dari dalam gerbong kereta api. Hari libur yang mepet tak jadi masalah berkat kereta dan traveloka.

Begitu mudahnya memesan tiket kereta melalui traveloka, banyak fasilitas yang memudahkan konsumen untuk pemesanan. Informasi yang berhubungan dengan perjalanan kereta sangat lengkap, karena traveloka terdaftar sebagai partner resmi PT. KAI Persero, belum lagi fitur pilih kursi, passenger quick pick, dan yang terbaru last minute booking yang memungkinkan kita memesan kereta sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan. Fitur ini sangat bermanfaat untuk saya yang sudah berkeluarga dan ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan Kereta Api.

Seringkali aku memesan tiket perjalanan jauh-jauh hari, karena tiket kereta yang cepet ludes dan juga aku selalu memesan tiket Pulang –Pergi secara langsung atau sepaket yang bisa dilakukan melalui traveloka. Berawal mulai dari pilih tanggal, kita langsung dimudahkan dengan terteranya hari-hari libur nasional, yes ! Untuk rute Bekasi – Malang, pilihan terbaik jatuh kepada KA “Matarmaja”, jam berangkatnya tidak memotong jam kerja dan bisa dibilang gak memotong hari, karena perjalanan malam. 16 Jam waktu yang dibutuhkan untuk sekali jalan, 16 jam harus bersabar sebelum dihadiahi kampung halaman. Setelah memilih kereta, bagiku, pengguna kereta jarak jauh, fitur pilih kursi menjadi andalan, wajar dong aku selalu menempatkan diriku di kursi 2-2 dekat jendela yaa supaya bisa tidur nyenyak . Fitur ini juga jadi pamungkas bilamana aku pulang dengan rekan-rekan seperjuangan, kita bisa pilih dan atur posisi senyaman mungkin.

Kursi telah dipilih, lanjut dengan mengisikan identitas diri sebagai syarat untuk boarding, jika kita sudah mengisikan datadiri pada menu profil / sudah memesan tiket sebelumnya, maka kita tinggal klik dan filed data diri otomatis akan terisi. Nah sampai pada bagian favorit, “masukkan kode promo”, ini nih jurusku biar pulang lebih ngirit, selalu aja ada promo-promo terbaru dari traveloka dan gak nanggung, rasanya ingin berucap terimakasih secara pribadi ke aplikasi ini. Lanjut ke pembayaran (ya iyalah kudu bayar ~), cara pembayarannya sampai bisa discroll sangking banyaknya opsi pilihan. Favoritku menggunakan mandiri debit, cuman ketik ketik dikit, lunas deh.

Sekedar aku bagikan tips bepergian dengan kereta melalui traveloka
1. Traveloka dulu
2. Pilih tanggal yang efisien jauh-jauh hari karena kereta bisa dipesan mulai H-90
3. Sesuaikan jam jadwal berangkat dan tiba sesuai kebutuhan
4. Pilih kereta subsidi kalau ada (berlaku untuk budget travel)
5. Selalu cek promo pada awal masuk traveloka (pasti ada)
6. Liburan kemudian

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: