Blog post

Tips and Trik Membuat Vlog bersama Bella Panggabean

19 December 2017PapiBunda

Saat ini semua orang pasti sudah gak asing lagi dengan yang namanya vlog, apalagi anak – anak zaman now udah paham banget pastinya sama yang namanya vlog. Setiap orang pasti beda – beda kesukaannya ada yang suka foto , ada yang suka video, ada yang suka dua – duanya, kalau saya termasuk orang yang suka mengabadikan moment lewat foto karena jujur saya termasuk orang yang gak pede kalau buat vlog hehe.. mungkin karena belum tau ilmunya dan kadang suka bingung juga apa yang mesti di omongin sama kita.

Nah….Alhamdulilahnya beberapa waktu lalu saya mendapatkan kesempatan mengikuti ghatering yang di adakan oleh Kumpulan Emak Blogger bareng BHINEKA.COM seneng banget bisa berkesempatan hadir di acara tersebut selain bisa kopdar sama temen – temen KEB pulang juga bisa bawa bekel ilmu .

BHINEKA.COM adalah sebuah perusahaan e-commerce yang bisa di bilang merupakan perusahaan e-commers pertama di Indonesia. BHINEKA.COM menjual berbagai jenis produk dengan harga yang kompetitif, Yuk..yang penasaran bisa di cek di www.bhineka.com . Sampai di kantor BHINEKA.COM sempet bingung juga ini kantor apa cafe ??? karena pas masuk ke dalam ada coffee shop yang cozy banget, gak lama setelah duduk di coffee shop bersama beberapa teman yang lain  akhirnya kita diminta untuk naik ke venue yaitu di lantai 5. Kita naiknya pakai tangga manual lhoo karena di sini gak ada lift , pasti karyawan BHINEKA.COM semua sehat – sehat yaa setiap hari selalu berolahraga hehe.. . BHINEKA.COM memiliki kantor yang cukup unik tiap lantainya di design secara apik seperti berada di rumah sendiri sehingga saya pun gak kerasa kalau sudah berada di lantai 5 karena menikmati suasana yang ada.

Sekitar pukul 09.00 acara pun di mulai di buka oleh MC yang cantik yaitu Mba Sarah , sebelumnya kita melihat beberapa vidoe Mba Sarah dari BHINEKA.COM. Setelah perkenalan sedikit barulah di panggil narasumber kita yaitu Bella Panggabean seorang wanita muda yang cantik , enerjik ,smart terpancar dari seorang director sekaligus photografer ini. Sudah banyak sekali karya – karya yang beliau hasilkan dan semuanya terangkum di blog pribadinya dan semuanya sangat bagus dan menarik, Terlihat dari teknik beliau mengambil gambar, perpaduan antara gambar dan sound yang pas menggambarkan kalau beliau adalah seorang yang profesional. Yang penasaran bisa di lihat di websitenya yaitu www.bellapanggabean.com .

Beberapa tips dan trik yang disampaikan oleh Bella tentang bagaimana kita membuat vlog yang menarik antara lain :

Tell a Good Story

Kita harus bisa menyampaikan pesan dari video yang kita buat , tentu sebelum kita membuat video kita harus memiliki gambaran ide cerita apa yang akan kita buat, karena di harapkan penonton akan mendapatkan pesan atau menginspirasi  melalui video yang kita buat. Video yang tersusun rapi akan mudah di pahami oleh penonton oeh karena itu setiap kita membuat video harus memiliki awal, tengah dan akhir.

Show Them , Don’t tell Them

Kita bisa membuat video kapan pun dan di mana saja sesuai dengan keinginan kita , dan yang harus di ingat adalah setiap video yang kita buat harus menggambarkan sebuah kisah / cerita. Mba Bella memberikan contoh ketika ia pulang travellling menggunakan kereta api, beliau mengambil video suasana di dalam kereta dan pemandangan di luar kereta yang di ambil dari dalam kereta. Walaupun beliau tidak sambil bercerita tetapi itu sudah cukup menggambarkan suasana pada saat itu. Foto atau video yang kita buat jika tidak ada dialog atau caption lebih memiliki banyak cerita dibandingkan tidak ada keduanya pada saat kita bercerita.

Choose Your Words Carefully

Nah…kira – kira sebaiknya membuat video dulu atau script terlebih dulu?? Yaapp..benar buat script terlebih dulu sebelum kita menbuat video. Dan yang perlu diperhatikan kita harus menggunakan bahasa bahasa yang baik dan hati – hati, kelebihan membuat script terlebih dahulu membuat bahasa yang kita keluarkan akan lebih teratur selain itu kita juga memiliki bayangan tentang sudut pengambilan gambar seperti apa yang kita inginkan. Ada beberapa tips untuk membuat script yang baik :

  • Perhatikan pesan yang mau kita sampaikan kepada target penonton kita.
  • Berikan penjelasan tentang manfaat dari apa yang kita sampaikan. Misalkan kita membuat video tutorial make up , kita jelaskan apa saja manfaat dari produk – produk yang kita pakai.
  • Dan yang gak kalah penting adalah gunakanlah bahasa sesuai dengan follower kita sehingga mudah di mengerti.

Build in Interaction

 Jangan ragu – ragu untuk meminta para audience untuk menonton video kita, bagaimana caranya ?? kita bisa menggunakan kata kunci berikut ini :

  • “ Click here to find out more about this service “.
  • “ Click here to watch a related video “.
  • “ Find out a quickly survey “.
  • “ Subscribe : Thumbs up , Like “.

Dengan kata kunci seperti di atas follower kita akan  meng-subscribe vlog kita dan bisa terjadi interaksi kedepannya.

Sound and Light

Nah..ini juga hal yang gak kalah penting yang harus diperhatikan saat kita membuat video yaitu sound dan lighting. Jika kita ingin mengambil video perhatiakanlah keadaan sekitar kita carilah tempat yang tidak terlalu bising sehingga suara kita dapat terdengar dengan jelas, dan dari segi pencahayaan juga harus diperhatikan jangan sampai backlight. Pencahayaan yang bagus adalah Pencahyaan alami yaitu matahari dan jam yang paling bagus untuk pencahayaan alami antara pukul 08.00 – 10.00 pagi dan pukul 15.00 – 17. 00 , kalau penasaran sama hasilnya silakan di coba yaa… .

Tools

Membuat video atau foto yang bagus ternyata gak mesti menggunakan alat yang mahal dan super lengkap lho,, apa aja sii alat yang kita bisa gunakan :

  • Web Cam.
  • Smartphone , nah buat kita yang pemula bisa ni di mulai dengan menggunakan camera smartphone yang kita punya.
  • DSLR Camera with Video Capability ( Canon 550D, Canon 5D, Mark JD ).
  • Go pro.

Tehnik Pengambilan Gambar

  • Objek foto atau video tidak mesti selalu berada di tengah, kita bisa meletakkan objek di atas kanan, atas kiri, bawah kanan, dan bawah kiri agar gambar tidak terlihat membosankan.
  • Hindari meletakkan objek terlalu dekat dengan background, biar gambar terlihat lebih “dalam” kita bisa meletakkan objek kira – kira 1 meter di depan background.
  • Berilah jarak antara bagian atas objek dengan sisi atas frame atau biasa di sebut Head Space. Jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh atau tidak ada sama sekali.
  • Ketika pengambilan gambar tangan kita harus stabil, jangan terjebak dengan camera movement. Jika kita mengambil gambar yang bergerak kita juga harus ikut bergerak, contoh mengambil gambar orang yang sedang lari kita pun harus ikut berlari.

Just Shoot it

Ini dia pointnya gak usah kebanyakan mikir hehe.. lakukan aja apa yang kita ingin lakukan, tentunya bisa karena terbiasa kan?? Jadi jangan ragu – ragu lagi yaa Just Shoot it  .

Selain Mba Bella yang berbagi ilmu kepada emak – emak yang hadir ada juga teman – teman dari Microsoft yang membagi ilmunya untuk menunjang hobi menulis kita biar semakin kece. Tim dari Microsoft menjelaskan program terbarunya yaitu Windows 10 Fall Creator update, seperti yang di jelaskan oleh teman – teman dari microsoft ini merupakan windows yang terakhir. Buat teman – teman yang masih menggunakan windows 7 silakan berpindah ke windows 10 karena fitur – fitur yang di tawarkan lebih menarik salah satunya adalah program 3D paintnya yang bisa menghasilkan gambar lebih hidup. Cocok banget ni buat emak – emak yang hobi nulis bisa membuat kontennya lebih kece lagi.

 

Selain ilmu kita juga dapetin banyak hadiah lhoo dari BHINEKA.COM dan Microsoft, pokoknya seneng banget bisa ikutan acara bareng Kumpulan Emak Blogger dan BHINEKA.COM banyak banget ilmu yang bermanfaat yang di dapet. Semoga kedepannya bisa ikutan lagi acara – acara kece seperti ini, Terimakasih banyak buat Kumprlan Emak Blogger dan BHINEKA.COM yang sudah memfasilitasi emak – emak blogger dan buat Bella Panggabean serta Microsoft terimakasih sudah berbagi ilmu, pastinya sangat bermanfaat buat menunjang hobi menulis saya .

_ Semoga Bermanfaat_

 

 

Comments (5)

  • Lia Harahap

    20 December 2017 at 3:47 pm

    Aku setuju banget sama ilmu yang pertama, tell a good story. Masalahnya itu yang paling susaaah… Hehehehe.

  • zakky

    20 December 2017 at 5:40 pm

    kayaknya lagi tren buat vlog ya,
    boleh nih buat ngisi waktu luang apalagi kalau konten bisa bermanfaat

  • Cilya Marthalena

    26 December 2017 at 8:03 am

    Ilmunya sangat bermanfaat..sharing nya dijelaskan dengan jelas…sukses mba untuk praktek vlog nya 🙂

  • cici desri

    27 December 2017 at 7:48 am

    seneng deh bisa ketemu mab siwi yang ramah, salam ya buat bang erlangga.. see you next time y mba…

  • Uci

    27 December 2017 at 8:47 am

    Mkch tips nya ya,jadi PD belajar nge vlog

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: