Mari Dukung Hasil Karya Para Pengrajin Indonesia

15 September 2019PapiBunda

Indonesia terkenal dengan keberagamannya. Mulai dari suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan lain sebagainya. Dengan 34 provinsi yang ada, tentu memiliki ciri khas masing-masing di setiap daerahnya. Selain itu hasil karya para pengarajin lokal pun banyak yang menjadi icon daerah tersebut.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memunjukkan rasa cinta kepada Indonesia. Yaa.. salah satunya dengan cara mendukung hasil karya para pengrajin Indonesia. Sebagai anak bangsa kalau bukan siapa lagi yang mendukung hasil karya pengrajin Indonesia.

Hasil karya para pengrajin Indonesia juga gak kalah bagusnya loh sama produk luar. Pengerjaannya begitu detail dan rapih modelnya pun beragam. Kerajinan Indonesia ternyata juga penyumbang devisa negara loh, kereenn banget yaa 🙂

Hasil kerajinan seperti kain tenun, songket, anyaman bambu , kerajinan kulit, kerajinan logam itu baru beberapa kerajinan dari Indonesia yang hasilnya sudah tak diragukan lagi. Tahun ini di adakan lagi Kriya Nusa 2019 yang menjadi wadah bagi para para pengrajin di seluruh daerah Indonesia.

Jelang pameran Kriya Nusa berlangsung, diadakan Temu Netizen yag dihadiri oleh beberapa Narasumber diantaranya :

  • Bapak Widodo Mukyiyo, Direktur Jendral Informasi dan Informatika Publik Kominfo
  • Ibu Euis Saedah, Sekretaris Jendral Dekranas.
  • Ibu Sepriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekomomian dan Kemaritiman Kemkominfo

Oiya..ternyata produk kerajinan Indonesia menjadi modal bagi Indonesia untuk sukses di dunia Internasional loh. Dan di 2018 tercatat ekspor produk kerajinan Nasional menghasilkan 1,2 juta dollar AS bagu Indonesia.Kerajinan Indonesia juga menjadi salah satu daya tarik bagi industri pariwisata.

Tentu sebagai generasi muda kita harus menjaga produk produksi kerajinan yang ada di Indonesia. Tahun ini, Kriya Nusa 2019 mengaangkat tema ” Peningkaan Daya Saing Produk Kerajina Melalui Pengembangan Kreatifitas dan kewirausahaann” di harapkan dengan di adakannya pameran ini membuat masyarakat luas lebih mengenal lebih jauh produk kerajinan Indonesia.

KRIYA NUSA 2019

Kemarin saya sempat hadir hari pertama Kriya Nusa 2019, takjub banget sama hasil produk kerajinan yang dihasilkan oleh daerah-daerah di Indonesia. Semua daerah dari sabang sampai marauke, memamerkan ciri khas produk kerajinan mereka.

Dari mulai kain tapis lampung, kain lurik, ulos dari Sumatera Utara, tas, sepatu, perabot rumah tangga, perhiasan perak, hiasan rumah sampai kuliner khas daerah ada semuanya.

Kriya Nusa berlangsung 11-15 September 2019 di Balai Kartini, acara ini FREE alias GRATIS tiket masuk lohh :). Acara ini berlangsung juga karena adanya peran serta dari DEKRANAS yang berkomitmen untuk melestarikan dan mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia.

Dekranas juga melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi, dan menggunaan teknologi baru agar dapat meningkatkan daya saing. Kriya Nusa 2019 jugaa menjadi ajang test market bagi para pengrajin daerah, selain itu juga dapat menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat terhadap perkembangan produk kerajinan yang berasal dari seluruh daerah di Indonesaia.

Di pameran Kriya Nusa 2019 terdapat 246 stand, yang terdiri dari :

  1. Kementrian dan BUMN : 37 stand
  2. Dekranasda : 170 stand (seluruh Indonesia)
  3. Individu : 25 stand
  4. Mitra : 8 stand
  5. Asosiasi : 6 stand

Semua daerah memamerkan hasil kerajinannya dari mulai tekstil, keramik, serat alam, batu-batuan, logam, kayu dan masih banyak lagi.

Yuk.. masih ada kesempatan buat kalian yang mau dayang ke Kriya Nusa di Balai Kartini, Jakarta. Dengan datang ke Kriya Nusa bisa bikin kita makin jatuh cinta sama Indonesia loh, makin bangga dengan hasil produk kerajinan Indonesia.

Tapi yang belum berkesempatan hadir kalian juga bisaa dapetin produk kerajinan Indonesia di E-commers loh, karena banyak para pengrajin daerah yang juga sudah memasarkan produkny di e-commers agar dapat menjangkau lebih banyak orang.

100% CINTA KRIYA INDONESIA

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!