Categories
Diary

Menjadi seorang pengusaha adalah salah satu impian yang ingin saya dari dulu, dan ternyata memulai bisnis itu tidaklah mudah. Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dan dipikirkan dengan matang. Karena keragu-raguan yang saya miliki akhirnya impian itu terkumbur dengan sendirinya, dan saya pun menyadari bahwa saya tidak berbakat untuk berjualan itulah salah satu hal yang menghambat saya untuk memulai berbisnis.

Sampai akhirnya pandemic melanda, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Banyak sekali yang terkena imbasnya. Salah satu sektor yang terkena dampaknya yaitu sektor perekonomian, dimana banyak sekali para pekerja yang kehilangan pekerjaannya. Tak terkecuali saya dan suami. Meskipun kami bukan karyawamn tetap di sebuah perusahaan, tetapi pandemi membuat kami kehilangan banyak pekerjaan.

Menghidupkan Kembali Usaha Yang Mati Suri

Pas pandemi datang dan melihat efek yang ditimbulkan, tentunya saya dan suami gak bisa berdiam diri saja. Kami langsung memikirkan apa yang bisa kami lakukan agar “dapur” tetap ngebul dan dapat membayar tagihan setiap bulannya. Kemudian kami memikirkan kira-kira usaha apa yang tidak membutuhkan modal besar tapi bisa cepat menghasilkan? Akhirnya suami memiliki ide agar saya menjalankan Kembali usaha makanan yang pernah dirintis dulu.

Yaap..di tahun 2017 saya pernah memiliki usaha kue yaitu membuat cemilan seperi donat dan risol mayonaise. Di 2017 saya hanya sebentar menjalankan usaha ini, karena kesibukan saya jadinya usaha ini berenti begitu saja. Akhirnya setelah dengan berbagai pertimbangan saya memulai lagi usaha kue di bulan Ramadhan di tahun 2019. Inget banget awal mulai jualan lagi Cuma bikin status whatsapp, alhamdulilah responnya lumayan bagus. Alhamdulilah..akhirnya saya berhasil menghidupkan lagi usaha yang dulu pernah saya jalani 😊

Yang namanya memulai usaha pasti ada aja kendalanya, dan tetap harus terus berinovasi agar usaha tetap jalan. Disinilah saya ditutut untuk terus kreatif dalam mengembangkan usaha yang saya jalani. Dimulai dengan menambah varian produk yang saya jual, yang awalnya hanya donat dan risol mayonnaise kemudian bertambah ada roti goreng, bomboloni dan sandwich mini. Kemudia saya juga sudah memikirkan nama apa yang cocok untuk usaha saya dan akhirnya nama yang terpilih adalah Nyemilin.  Selama ini kami menjalankan usaha cemilanya sistem PO saja, meskipun hasilnya cukup lumayan tetapi sepertinya kami perlu melebarkan sayap lagi agar Nyemilin dapat berkembang lebih cepat.

Sampai akhirnya saya dan suami kepikiran untuk berjualan secara online. Membuka took online merupakan salah satu usaha agar Nyemilin dapat berkembang lebih cepat lagi kedepannya. Meskipun persaingan di pasar online cukup ketat, dengan hanya mengetikkan keyword saja keluarlah semua took yang menjual barang yang sama. Tetapi dengan berjualan online juga membuat pasar Nyemilin menjadi lebih luas lagi.

Mulai Berjualan Online di BliBli

Akhirnya saya mulai mecari informasi sebanyak-banyaknya tentang berjualan online, akhirnya setelah cari-cari informasi, akhirnya pilihan kami membuka toko di blibli.com. Alhamdulilah..membuka toko di blibli caranya mudah sekali, saat pertama saya mulai registrasi untuk membuka akun di blibli sangat mudah dipahami dan ada pantauan juga dari adminnya yang sangat membantu.

Tata cara membuka toko di blibli, sebagai berikut :
  • Buka toko dan daftar sebagai seller, masukkan email, kata sandi, negara tempat seller berjualan, nomor telepon dan nama toko yang akan didaftarkan lalu klik daftar sekarang.
  • Lengkapi alamat pengambilan barang sesuai dengan titik lokasi, lalu isi jam operasional toko, PIC toko (orang yang bertugas ditoko) lalu isi pengirimannya pakai ekspedisi apa dan bisa pilih jasa pengiriman sameday, instan, cargo dan standart.
  • Lengkapi data KTP dan pembayaran.
  • Toko pun sudah jadi dang tinggal penunggu verifikasi dari pihak blibli dan biasanya nemakan waktu sekitar 1-3 hari kerja.
Keuntungan menjadi blibli seller, antara lain :
  • Gratis subsidi saldo hingga 5,4 juta
  • Gratis biaya kirim untuk seluruh seller tanpa ada biaya tambahan
  • Gratis foto produk oleh tim blibli
  • Gratis webinar dan training untuk meningkatkan performa bisnis
  • Gratis pendaftaran dan biayaoperasional untuk deposit produk di warehouse/fullfillment blibli
  • Gratis penambahan lokasi toko dan PIC toko
  • Dedicated Seller Care Service
  • Gratis daftar menjadi official store

Dengan menjadi pedagang di blibli, alhamdulilah banyak banget ilmu yang didapat dari mulai ilmu pemasaran dan serba-serbi strategi berdagang online lewat berbagai webinar sharing blibli seller yang sering diadakan oleh blibli. Ternyata menjadi seller di blibli tuh bikin happy, ada komunitas #BliBliSeller yang ada di akun IG @blibliseller dan tiktok @blibliseller . Kalau kalian penasaran langsung aja follow dan kunjungi IG @blibliseller dan Tiktok @blibliseller karena banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan disana.

Banjir Orderan di BliBli 11th Anniversary

Tentunya jika kita ingin sukses semuanya butuh proses tidak ada yang instan di dunia ini. Apalagi berjualan seperti ini, jika kita ingin banjir orderan tentu harus belajar bagaimana trik-triknya. Pastinya aku pantang menyerah dan harus terus belajar dari BliBli yang begitu peduli dengan para sellernya. Jika para seller mengalami kesulitan bisa langsung menghubungi merchant  care lewat live chat di aplikasi BliBli Seller, atau bisa juga via email ke seller.care@blibli.com . Bisa juga telepon ke nomor 0804-1-871-871 untuk konsultasi lebih lanjut.

Dan semoga Nyemilin performa tokonya di BliBli bisa semakin laris, tentunya dengan doa dan usaha dapat mewujudkan semua impian saya dan keluarga ..aamiin

#PastiuntungPastiBliBli

#BlibliSeller

#BlibliBlogcompetition

#PastiMer11ah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger