5 Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

5 May 2021PapiBunda

Berpuasa bukanlah alasan untuk kita berhenti berolahraga, kita masih bisa loh berolahraga saat kita berpuasa. Di artikel kali aku akan sharing beberapa tips berolahraga saat berpuasa agar tubuh tetap fit dan bugar. Walaupun saat berpuasa kita tidak makan dan minum kita tetap harus menjaga kebugaran dengan berolahraga.

Tentunya kita harus memperhatikan benar waktu dalam melakukannya. Melakukan olahraga saat puasa tidak boleh berlebihan. Pilihlah olahraga  yang ringan saja, sehingga tubuh tetap kuat dalam berpuasa. Selain itu, asupan makan dan minum, hingga jam tidur juga perlu diatur saat berolahraga di bulan Ramadan ini.

Tips olahraga saat puasa harus memperhatikan waktu dan jenis olahraga, asupan makan dan minum, hingga waktu istirahat. Jika kita sembarangan berolahraga tanpa mempertimbangkan berbagai hal tersebut, bisa jadi olahraga yang kita lakukan menjadi sia-sia.

Ini dia beberapa tips berolahraga yang aman saat berpuasa, antara lain :

1. Waktu Berolahraga Saat Puasa

Tips olahraga saat puasa yang pertama adalah pemilihan waktu yang tepat. Ada 3 waktu yang baik untuk berolahraga di bulan puasa, yaitu sebelum atau setelah berbuka, dan setelah sahur.

• Sebelum berbuka puasa , jika kita memilih waktu olahraga sebelum jam berbuka kita tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan. Pasalnya, kita masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit.

• Setelah berbuka puasa , berbeda dengan melakukan olahraga sebelum berbuka, saat setelah berbuka ini kita bisa melakukannya dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Tunggu hingga makanan dicerna oleh tubuh setelah berbuka sehingga kita mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Karena sudah makan dan mengisi tubuh lagi dengan energi, kita bisa melakukan olahraga apapun yang diinginkan mulai dari olahraga dengan intensitas ringan sampai berat.

• Setelah sahur , Setelah sahur juga merupakan salah satu waktu terbaik untuk olahraga saat puasa. Hal ini karena tubuh telah menerima energi dari makanan saat sahur, sehingga bisa melakukan olahraga pada saat ini. Tapi juga harus diingat ya kalian harus pilih olahraga yang ringan saja.

2. Jenis Olahraga Yang Tepat Saat Berpuasa

Berolahraga disaat berpuasa disarankan untuk memilih jenis olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging, jalan cepat, bersepeda dan yoga. Kalian bisa pilih olahraga sesuai favorit kalian. Lakukan 30 – 60 menit per hari itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuha tubuh untuk berolahraga.

3. Waktu Istirahat

Yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang yaitu waktu istirahat, mungkin terlihat sepele tapi ini begitu penting untuk diperhatikan. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang selama berpuasa terkadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per harinya.

4. Penuhi Asupan Cairan Dalam Tubuh

Jika biasanya kita bisa membawa minuman saat jogging, tentunya hal ini tidak berlaku saat puasa. Hal ini dapat diatasi dengan mengatur asupan minuman saat sahur dan berbuka. Pastikan kita terhidrasi dengan baik dari waktu berbuka puasa hingga imsyak.

Minumlah segelas air putih sebelum dan setelah makan saat berbuka dan sahur. Minumlah 1–2 gelas ketika makan. Sisanya dapat diminum sebelum dan sesudah tidur. Selain minum air putih, asupan cairan juga bisa didapatkan dari buah-buahan atau yogurt.

5. Asupan Makanan

Konsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, sampai dengan mineral, agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi.

Pemilihan asupan makanan ini sangat penting agar tubuh tetap kuat dalam berpuasa, dan juga tetap bugar dengan menerapkan olahraga. Saat sahur, sebaiknya konsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat supaya energi dalam tubuh tidak cepat habis. Sedangkan, untuk memenuhi kebutuhan protein, kalian bisa mengkonsumsi ikan, daging, dan telur.

Nah..untuk melengkapinya kalian bisa tambahkan dengan meminum susu. Hometown Dairy bisa menjadi salah satu pilihan asupan agar tubuh tidak terasa lemas dan tetap bugar saat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

Susu Segar Hometown adalah 100% susu murni tanpa tambahan apapun seperti air, gula, pemanis, pengawet, dan lainnya. Sehingga susu segar Hometown Dairy hanya bertahan sampai 3 hari setelah botol dibuka dan dimasukan ke lemari pendingin serta bertahan selama kurang lebih 7- 12 hari sebelum kemasan dibuka.

Saat ini, Hometown Dairy ada di beberapa supermarket area Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Lampung dan Medan, Atau juga bisa dibeli via online melalui Shopee GGF Official Shop danTokopedia GGF Mart untuk area Jakarta dan sekitarnya.

Itulah sedikit tips dari aku, semoga bermanfaat yaa. Selamat menjalankan ibadah puasa 😊

#HappyatHomeWithHometown

#HealthyRamadhan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!