Peduli Kita Peduli TBC

28 March 2018PapiBunda

Minggu 25 Maret 2018 tepatnya di arena CFD yang berlangsung di FX Sudirman Jakarta Selatan berlangsung acara kampanye kemanusiaan dalam rangka memperingati hari TB Sedunia yang jatuh pada 24 Maret, kampanye ini mengusung tema  #PeduliKitaPeduliTBC yang di selenggarakan oleh oleh U.S Agency for International Development (UNSAID), Forum stop TB Patnership Indonesia (FSTPI) dan para pemerhati TB di Indonesia.

Kampanye ini diadakan oleh karena perkembangan TB di Indonesia yang cukup memprihatinkan. Indonesia sendiri medududki peringkat ke 2 penderita Tb terbanyak setelah India, tentu ini menjadi “peer” bagi pemerintah dan masyarakat luas bagaimana caranya agar pertumbuhan TB dapat di tekan secara signifikan. Salah satu cara yaitu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat luas agar lebih aware lagi terhadapa TBC.

Waspadalah jika anda sering batuk-batuk tapi tak kunjung sembuh. Mungkin itu bukan batuk biasa, karena bisa jadi itu gejala tbc. Jumlah penderita tuberkolosis terus bertambah, penyakit menular ini merupakan infeksi serius yang mempengaruhi paru-paru seseorang. Tuberkolosis di sebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis, bakteri yang ditularkan melalui udara dari 1 orang ke orang lain. Jika tidak diobati hingga tuntas bisa berakibat fatal. Penyakit tuberkolosis (tbc) pertama kali ditemukan oleh robert kock, pada tahun1882. Setiap orang beresiko terkena tbc. Di acara ini juga hadir Vino G Bastian dan Reza Rahardian yang turut menyuarakan kepeduliannya terhadap TBC.

Tanda dan gejala yang khas jika seseorang terkena TBC

  1. Batuk yang tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu
  2. Penurunan berat badan secara drastis
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Demam
  5. Berkeringat yang berlebih biasanya pada waktu sore sampai malam hari
  6. Nyeri di daerah dada

Kebanyakan, Orang Tidak Menyadari Mengalami Gejala Tb Dan Bingung Membedakannya Dengan Penyakit Lain Karena Tidak Mudah Untuk Mengenalinya. Oleh Karena Itu Deteksi Dini Sangat Penting Agar Kita Terhindar Dari Penyakit Tb.

Deteksi Dini Dapat Dilakukan Dengan Cara Pergi Ke Fasilitas Kesehatan Atau Puskesmas Terdekat Apabila Kita Sudah Memiliki Gejala-Gejala Yang Mencurigakan.

Jika Anda Positif Tb Tidak Perlu Khawatir Karena Tb Dapat Di Sembuhkan.

Obat Tb Saat Ini Dapat Di Peroleh Secara Gratis Yang Di Sediakan Pemerintah Di Puskesmas-Puskesmas Terdekat Dengan Kualitas Terbaik.

Minumlah Obat Secara Teratur, Agar Tb Dapat Di Sembuhkan Secara Tuntas.

Jangan Lupa Pakailah Masker Untuk Menghindari Penularan Ke Lebih Banyak Orang.

Seperti yang di alami oleh mba Uli dari PETA (Pejuang Tangguh) sejak umur 10 tahun mba Uli menderita TBC namun karena ia bandel tidak meminum obat secara teratur akhirnya mba Uli di vonis menderita TB MDR yaitu TB yang sudah lebih parah lagi, mba Uli harus menjalani pengobatan selama 23 bulan dan setiap hari harus meminum obat sebanyak 15 butir dan suntik setiap hari. Tidak hanya itu mba Uli juga mengalami efek samping yang cukup berat seperti depresi yang harus ditangani oleh seorang psikiater, tetapi dengan support dari keluarga semua itu bisa dilewati dengan baik sehingga saya bisa sembuh seperti sekarang ini.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati, Dengan Membiasakan Diri Pola Hidup Sehat Dan Hidup Bersih Tentu Penyakit Tb Dapat Kita Cegah.

Hal-Hal Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Pencegahan

  1. Jagalah Kebersihan Diri Dan Lingkungan
  2. Makan-Makanan Yang Bergizi Seimbang Karena Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kita
  3. Istirahat Yang Cukup
  4. Memberikan Imunisasi BCG
  5. Olahraga Yang Teratur
  6. Pakailah Masker
  7. Kelola Stress Dengan Baik

Ayo..Kita Sama-Sama Melindungi Diri Kita Dan Orang-Orang Terdekat Kita Dari Tbc.

Yuuk…lebih aware lagi lindungi diri kita dari tbc dengan melakukan deteksi sedini mungkin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: