Ayo Lakukan 3M Agar Covid-19 Ambyar

1 October 2020PapiBunda

Assalamualaikum..

Gak kerasa ya sudah hampir  hampir 7 bulan terakhir kita masih berjuang untuk menang melawang virus corona, COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yang juga sering disebut virus Corona. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus.

Virus yang menyebabkan COVID-19 terutama ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. Droplet ini terlalu berat dan tidak bisa bertahan di udara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lainnya.

Kita dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika kita berada terlalu dekat dengan orang yang sudah terinfeksi COVID-19.  Kita juga dapat tertular jika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Penyebaran virus corona cenderung meningkat akibat rendahnya kesadaran warga dalam melaksanakan budaya 3M maka lakukanlah 3M di masa pandemi COVID-19 dengan :

  • Menggunakan Masker
  • Mencuci Tangan
  • Menjaga Jarak

Menggunakan Masker bertujuan untuk sebagai alat bantu untuk melindungi, mencegah, dan mengurangi efek negatif dari partikel polusi atau kuman di udara yang dapat mengganggu kesehatan kita. Menggunkan masker dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat kamu bersin atau batuk.

Mencuci Tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran covid-19, dibandingkan hanya memakai air saja. Kebiasaan sederhana ini terbukti berperan penting dalam membantu mencegah penyebaran virus covid-19.

Segala jenis sabun dapat digunakan untuk mencuci tangan, baik sabun mandi, sabun biasa, sabun antiseptik, atau pun sabun cair. Namun, sabun antibakteri atau antiseptik cenderung lebih sering digunakan karena sabun antibakteri  dapat membunuh kuman dengan baik. Intinya, untuk membasmi kuman saat mencuci tangan, kita perlu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Jika sabun dan air mengalir tidak tersedia, kita bisa menggunakan tisu antibakteri. Kendati tidak terlalu efektif dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun, tisu antibakteri dipercaya mampu mengurangi jumlah bakteri yang ada dii tangan. Kita juga bisa menggunakan cairan pembersih tangan berbahan alkohol jika sarana cuci tangan tidak tersedia.

Menjaga Jarak atau yang kita kenal dengan istilah Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Kini, istilah social distancing sudah diganti dengan physical distancing oleh pemerintah. Ketika menerapkan social distancing, seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang sakit atau berisiko tinggi menderita COVID-19.

Untuk memutus mata rantai penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona serta terus  tingkatkan kedisiplinan dengan membudayakan Perilaku Hidup Bersih Sehat dan GERMAS agar tetap hidup sehat. Ayo lakukan 3M agar covid-19 ambyar.

Comments (1)

  • MpoRatne

    16 October 2020 at 6:06 am

    Cara gampang mengusir covid1-19 dengan rumus kompakan. Kalau kita kompakan melakukan 3M maka covid-19 ambyar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!