Categories
Event

Sesuai dengan janji saya sebelumnya, ditulisan kali ini saya akan mengulas lebih dalam tentang apa itu BNI Xpora. Sebelum lebih jauh pembahasannya, tanggal 29 Maret 2022 kemarin bertepatan dengan  adanya acara “Kartini Millenial Go Ekspor” merupakan kali pertama saya mengunjungi BNI Xpora Smesco Indonesia. Pertama kali memasuki ruangan BNI Xpora Smesco, mata kita akan dimanjakan dengan hasil karya para UMKM Indonesia. Berkeliling di gerai Xpora membuat saya tak berhanti berdecak kagum, tak menyangka bahwa  hasil karya yang bernilai jual tinggi milik teman-teman UMKM.

Banyak sekali kerajinan yang ada di gerai Xpora Smesco Jakarta, diantaranya ada tas anyaman yang cocok banget dijadikan hampers, kap lampu dari kardus, wayang, makanan ringan, tas, minyak kayu putih aneka kopi dengan kemasan yang unik, minuman herbal dan masih banyak lagi. Sebagai sesama pelaku usaha, meskipun usaha saya masih terbilang kecil seperti ada semangat baru melihat hasil karya para UMKM bisa sampai di kenal ke mancanegara. Soon semoga Nyemilin kedepannya bisa berkembang lagi, aamiin.

Setelah mengikuti sharing session Kartini Millenial Go Ekspor yang diselenggarakan oleh BNI bersama Komunitas Ayo Naik Kelas dan Rumah BUMN BNI, membuat saya semakin yakin untuk terus menekuni usaha makanan yang sedang saya rintis saat ini. Berkaca terhadap pemaparan dua orang Kartini Millenial yaitu Mba aling dan Mba Wisni, bahwa dengan ketekunan kita bisa melewati semua rintangan yang ada dan terus semangat untuk menjalani usaha.

Membangun sebuah usaha tentu jalannya tak selalu mulus, ada saja kendala yang di hadapi. Jatuh bangun dalam membangun bisnis tentu suatu hal wajar, karena dari kegagalan kita bisa belajar agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Pandemi yang melanda Indonesia hampir 2 tahun lebih lamanya, memiliki dampak ekonomi yang cukup memperihatinkan. Banyak sekali para pekerja yang di PHK , UMKM yang gulung tikar, tapi tak sedikit juga UMKM yang mengalami kenaikan omset selama pandemi ini terjadi. Dan banyak juga usaha rumahan yang bermunculan selama pandemic yang trus berjalan hingga saat ini.

BNI Xpora Siap Mefasilitasi Para UMKM

BNI Xpora merupakan one stop shopping solution BNI untuk para UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya agar naik kelas melalui Go Produktif, Go Digital dan Go Global. Bapak Genio, perwakilan dari Xpora Jakarta mengatakan bahwa potensi UMKM saat ini sangatlah besar baik dari sisi koorporasi maupun usaha mikro. Apalagi jika para UMKM itu menjadi sebuah ekosistem.

Kemudian disuplai oleh perusahaan besar yang didukung oleh perusahaan yang ada dibawahnya bukan tidak mungkin itu akan menjadi sesuatu yang besar. Potensinya cukup besar dan targetnya pun besar, ada pertumbuhan 500.000 UMKM baru yang siap ekspor. Apakah 500.000 ini merupakan hal yamg mustahil? Ternyata tidak karena untuk menjadi eksportir bukan hal yang sulit.

Ada direct eksportir yaitu bisa melakukan ekspor langsung ke luar negeri atau Indirect eksportir yaitu mensupport perusahaan-perusahan yang sudah melakukan ekspor. Dan untuk bergabung  di Xpora ada 2 cara pertama Physical Hub kita ada di 7 lokasi yaitu Jakarta, Bandung, Solo, Medan, Surabaya, Makassar dan Denpasar atau bisa mengakses di portal digital Xpora di www.xpora.bni.co.id

Dengan adanya Xpora ini dapat menjawab tantangan para UMKM yang ada, antara lain :

  • Daya saing produk
  • Prosedur Ekspor dan Lisensi
  • Solusi Pembiayaan dan Transaksi
  • Akses ke Pasar Global
  • Kemampuan Digital

Lalu ada 3 solusi yang ditawarkan Xpora, untuk menjawab tantangan yang ada  yaitu :

  • Go Produktif , rutin mengikuti pelatihan UMKM, solusi transaksi dan pendanaan
  • Go Digital, memiliki portal Xpora disana kita bisa melakukan cek “level bisnis” yang sedang para UMKM jalani.
  • Go Global, mendorong produk-produk yang ada di Indonesia untuk Go Ekspor, dimana BNI akan mencarikan potensial buyer

BNI sebagai Lembaga BUMN yang mendukung para pelaku UMKM agar dapat naik kelas dengan menyediakan instrument yang dibutuhkan para UMKM agar potensi tersebut dapat menjadi kekuatan yang dapat menggerakkan sesam pelaku UMKM lainnya.

Pemerintah sendiri menawarkan pembiayaan KUR bunga 6% dengan limit 500 juta, dan saat ini juga di dukung oleg Xpora dengan pembiayaan fast track dengan agunan minimal 30 % dari maksimal kredit yang diajukan dan sisanya akan di cover oleh asuransi. Cukup melampirkan buki rekening koran.

Kerennya lagi saat ini BNI memiliki KCLN ( kantor Cabang Luar Negeri ) yang ditugaskan kementerian  untuk mendorong transaksi Internasional sehingga UMKM dapat Go Ekspor. Sebagai salah satu nasabah BNI tentu saya bangga BNI serius menfasilitasi para UMKM untuk naik kelas. Dengan melakukan pendampingan secara serius bukan tidak mungkin kedepannya akan banyak UMKM yang Go Ekspor.

Semoga dengan adanya berbagai Kerjasama berbagai pihak dapat mendorong kemajuan UMKM semakin pesat lagi bertumbuh dan berkarya sekaligus mengharumkan nama Indonesia di mancanegara.

Semangat UMKM Indonesia siap Go Produktif, Go Digital dan Go Global !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Search by post
Calender
May 2022
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Part Of

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger