Tips Pentingnya Menjaga Psikis Anak Sejak Dini

8 August 2018PapiBunda

Setiap pasangan yang telah menikah pasti ingin memiliki momongan kadang segala cara di tempuh untuk mendapatkannya. Dua bulan setelah menikah alhamdulilah Allah memberikan kepercayaan untuk mengandung seorang anak, setelah 9 bulan si kecil pun lahir ke dunia. Disitulah saya menyadari bahwa menjadi orang tua tidak semudah membalikkan telapak tangan, ternyata banyak sekali hal yang perlu di persiapkan sebelum kita menjadi orang tua. Ternyata bukan hanya fisik saja yang harus di persiapkan yang lebih penting yaitu persiapan mental sebagai orang tua.

Saya sendiri merasa kurang dalam persiapan mental menjadi orang tua, sehingga masih banyak kekurangan dalam mendidik anak. Menjadi oang tua memang tidak ada sekolahnya, alias harus belajar secara “otodidak” dan terus menerus tidak boleh berhenti, karena setiap usia anak mengalami masalah-masalah yang berbeda dan beda pula cara menyikapinya.

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan baik secara fisik maupun psikis (mental). Namun, masih banyak orang tua yang terfokus terhadap pertumbuhan anak secara fisik saja tanpa memperhatikan perkembangan perilaku dan psikis anak, padahal pembentukan perilaku dan psikis anak  adalah fondasi bagi si anak untuk tumbuh di lingkungan sosialnya nanti. Pertumbuhan fisik anak dapat di tunjang dengan memberikan makan sehat dan bergi,zi, namun bagaimana dengan kesehatan psikisnya??? Masih banyak sekali orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan psikis anaknya saat ini.

Dalam rangka memperingati hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli Halodoc  bekerja sam dengan Komunitas MBC (Mom Blogger Community) mengadakan Talkshow dengan tema  “Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini” , senang sekali bisa bergabung di acara keren ini. Halodoc ingin mengajak seluruh para orang tua agar bisa mendidik anaknya dengan cara yang lebih baik dan lebih sehat menurut ajuran dokter spesialis. Tentu bukan hanya sehat secara fisik saja tetapi sehat secara psikis itu juga gak kalah pentingnya.

Talkshow yang di laksanakan pada tanggal 31 Juli 2018 di paradigma Cafe, Cikini, Jakarta mengundang dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ, Psikiatri Anak dan Remaja di Departemen Medik Ilmu Kesehatan Jiwa RSCM-FKUI. Tepat pukul 10.30 WIB acara pun di mulai, di buka oleh Mba Nana perwakilan dari Halodoc menjelaskan sedikit mengenai aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc sangat memudahkan para orang tua untuk melakukan konsultasi kepada dokter hanya melalui smartphone. Aplikasi Halodoc memiliki komitmen yang tinggi dalam hal menebarkan kesehatan untuk keluarga. Bahasan lengkapnya di bawah ya moms, ayoo lanjut sampai selesai ya moms bacanya :).

Setelah mendengarkan penjelasan dari Mba Nana, akhirnya giliran dr. Tjhin yang menyampaikan materi tentang Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini. dr.Tjin menyampaikan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam perkembangan karakter dan moral anak. Anak biasanya mencari panutan dalam membentuk bahasa, perilaku, dan sikap mereka. Sebagai orang tua, penting sekali untuk memastikan bahwa bahasa, sikap, dan perilaku mereka dapat menjadi panutan yang positif bagi anak.

Dalam mendidik si buah hati Dokter Tjhin menyampaikan 3 pola yaitu ASAH (memberikan stimulasi yang baik), ASIH (memberikan kasih sayang) dan ASUH (menjaga dan mendampingi), ketiga pola ini harus berjalan secara beriringan agar mendapatkan hasil yang optimal. Nah..ada survei yang menyatakan dari 1.176 orang menemukan bahwa dua per tiga dari orang dewasa percaya bahwa nilai moral dari anak telah menurun cukup banyak saat mereka masih muda.

Seperti yang di kutip oleh harian “the TIMES” di Amerika melaporkan bahwa peningkatan budaya selebriti dan melemahnya hubungan dalam keluarga dapat menurunkan nilai moral di diri anak. Jadi hal yang paling penting adalah orang tua harus fokus menjadi panutan yang baik dan positif bagi anak. Heemm..berat banget ya moms jadi orang tua, jangan khawatir moms ada tips ini dari dokter Tjhin supaya kita bisa menjadi panutan terbaik buat anak 🙂

  1. Tunjukkan pada anak bahwa orang tua terus menunjukkan sikap dan perilaku yang positif.
  2. Tunjukkan pada anak bahwa orang tua selalu berorientasi pada tujuan dan perencanaan yang jelas.
  3. Bantu anak menemukan panutan dalam bidang yang di sukai, kenalkan anak dengan orang tersebut.
  4. Bicara dengan anak tentang orang-orang yang telah bekerja untuk membuat perubahan positif dalam kehidupanatau di sekitar mereka.
  5. Orang tua berusaha melingkupi rumah tangga dengan nilai-nilai keagamaan.
  6. Beri pujian, ketika kita melihat sikap,tingkah laku dan bahasa yang positif.
  7. Orang tua mampu mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain (anak).
  8. Mengingatkan serta memberikan contoh dalam menjalankan tatakrama dalam kehidupan sehari-hari, contoh : bersyukur,berterima kasih, memaafkan dan meminta maaf.
  9. mwngembangakn rasa empati pada anak, seperti ; menjenguk orang sakit, memaknai penderitaan orang lain.

wah..banyak juga ini yang harus saya benahi selaku orang tua agar bisa menjaga psikis anak agar lebih optimal.

KENAPA HALODOC

Cepat dan Aman

Nikmati mudahnya membeli obat ataupun suplemen dengan cepat, aman dan nyaman yang langsung diantarkan ketempat tujuanmu. ini cocok banget ketika kita sedang membutuhkan obat dalam waktu cepat, apalagi jika anak kita sakit.

Terpercaya

Kebutuhan medis kamu akan terpenuhi dengan dokter dan apotik yang sudah terdaftar & tersebar diseluruh indonesia. yang engga kalah penting yaitu apoteknya harus terpercaya karena obat kan penting banget kalo kita maupun keluraga sedang sakit membutuhkan obat yang terpecaya.

Dimana Saja & Kapan Saja

Dimanapun dan kapanpun kamu bepergian , Halodoc 24/7 siap memberikan kemudahan bagi kesehatanmu & keluarga. ini yang peling penting karena sakit itu bisa datang kapan saja dan perlu penanganan dengan segera.

FITUR APLIKASI HALODOC

aplikasi Halodoc dapat digunakan pengguna yang memiliki smartphone berbasis android dan ios, untuk pengguna android dapat mengunduhnya di Google Playstore, sedangkan untuk pengguna iOs dapat menggunduhnya di Appstore degan menggunakan keyword “Halodoc”

APOTIK ANTAR

Belanja kebutuhan medis dengan lebih cepat, aman & nyaman. Bebas ribet tanpa perlu antre di apotek ataupun terkena macet dan dapat langsung diantar ke lokasi tujuan kamu.

Official Store

Official Store Halodoc Hemat Sudah hadir di Apotik Antar. Kamu bisa mendapatkan diskon up to 50% untuk obat dan vitaminmu. Terjamin termurah se-indonesia!

HUBUNGI DOKTER

Temukan & hubungi dokter umum maupun berbagai spesialis favoritmu. Nikmati berbagai pilihan komunikasi pada dokter seperti chat dan voice/video call dari smartphone kamu, dimana saja!

LAB SERVICE

Kini periksa cek laboratorium kesehatanmu dapat dilakukan dirumah. Pilih paket pemeriksaan kamu, tentukan tanggal dan staf kami akan langsung datang ke
lokasi kamu.

 

 

 

 

 

 

 

Yang mau tau lebih jauh tentang Halodoc bisa ke website www.halodoc.com atau bisa juga ke instagram @halodoc
#HalodocHariAnak #PakeHalodoc #HalodocxMBC

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: