Mari Membentang Kebaikan Lewat Wakaf Produktif

5 October 2019PapiBunda

Saat ini sering kali saya mendengar tentang wakaf produktif, banyak sekali lembaga kemanusian saat ini yang memiliki program wakaf produktif. Mungkin dulu yang kita tahu adalah orang yang berwakaf hanya orang yang kaya saja, dan bentuknya hanya berupa Makam, Mesjid, dan Madrasah. Tapi seiring perkembangan zaman kita seperti di mudahkan untuk berbuat kebaikan melalui wakaf.

Beberapa waktu lalu pengetahuanku bertambah tentang wakaf setelah menghadiri Blogger Meet Up bersama  Dompet Dhuafa yang bertajuk ” Wake Up, Wakaf !! ” bertempat di Kawasan Zona Madinah dan Lembaga Pengembangan Insani, Parung, Bogor. Tepat pukul 07.00 kita sudah berada di Gedung Filantrophi Dompet Dhuafa yang berada di Jati Padang, setelah itu kita berangkat menuju Parung bersama-sama menggunakan mobil elf.

Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan akhirnya kami sampai di Sekolah Smart Ekselensia dan kemudian berkumpul di aula sekolah tersebut. Acara ibuka dengan pembacaan ayat suci Al quran yang dibacakan oleh  Zikri, salah satu Hafidz Pesantren E- Tahfidz Smart Ekselensia Dompet Dhuafa. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari Bapak Boby P. Manulang selaku GM. Wakaf Dompet Dhuafa, Pak Boby menjelaskan bahwa saat ini dengan modal 10 ribu rupiah saja kita sudah bisa berwakaf. Saat ini berwakaf tidak harus menunggu kaya, lewat Dompet Dhuafa kita bisa mulai berwakaf sesuai dengan kemampuan kita.

MUngkin dahulu orang hanya mengenal wakaf hanya makam, mesjid dan madrasah saja, ternyata wakaf itu banyak macamnya gaes diantaranya adalah :

Dari Segi Sasaran :

  • Wakaf Publik, ditujukkan kepada masyarakat umun
  • Wakaf Privat (keluarga) , ditujukan kepada keluarga pewakaf (wakif)
  • Wakaf Musytarak, gabungan antara wakaf publik dan wakaf privat

Dari Segi Waktu :

  • Wakaf Selamanya ( abadi ), misal wakaf tanah
  • Wakaf Sementara, yaitu wakaf  yang dibatasi waktunya oleh usia harta atau kemauan pewakaf

Dari Segi Penggunaan :

  •  Wakaf Langsung, seperti Mesjid, Sekolah, Rumah Sakit dll
  • Wakaf Investasi , yaitu harta wakaf yang diusahakan untuk mendatangkan surplus dimana surplus tersebut yang dimanfaatkan sesuai sasaran wakaf

Seperti saat ini Dompet Dhuafa sudah memiliki beberapa aset wakaf produktif  seperti Rumah Sakit, Sekolah, Kebun, dan Mesjid. Semua aset wakaf dikelola secara produktif surplus wakafnya digunakan untuk mauquf alaihi atau penerima manfaat pada program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial umum Dompet Dhuafa.

Lembaga Pengenbangan Insani

Setelah pemaparan dari narasumber, para blogger di ajak berkeliling ke Sekolah Smart Ekselensia dan RS. Rumah Sehat Terpadu. Sekolah Smart Ekselensia ini memiliki 2 jenjang yaitu SMP dan SMA, uniknya semua siswa yang ada di Sekolah Smart Ekselensia adalah laki-laki semua.Dompet Dhuafa memiliki alasan khusus kenapa siswa  yang diterima dalah laki-laki semua karena berharap kelak mereka akan membantu mengangkat derajat keluarga setelah lulus dari sekolah ini.

Yaap..siswa yang bersekolah disini adalah anak-anak dhuafa yang berasal dari seluruh Indonesia, yang telah lolos dari serangkaian tes yang diberikan. Untuk jenjang SMP mereka akan menempuh  selama 3 tahun dan jenjang SMA 2 tahun dengan program akselerasi. Disini mereka tinggal di asrama dan mereka diberikan uang saku sebesar 30.000 setiap bulannya. Semua kebutuhan sudah dipenuhi oleh pihak Dompet Dhuafa.

Anak-anak murid di Smart Ekselensia tidak boleh memili handphone, dan mereka hanya boleh menonton televisi di hari minggu. Setiap lebaran mereka diizinkan untuk pulang kampung melepas rindu bersama keluarga. Selain SMP dan SMA di sini juga ada PAUD yang diperuntukkan untuk masyarakat umum. Sisa-siawa disini sangat diajarkan untuk mandiri serta mgurus semuanya sendiri.

RS. Rumah Sehat Terfpadu

RS. Rumah Sehat Terpadu ini adalah Rumah sakit Tipe C yang  memilik luas kurang lebih 2,7 hektar. Rumah Sakit ini mengusung tema penghijauan dimana banyak sekali tanaman-tanaman bahkan ada danaunya juga loh. Rumah Sakit ini memiliki kapasitas 83 tempat tidur untuk pasien rawat inap dan untuk pasien   rawat jalan 1 harinya bisa mencapai 300 orang.

Rumah sakit ini menerima pasien BPJS, dhuafa dan umum. Untuk pasien dhuafa , Dompet Dhuafa memiliki indikator tersendiri untuk menentukan statusnya. Untuk pasien dhuafa, semua diberikan secara gratis walupun gratis tetapi pelayanan yang diberikan sesuai dengan fasilitas rumah sakit bintang 5.

Yuk..kita mulai berwakaf, meskipun sedikit dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, jika kalian ingin berdonasi bisa langsung mengunjungi donasi.tabunganwakaf.com . Sedikit dari kita dapat membantu mereka yang membutuhkan di luar sana.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!