Blog post

“Tanya Marlo” Chat Bot Pertama Tentang HIV/AIDS

20 December 2018PapiBunda

Memiliki sahabat sejati adalah impian setiap orang, bisa berbagi dalam suka dan duka tentu sangat menyenangkan dan menenangkan. Tapi sayangnya gak semua orang beruntung buat memiliki sahabat sejati, karena mencari sahabat seperti mencari “jodoh” yang harus memiliki chemistry satu sama lain.

Sama seperti ODHA (sebutan untung penderita HIV/AIDS) yang juga memiliki keinginan mempunyai seorang sahabat atau teman yang dapat mendengarkan semua keluh kesahnya setidaknya untuk bertukar pikiran. ODHA juga memiliki hak yang sama seperti manusia lainnya yang ingin memiliki teman atau sehabat, karena masih banyak sekali orang-orang yang mengucilkan ODHA karena takut tertular virus HIV/AIDS.

Padahal penularan HIV/AIDS tidak dengan mudahnya menular ke orang lain hanya karena kita bersalaman, ngobrol bareng atau makan dengan tempat makan yang sama.Karena pengetahuan masyarakat khususnya para anak muda masih sangat rendah tentang HIV/AIDS akhirnya pada tanggal 18 Desember 2018 UNAIDS Indonesia bekerja sama dengan Botika meluncurkan “Tanya Marlo” .

Apa itu “Tanya Marlo” ???

“Tanya Marlo” adalah sebuah platform chat mobile yang terintegrasi dengan aplikasi LINE, dengan karakter teman yang ramah bagi semua orang yang membutuhkan informasi dan konsultasi HIV. Menurut laporan  Kemeterian Kesehatan  status HIV RI , di Indonesia saat ini diperkirakan terdapat sekitar 640 ribu orang yang hidup dengan HIV, di mana perkiraan baru 48% ODHA mengetahui , status HIV mereka. Jumlah Inveksi baru HIV juga paling tinggi di kalangan anak muda usia 15-24 tahun, mencapai angka 52% dari total pembina baru.

“Bersma mitra developer kami Nimbly Technologis dan Botika, kami menghadirkan “Tanya Marlo” untuk menjawab seputar HIV dan AIDS di Indonesia. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital, kami ingin berinteraksi melalui cara-cara baru dengan generasi muda yang mungkin belum terjangkau dengan informasi mengenai HIV dan AIDS, ” uajr Krittayawan (Tina) Boonto, UNAIDS Indonesia Country Director.

Selama ini pemerintah juga sudah  bekerja sama dengan UNAIDS, untuk mengatasi permasalahan  HIV dI indonesia. Mulai dari mengurangi infeksi baru HIV, melakukan kampanye pencegahan, hingga mengurangi praktik diskriminasi terhadap ODHA. Dengan hadirnya “Tanya Marlo” diharapkan dapat memberikan solusi dan menjadi pendukung setia seperti layaknya seorang sahabat sejati.

Ada Apa Aja di “Tanya Marlo” ?

“Tanya Marlo” memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan. Fitur-fitur di “Tanya Marlo” di kemas sangat menarik, edukatif dan informatif tentunya. Beberapa fitur di “Tanya Marlo” antara lain :

      1. Info HIV

Fitur yang menyediakan segala informasi seputar HIV/AIDS yang di sampaikan melalui konten-konten menarik seperti artikel, infografis, perbandingan mitos dan fakta, dan vidio. Buat kalian yang awam banget tentang HIV/AIDS kalian bisa klik fitur ini.

2. Kuis

Setelah mendapatkan informasi yang lengkap di fitur Info HIV kalian bisa mengetes pengetahuan kalian seputar HIV di fitur kuis ini. Kalian bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana seputar HIV/AIDS melalui permainan kuis yang mengasyikkan.

3. Konsultasi

Jika kalian memiliki pertanyaan seputar HIV/AIDS yang lebih mendalam kalian bisa kunjungi fitur konsultasi ini , di fitur ini kalian akan di berikan akses ke konselor terpercaya. Tenang aja ya kawan “Tanya Marlo” menjamin kerahasiaan dan kenyamanan setiap penggunanya.

4. Tes HIV

‘Tanya Marlo’ juga memberikan kenyamanan bagi siapapun yang membutuhkan informasi tentang klinik-klinik yang menyediakan jasa tes HIV, termasuk lokasi, tata cara, dan jam operasional secra lengkap. Oiya.. kalian juga bisa membuat janji secar online kalau kalian mau melakukan tes HIV melalui “Tanya Marlo”, keren banget kannnnn???? 🙂 .

Banyak ODHA yang hidup dalam kesendirian, tanpa teman atau dukungan dari lingkungan sekitar karena masih banyaknya persepsi dan kekhawatiran yang salah bagaimana HIV dapat di tularkan. Inilah salah satu faktor utama banyak ODHA tidak berkonsultasi mengenai kondisi mereka, sehingga tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai pengobatan HIV.

Hingga saat ini LINE memiliki 90 juta pengguna, dan 80% di antaranya merupakan remaja. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, “Tanya Marlo” di hadirkan di LINE dan siapapun dapat dengan mudah menambahkan @tanyamarlo sebagai teman dan dapat langsung berinteraksi serta berbincang dengannya.

Selain itu, melalui inovasi “Tanya Marlo”, UNAIDS membantu pencapaian komitmen Indonesia menuju Fast Track 2020, yakni 90% orang hidup dengan HIV/AIDS  mengetahui statusnya, 90% orang yang mengetahui statusnya mengakses pengobatan, 90% orang yang ada dalam pengobatan memiliki jumlah virus dalam tubuh (viral load) yang tidak terdeteksi, dan mewujudkan nol diskriminasi terhadap ODHA.

Buat teman-teman yang penasaran atau punya pertanyaan seputar HIV/AIDS langsung “Tanya Marlo” aja yaahh, kalian bisa tanya sejelas-jelasnya dan jangan lupa ikur bermain di kuisnya untuk mengukur seberapa paham kalian tentang HIV/AIDS.

Salam

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: