Ramadhan Special Bersama Dompet Dhuafa

14 May 2018PapiBunda

Bulan suci ramadhan kian dekat, dalam hitungan hari semua umat muslim di seluruh dunia mulai bersiap menyambut datangnya bulan suci yang penuh berkah. Tidak terkecuali , lembaga filantropi Dompet Dhuafa juga turut mempersiapkan datangnya bulan suci dengan program – program terbaik untuk berbagi kebaikan kepada sesama.

Pada tanggal 8 Mei 2018 Dompet Dhuafa menggelar acara silaturahmi ” Blogger dan Media Gathering 25 Tahun Membentang Kebaikan ” dengan mengangkat tema “Ramadhan Special Di 25 Tahun Membentang Kebaikan” yang bertempat di Graha Bima Sakti.

Di acara Blogger dan Media Gathering hadir para pembicara di antaranya :

1. Bambang Suherman, Direktur Mobilisasai ZIS

2. M. Syafii El-Banatanie, Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan

3. dr. Reza Romadhoni, dokter LKC Dompet Dhuafa

4. Ihsan Tarore, Public Figure dan relawan Dompet Dhuafa

5. Urip Budiarto, GM Resources Mobilization Dompet Dhuafa / Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439 H

Menginjank usia yang ke 25 Tahun, pada Ramadhan kali ini Dompet Dhuafa ingin memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat di segala dinamika, situasi dan pekerjaan lembaga yang telah bergulir untuk masyarakat luas. Bertepatan dengan bertambahnya usia, Dompet Dhuafa mengusung tema 25 Tahun Membentang Kebaikan, mengandung pesan terkait banyak hal yang menjadi pekerjaan sehari – hari Dompet Dhuafa. Adanya perubahanseiring intervensi bersama masyarakat yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, banyak perluasan aktivitas dan isu – isu baru tentang kemiskinan maupun kemanusiaan. Hal tersebut juga kami jadikan sebagai bukti semakin matangnya aspek manajemen kelembagaan.

Ungkap Bambang Suherman, selaku Direktur Mobilizasi ZIS.

Bulan Ramadhan adalah momentum masyarakat islam di seluruh penjuru dunia untuk menggulirkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF) dengan berbagai program Ramadhan 1439 H diantaranya Sahabat Berbagi Harapan, Parsel Ramadhan, Dai Ambassador serta terdapat layanan donatur sebanyak 70 konter yang tersebar di wilayah Jabodetabek hal ini untuk mendekatkan para muzzaki. Dompet Dhuafa pada tahun ini mengukuhkan posisinya sebagai lembaga kemanusiaan di dunia, dengan melakukan respon-respon kemanusiaan.

Dalam rangka 25 Tahun Dompet Dhuafa mengusung 3 konsep yaitu memberikan beragam Pengalaman, menyajikan rasa Kepedulian serta menyalakan semangat Kolaborasi. Dompet Dhuafa ingin menjangkau lebih luas lagi masyarakat Indonesia serta mensosialisasikan potensi ZISWAF agar lebih banyak lagi orang yang sadar akan pentingnya zakat, infaq, sedekah dan wakaf. Dompet Dhuafa ingin mengajak masyarakat Indonesia agar menyalurkan ZISWAF nya kepada lembaga, agar menyalurannya lebih merata.

Launching BawaBerkah.org

Selain menyambut bulan suci Ramadhan, di acara gathering ini juga sambil meluncurkan BawaBerkah.org . Sebuah website yang memudahkan lembaga sosial, komunitas maupun personal terverifikasi untuk menggalang dana zakat, sedekah dan wakaf secara online dengan transparan serta terpecaya.

Untuk terhubung ke bawaberkah.org sangat mudah, kita hanya perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Bisa melalui facebook, gmail atau daftar manual dengan mengisi form di website.

Untuk melakukan donasi, kita cukup melakukan transfer melalui bank BNI, BRI, BCA, Mandiri atau melaui ATM bersama. Nanti kita akan mendapatkan konfirmasi melalui email tentang donasi apa saja yang telah kita lakukan.

Dengan adanya BawaBerkah.org ini semakin memudahkan kita untuk berbagi keberkahan kepada sesama di manapun dan kapanpun.

Produk Pemberdayaan Dompet Dhuafa

Di acara gathering kemarin juga hadir stand produk – produk hasil pemberdayaan Dompet Dhuafa. Ada kopi, beras, ikan asin, cemilan olahan, pepaya, lemon dan masih banyak lagi. Oiya..ada juga kerajinan tangan yang gak kalah menariknya.

Kalo favorite saya adalah gula semut dari Dompet Dhuafa karena ini kali kedua saya mengikuti acara di Dompet Dhuafa dan langsung memburu si gula semut yang manis tapi menyehatkan šŸ™‚ .

Gula semut berasal dari 100 % nira kelapa alami, yang memiliki indeks glisemik rendah, tanpa bahan pengawet dan pewarna. Buat para penderita diabetes bagus banget untuk mengganti gula sehari-hari.

Gula semut ini diproduksi oleh Koperasi Ikhtiar Swadaya Mitra (ISM) Manggar Sari, Desa Worowari-Mantren Kec. Kebonagubg Kab. Pacitan. Gula semut inu cocok banget buat pengganti gula pada kopi atau teh, kalau saya biasanya di pakai untuk taburan roti bakar atau pisang bakar dijamin gak mau berhenti makannya šŸ™‚ .

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bukan hanya mau pergi travelling aja kan yang butuh persiapan matang, menyambut bulan suci Ramadhan juga membutuhkan persiapan yang gak kalah matang agar puasa kita berjalan dengan lancar dan maksimal. Untuk itu dr. Reza Romadhoni dan M. Syafii El-Banatanie berbagi tips agar puasa kita berjalan dengan lancar.

1. Membaca Al – Quran dan Maknanya

Di bulan suci Ramadhan banyak orang yang berlomba-lomba agar khatam quran, tetapi mereka lupa untuk membaca juga maknanya. Seperti yang di katakan oleh M. Syafii El-Banatanie lebih baik tidak khatam quran tetapi kita paham maknanya dan dapat mengaplikasikan ke kehidupan sehari-hari daripada khatam quran tetapi tidak paham maknanya.

2. Perbanyak Makanan Berprotein

Di bulan Ramadhan kali ini di harapakan kita dapat menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh kita agar kita dapat menjalankan ibadah puasa tanpa ada kendala. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi agar tubuh kita dapat selalu fit dan tidak cepat lelah di tengah cuaca panas.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sangat penting agar kita tubuh kita tidak dehidrasi. Karena Ramadhan kali ini jatuh di musim panas tentu sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi, jangan khawatir apabila kita jadi sering buang air kecil karena itu menandakan bahwa kinerja ginjal kita masih bagus.

Yukk..kita persiapkan diri kita sebaik mungkin untuk menyambut bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah. Semoga keberkahan selalu menyertai kita.. Aamiin šŸ™‚ .

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: