Mari Penuhi Asupan Serat Si Kecil Sejak Dini

11 September 2019PapiBunda

Moms apa yang ada di pikiran moms kalau mendengar kata SERAT ????

Ada yang tau kah, apa itu serat secara lebih dalam? Nah.. tulisan aku kali ini, aku akan sharing beberapa hal tentang serat nih moms. Yuup..beberapa waktu lalu aku berkesempatan hadir di acara Media dan Blogger gathering bersama Bebelac, membahas betapa pentingnya asupan serat terhadap si kecil. Jujur aku gak nyangka kalo serat juga memiliki hal penting dalam metabolisme tubuh. Sebelum bahas lebih jauh, kira-kira moms tau gak apa itu serat ???

Serat adalah bahan makanan yang  berasal dari tumbuhan seperti selulosa, lignin, dan pektin lalu tidak dapat dicerna utuh oleh enzim pencernaan,. serat itu sendiri di bagi menjadi 2 ada jenis serat  yaitu SOLUBLE dan INSOLUBLE. Serat Soluble adalah serat yang menyerap air/gel dan membuat rasa kenyang lebih lama, melekat pada partikel kolesterol seperti : Kacang, polong, oat, pektin (jeruk, apel, aprikot), wortel, bawang, pisang, psylliun. Nah..biasanya buat orang yang sedang melakukan program diet banyak mengkonsumsi serat soluble karena dapat membuat kenyang lebih lama.

Sedangkan serat Insoluble adalah serat yang tidak larut dalam air, bentuknya soft dapat mencegah konstipasi, seperti : biji-bjian, kulit buah-buahan, beras merah gandum,brokoli, sayuran hijau,bawang dan kulit buah. dan manfaat serat buat saluran cerna ialah dapat membuat tinja lebih lunak dan BAB teratur, mencegah dan mengatsi konstipasi (sembelit) & hemoroid (wasir). Sedangkan manfaat lainnya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus, menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengontrol gula darah.

Wah.. ternyata banyak banget ya moms manfaat dari serat itu, dan itulah mengapa serat begitu penting bagi si kecil. Oiya moms sedihnya lagi menurut data 9 dari 10 anak di Jakarta itu kekurangan serat loh moms, kok bisa ya?? dan ternyata masih banyak orang tua yang belum memahami seberapa banyak kebutuhan serat harian anak.Ehhmm..padahal kekurangan serat jangka panjang  dapat menyebabkan penyakit serius, diantaranya kanker usus besar, penyakit jantung koroner, diabetes melitus tipe 2, dan obesitas.

Pentingnya Serat Untuk si Kecil

Seperti yang di sampaikan oleh dr. Frieda handayani, Sp.A(K), Konsultan Gastrohepatologi Anak bahwa penting sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan anak karena pencernaan merupakan otak ke dua yang tidak hanyak mempengaruhi proses pencernaan, tetapi juga metabolisme tubuh serta mood/emosi seseorang. Nah moms kalau si kecil moodnya kurang bagus atau suak marah-marah bisa jadi pencernaannya bermasalah.

Salah satu tanda pencernaan yang sehat dapat dilihat dari pola buang air besar yang teratur. Serat banyak terdapat pada buah dan sayur, selain itu saat ini sudah banyak jenis makanan yang terfortifikasi serat yang dapat membantu mencukupi kebutuhan serat anak usia dini. Kira-kira berapa banyak serat yang dibutuhkan si kecil per harinya ya moms?? Pastinya setiap tingkatan usia kebutuhan seratnya juga berbeda ya moms.

Setelah melihat tabel di atas sekarang moms sudah tau kan berapa kebutuhan serat si kecil setiap harinya. Kita bisa mengkobinasikan makanan si kecil dari mulai sayur, buah, kacang-kacangan untuk memnuhi kebutuhan seratnya. Oiya moms.. ternyata 16 gram serat itu setara sma 2 kg wortel loh, woooww banyak banget yaa?? gak mungkin kan si kecil makan 2 kg wortel dalam sehari. Oleh karena itu untuk memenuh kebutuhan serat per harinya moms bisa juga menambahkan susu yang mengandung serat.

Dan untuk membantu para orang tua memenuhi kebutuhan serat si kecil Nutricia mempersembahkan Bebelac Gold tinggi serat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak, bersama makanan utama dan selingannya. Bebelac Gold mengandung serat oligosakarida yaitu FOS dan GOS yang terbukti secraa klinis  mempertahankan feses tetap lunak. Cukup 3 gelas Bebelac Gold sesuai anjuran penyajian membantu memenuhi asupan serat hingga 7 gram, atau hampir 50% dari kebutuhan serat harian si kecil.

Dengan di bantu Bebelac Gold jadi kita gak perlu takut lagi si kecil kekurangan serat ya moms. Dan cara yang dapat dilakukan orang tua untuk memastikan kesehatan pencernaan si kecil adalah dengan mengenali fungsi saluran cerna si kecil. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat saluran pencernaan si kecil, moms bisa memakai Kalkulator Pencernaan. Dengan menjawab beberapa pertanyaan yang ada di kalkulator pencernaan seputar pola buang air besar anak dan serta mendapatkan informasi mengenai kondisi pencernaan anak. Moms bisa kunjungi http://Bebeclib.co.id/kalkulatorpencernaan .

Cooking Demo With Chef Yuda

Di acara Media & Blogger Gathering kemarin hadir juga Chef Yuda Bustara yang berbagi ilmu tentang membuat makanan yang kaya akan serat dan di sukai oleh anak-anak. Seperti yang di ungkapkan Chef Yuda bahwa moms dapat menambahkan lebih banyak buah dan sayur ke dalam menu makanan anak dengan rasa dan tampilan yang menarik bagi anak-anak. Dan yang penting adalah cara pengolaannya supaya tidak menghilangkan nutrisi dari bahan makanan yang tinggi serat.

Chef Yuda juga mendemokan 3 resep makan yang mudah di buat dan tinggi serat tentunya, yang pertama ada Overnight Oatmeal Mangga Bebelac, lalu ada Green Smoothie Bebelac dan Vegetable Lasagna. Semua resep ini bahan-bahannya mudah di cari dan gampang di buatnya dan yang penting si kecil dan keluarga di rumah pasti suka. Aku share cara buatnya ya moms :).

Overnight Oatmeal Mangga Bebelac

Bahan-bahan :

  • 1/2 gelas Rolled Oats
  • 120 ml jus mangga
  • Susu Bebelac Gold secukupnya
  • 1 sdm yogurt kental
  • Potongan buah mangga

Cara membuat :

  1. Masukkan oats, jus mangga, yogurt, Bebelac Gold aduk rata
  2. Diamkan dalam kulkas semalaman
  3. Untuk penyajiannya dapat di tambahkan potongan buah mangga diatasnya
  4. Siap disajikan

Green Smoothie Bebelac Gold

Bahan-bahan :

  • 250 ml air kelapa
  • 100 gr buah nanas
  • Susu Bebelac Gold secukupnya
  • 1 genggam bayam yang sudah di cuci (bisa ditambahkan sesuai selera)
  • Es secukupnya

Cara membuat :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, blend sampai tercampur rata
  2. Garnish dengan buah nanas atau buah lain sesuai selera
  3. Minuman segar yang kaya akan serat siap disajikan, cock buat orang yang tidak suka sayur

Vegetable Lasagna

Bahan-bahan :

Pasta:

  • 3 ons Parmigiano Reggiano, potong-potong
  • 1 1/2 gelas daun kemangi segar
  • 1 genggam bayam
  • 1 siung bawang putih
  • 1/4 cangkir kacang pine nuts
  • 1/2 cangkir minyak zaitun

Bechamel Saus :

  • 1/4 cankir mentega
  • 1/4 cangkir tepung terigu
  • Segelas susu ( full cream / rendah lemak)
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • Sejumput pala
  • Garam dan merica secukupnya

Tambahan :

  • 1 cangkir keju parmesan parut
  • 1/4 cngkir keju parut mozzarella
  • 1 sdt oregano kering/ italian spice herbs

Cara membuat :

  1. Untuk pasta, campur semua bahan dalam blender atau ulekkan haluskan
  2. Untuk bechamel, panaskan mentega, masukkan tepung masak sebentar hingga harum, masukkan susu, kaldu ayam, sejumput pala, garam, merica lalu sisihkan
  3. Susun lasagna, beri pasta, bechamel saus, lalu beri keju parmesan dan mozzarella, ulangi hingga penuh, taburi oregano kering dan tutup dengan foil. Panggang selama 45 menit atau tergantung ukuran dan porsi.

Selamat mencoba resep-resep di atas ya moms 🙂 gampang kan ya buatnya??? Semoga informasinya berguna ya moms dan semakin banyak orang tua yang paham akan pentingnya kebutuhan serat untuk si kecil sejak dini untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal, sehingga semakin banyak anak Indonesia yang tumbuh menjadi Anak Hebat dan Sehat.. Aamiin 🙂

Sampai jumpa lagi….

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!