Mendidik Anak Di Era Digital Bersama Sisternet

20 November 2018PapiBunda

Di zaman sekarang di mana perkembangan teknologi sangat pesat bukan hanya di kota besar tetapi sudah merambah ke daerah-daerah. Dan sudah tidak bisa di pungkiri bahwa internet sudah menjadi sebuah kebutuhan di era sekarang ini. Sebagai seorang ibu sempat sedikit was-was dengan pesatnya perkembangan internet saat ini. Dunia digital seperti dua mata pisau, apabila kita bijak menggunakannya akan banyak manfaat yang di dapat tetapi bila kita lalai bisa membawa kerugian.

Menjadi orang tua memang tidak mudah, apalagi di era seperti sekarang ini di mana setiap informasi bisa di akses dengan cepat dan mudah melalui fasilitas internet. Bagaimanakah cara penggunaan internet yang bijak? PT XL Axiata bersama dengan Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menyelenggarakan edukasi pemanfatan internet guna memperkuat kapasitas pendidikan anak dengan tema “ Mendidik Anak Di Era Digital “ bertempat di SMPN 285, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu pada hari Kamis 15 November Kemarin. Peserta yang hadir bukan hanya warga sekitar saja tapi banyak juga warga dari luar Pulau Untung Jawa.

 

Kelas Literasi Digital Goes to Pulau Untung Jawa

 

Begitu tau kalau kelas literasi digital kali ini akan di adakan di Pulau Untung Jawa, saya udah exaited banget hehee maklum pengalaman pertama mengujungi Pulau Untung Jawa 😊. Tepat pukul 05.30 saya sudah tiba di dermaga 16 Ancol dan masih sepi pula (terlalu semangat haha), gak lama berselang teman – teman blogger mulai berdatangan. Sekitar 30 orang yang terdiri dari tim dari XL, Media dan Blogger berangkat menuju Pulau Untung Jawa. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit, alhamdulilah cuaca sangat cerah jadi bisa menikamati pemandangan laut Jakarta.

Setelah sampai yang pertama di lakukan adalah mengabadikan moment alias foto – foto hahaaa kapan lagi kan bisa main ke pulau begini 😊. Sebelum acara di mulai saya bersama beberapa teman blogger jalan-jalan ke Pantai Sakura yang letaknya gak jauh dari venue, ada beberapa destinasi wisata yang ada di Pulau Untung Jawa ini ada Pantai Pengantin, jembatan Pengantin, Hutan Mangrove, Pantai tanjung Pasir dan lain-lain. Karena keterbatasan waktu kami gak bisa mengexsplore semua tempat.

Tepat pukul 10.00 acara di mulai, tempat acara di penuhi oleh para orang tua yang sudah gak sabar ingin menimba ilmu termasuk saya sendiri 😊. Acara di buka oleh sambutan dari Head of Sales XL Axiata Jakarta Utara & Timur Area, M. Arwani beliau mengatakan “ Era digital telah mengubah bnayak hal dalam kehidupan, termasuk kemampuan anak-anak dalam beradaptasi denganteknologi informasi, membuat mereka menjadi mudah mengakses informasi yang berlimpah dari siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Padahal , layanan internet dapat membawa dampak positif maupun negatif. Untuk itu dibutuhkan peran aktif orang tua di era digital ini untuk bisa membimbing anak-anaknya agar mampu memanfaatkan keberadaan internet untuk tujuan positif, termasuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Untuk itu, kami hadir di sini melalui program Sisternet #Kelasliterasidigital.”

Hadir sebagai pembicara yaitu Rita Nurlita pendiri Komunitas Internet Sahabat Anak ( KISA ) yang sekaligus sebagai aktivis penggiat internet sehat untuk anak XL Axiata. Teh Rita sapaan akrabnya menjelaskan bahwa kita sebagai orang tua juga harus banyak belajar dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang, jangan sampai orang tua kalah pintar dengan anak. Hal ini bertujuan agar orang tua dapat mendampingi anak dalam berinternet.Sebagai seorang ibu yang memiliki anak di era digital penting sekali untung mengupgrade ilmu terus menerus agar gak ketinggalan dengan si anak.

Melakukan pendampingan sangat penting dalam penggunaan handphone, orang tua harus tegas dalam memberikan batasan-batasan dalam penggunaan handphone. Jangan sampai kita sebagai orang tua “lemah” dalam hal peraturan yang sudah di tetapkan karena dapat menyebabakan anak jadi kecanduan gadget, kalau sudah kecanduan perkembangan si anak juga dapat terganggu.

Terlebih sekarang ini banyak sekali kejahatan yang terjadi di media sosial, seperti maraknya kasus penculikkan yang berawal dari facebook, akun media sosial lain seperti instagram, youtube juga harus diperhatikan. Jadilah teman buat anak agar kita tau perkembangan yang terjadi pada anak kita, apa saja yang sering mereka lakukan. Jika anak sudah memiliki akun media sosial usahakan berteman dengan si anak agar lebih mudah untuk memonitoring.

Di kelas literasi digital kemarin hadir juga wakil bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Bapak Junaedi dan Kepala Suku Dinas Pendidikan Administrasi Kepulauan Seribu, Bapak Ade Yulia Harun yang menyambut antusias karena dapat bekerjasama kembali dengan XL Axiata. Dengan adanya program pelatihan ini, kami berharap selain kualitas pendidikan anak-anak kami di sini bisa di tingkatkan, juga dapat menanamkan kesadaran kepada para orang tua dan guru untuk memastikan penggunaan akses internet dan berbagai sarana digital dilakukan secara positif.

Bapak Junaedi menambahkan, hubungan baik selama ini telah terjalin antara Pemerintah Daerah Kepulauan Seribu dan XL Axiata. Sebelumnya, kedua pihak telah bekerjasama dalam pembangunan insfrastruktur jaringan data di wilayah utara & DKI Jakarta dan banyak sekali terdiri dari pulau kecil terebut.

Masyarakat telah memanfaatkan keberadaan jaringan data ini untuk aktifitas roduktif, terutama di berbagai sektor ekonomi dan sosial,termasuk pendidikan. Berdasarkan ctatan PEMDA kabupaten kepulauan Seribu, saat ini sekitar 60% dari jumlah penduduk di wilayah ini yang sudah mengakses Internet.

Acara di tutup dengan makan siang bersama, banyak sekali manfaat yang di dapat dari kelas digital ini. Semoga makin banyak orang tua yang lebih bijak lagi dalam menbimbing anak-anaknya bermedia sosial.Tak hanya itu, edukasi ini pun terus dilakukan oleh XL Axiata dengan menyediakan layanan digital melalui website www.sisternet.co.id di mana di dalamnya terdapat modul learn terkait edukasi dalam mendidik anak era digital.

Waktu cepat banget berlalu gak kerasa hari sudah mulai sore, dan kami pun bergegas ke dermaga untuk kembali ke Ancol. Belum puas rasanya bermain-main di Pulau Untung jawa, semoga di lain waktu bisa kembali lagi ke sini. Terimakasih XL Axiata dan Sisternet semoga selalu bisa menebarkan manfaat yang lebih luas lagi, sampai bertemu di kelas literasi digital selanjutnya 😊.

Salam

 

Comments (24)

  • Utie adnu

    21 November 2018 at 5:29 am

    Biarpun dipelosok tetap harus ada kelas digitalisasi biar semua terjangkau agar anak2 bisa maju dan orangtua menjadi fasilitator yg mengontrol

  • Dwi Puspita

    22 November 2018 at 10:40 am

    Kelas literasi seperti ini keran banget ya… selain membantu pun mereka saling berbagi. Semoga program2 keren seperti ini ada di seluruh Indonesia, membantu anak2 Indonesia

    1. PapiBunda

      22 November 2018 at 8:07 pm

      bener mba semoga semakin banyak perusahaan yang mau bikin program seperti ini apalagi kalo sampai bisa menyentuh daerah-daerah terpencil

  • windhu

    22 November 2018 at 10:55 am

    Era internet seakrang memang bisa memberikan dampak positif dan negatif. Anak-anak dan remaa bisa nggak lepas-lepas dari smartphone mulai dari chatting, ig, sampai yutuban. Orang tua memang harus tegas dan bisa memberikan rambu-rambunya dalam berinternet.

  • Andini Ria Agusti

    22 November 2018 at 1:32 pm

    Internet memang harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk pendidikan anak-anak. Bahkan Ibu-Ibu bisa lebih kreatif dari internet. contohnya bisa mencari referensi resep masakan yang macem-macem di internet jadi keluarga gak bosen dimasakin itu-itu aja hehe..keren Mba acaranya 🙂

  • gita siwi

    22 November 2018 at 7:57 pm

    Luar biasa ya kelas digital ini mengedukasi biar semua tahu tiap.perkembangan yang ada khususnya tentang mendidik anak di era digital.

  • Okti Li

    22 November 2018 at 9:05 pm

    Iya sebagai orang tua kita juga jangan tertinggal oleh kecanggihan teknologi ya. Jangan kalah sama anak, jangan sampai anak tidak bisa kita arahkan karena kita sebagai orang tua nya gaptek

  • Anis Khoir

    22 November 2018 at 10:13 pm

    Menjadi orang tua jaman now memang bisa dibilang susah susah gampang susah karena semakin banyak hal negatif yang turut mengurus kepribadian anak tetapi juga mudah dengan berbagai fasilitas dalam mendidik anak sehingga orang tua pun harus benar-benar cerdas bisa mengarahkan anak

  • Ida Tahmidah

    23 November 2018 at 3:07 am

    Wah mantaps Mba jalan2nya bermanfaat banget ya. Sudah lama saya ingin ke pulau ini, dekat tp malah belum pernah hahaha

  • Tati Hidayat

    23 November 2018 at 5:19 am

    Walau mereka berada dipulau tetap ya harus mendapatkan edukasi bagaimana memanfaatkan internet sesuai dengan usianya

  • Okti Li

    23 November 2018 at 7:59 am

    Anak adalah investasi terbesar bagi orang tua. A dan B nya anak kelak dipengaruhi oleh sikap dan kebiasaan orang tua dan lingkungan. Semoga keluarga kita semakin mampu menghadapi semua tantangan nya. Amin…

  • Widia

    23 November 2018 at 8:27 am

    Sungguh bermanfaat kelas literasi digital ini,kita jadi dapat ilmu lagi tentang cara mendidik anak sesuai perkembangan zaman, seperti di era digital saat ini.

  • VHAranie

    23 November 2018 at 8:30 am

    jadi orangtua tuh emang susah ya, karena gak ada sekolah resminya.. makin kesini jaman semakin maju, terutama tekhnologi.. aku punya ponakan, masih SD kelas 3 gitu, wahhh.. pengetahuan tekhnologi nya lumayan banget, agak kagum juga sih sama dia.. jaman aku SD dulu mana kepikiran gitu sih, taunya main karet, panas2an diluar lari2an sama temen 😅

  • Tian lustiana

    23 November 2018 at 8:58 am

    Mendidik anak di era sekarang tuh susah – susah gampang yaaaa huhuhuh. Makasih sharingnya mbak

  • Ernawati Lilys

    23 November 2018 at 3:20 pm

    Memang sekarang ini tantangan banget bagi kedua orangtua untuk mengenalkan internet kepada anak untuk edukasi tapinya dan harus selalu diawasi agar tidak terpapar konten yang belum waktunya.

  • Adi Pradana

    23 November 2018 at 4:40 pm

    Realisasikan digitalisasi hingga ke pelosok, pemerataan pembangunan…. Semangaaaat!

  • Tukang Jalan Jajan

    23 November 2018 at 4:45 pm

    Internet memanag mempermudah hubungan kita dengan dunia luar. Asal digunakan sebaik baiknya maka semua akan aman terkendali dan akan banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan

  • Valka

    24 November 2018 at 7:11 pm

    Wah, seru banget acaranya kak. Enggak hanya jalan2 aja tapi juga bisa belajar tentang pentingnya pengawasan internet oleh orang tua kepada anak-anak. Semoga acara seperti ini diadakan secara rutin di daerah lain juga ya!

  • Ika Maya Susanti

    24 November 2018 at 9:55 pm

    Bener Mbak, era digital ni bikin siapa saja terutama orang tua harus melek teknologi. Jangan sampai bikin orang tua jadi kudet dan nggak mendidik anak sesuai dengan zamannya yang serba digital kayak sekarang ini.

  • sie-thi nurjanah

    25 November 2018 at 12:53 am

    Wah..pulau untung jawa, Saya blm kesamapaian ke sana. Workshop yg bermanfaat ya mba terlebih bagi org tua utk mendidik anak2nya di era digital seperti sekarang ini tentu bukan hal yang mudah

  • April Hamsa

    25 November 2018 at 6:58 am

    Bagus tema kelas literasinya.
    Sebenarnya memberikan handphone ke anak itu gpp sih. Asalkan emang ortu selalu mengawasi. Kudu dibiasakan sejak kecil emang. Selama ini saya kurang setuju kalau ada anak rewel trus cara mendiamkannya dengan dikasi handphone.
    Trus buat anak2 yg lbh besar mungkin ortu bisa tegas kasi handphone saat mereka udah usia SMA, tentu aja kalau bisa tetep dawasin.

  • sie-thi nurjanah

    25 November 2018 at 3:49 pm

    Saya belum kesampaian nih ke untung jawa. Terlebih di er digital seperti ini harus banget bijak dalam menggunakan teknologi

  • Tika Samosir

    26 November 2018 at 1:20 am

    Wah keren ya sisternet mengadakan acara yang membangun. Ini dimana acaranya mba. Aku ketinggalan informasi kayaknya.

  • Citra

    26 November 2018 at 11:34 am

    Wah keren sekali ya informasi menarik, teknologi bisa digunakan untuk mendidik jika dilakukan dengan benar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: