Masa Depan Lebih Indah Dengan Ginjal Yang Sehat

31 March 2020PapiBunda

Mari coba kita bayangkan bersama, apa yang bisa kita kerjakan jika ternyata kita sakit-sakitan dan tidak memiliki kondisi tubuh yang fit sepanjang waktu? kita mungkin hanya akan menghabiskan waktu hanya untuk selalu beristirahat dan menjalani hari dengan berbagai kegiatan yang terbatas. Sebab kesehatan kita yang tidak begitu baik sehingga berbagai kegiatan yang membutuhkan tenaga yang besar tak mungkin bisa dilakukan.

Kita hanya akan disibukan dengan bolak-balik untuk ke rumah sakit sehingga begitu banyak kerugian yang kita alami jika kondisi kita tidak sehat. Sehat merupakan kondisi tubuh, jiwa, dan sosial seseorang dalam keadaan sejahtera sehingga orang tersebut dapat hidup secara produktif di dalam kehidupan sosial dan ekonominya.

healthy lifestyle benefit image from adiahealth

Artinya, jelas dikatakan bahwa sehat sebenarnya bukanlah terkait dengan kondisi tubuh seseorang saja, melainkan juga mencakup kondisi mental, sosial, dan kehidupan pribadi. Hal yang paling mudah dan bisa dilakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan adalah dengan cara menerapkan sejumlah kebiasaan hidup sehat secara rutin.

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun, hal tersebut akan sulit didapatkan dan dijaga apabila kita masih saja menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Buang semua kebiasaan buruk di tahun lalu, kemudian mulailah gaya hidup yang lebih sehat saat ini. Masa depan akan lebih indah dengan ginjal yang sehat, mengapa harus oragan ginjal kita sehat ???

kidney, healthy kidney, medical illustration

Organ Ginjal yang normal berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh, menyaring racun dalam darah, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, dan aktivasi vitamin D. Ginjal juga berfungsi melepas hormon yang mengatur produksi sel darah merah dan menjaga keseimbangan mineral seperti sodium, fosfor, dan potasium. Mengingat perannya yang besar, maka penting untuk menjaga ginjal tetap sehat dan memastikan organ berfungsi normal.

Peran organ ginjal yang begitu penting sehingga setiap tahun diperingati Hari Ginjal Seduania pada minggu kedua bulan maret yang bertepatan pada hari kamis (12/3/2020) mengusung tema Kidney Health for Everyone Everywhere , from Prevention to Detection and Equitable Access to Care. Hari ginjal sedunia di peringati di Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Sebenarnya untuk mencegah penyakit ginjal diperlukan langkah sederhana yang bisa dilakukan, di antaranya:

Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, yaitu:

  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya 8-10 gelas per hari. Kemudian sebisa mungkin batasi konsumsi alkohol dan minuman bersoda.
  • Berhenti merokok. Merokok dan terpapar asap rokok dapat merusak fungsi berbagai organ dalam tubuh, termasuk ginjal.
  • Tidur dengan cukup. Mencukupi istirahat dengan tidur 6-8 jam sehari diperlukan agar tubuh dan organ di dalamnya termasuk ginjal tetap sehat.
  • Jaga agar berat badan tetap ideal. Salah satunya dengan olahraga atau melakukan aktivitas fisik dengan rutin.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan di luar dari anjuran dan pengawasan dokter, terlebih bila obat tersebut dikonsumsi dalam dosis besar atau dalam jangka panjang.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Kesehatan.

Hipertensi dan diabetes merupakan penyakit yang sering menyebabkan komplikasi berupa penyakit ginjal. Jika kita memiliki penyakit-penyakit tersebut, alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, guna memantau perkembangan kedua penyakit ini dan mencegah penyakit ginjal. Selain itu, saat mengalami hipertensi dan diabetes, pembatasan jumlah konsumsi makanan yang mengandung gula dan garam sangat disarankan.

Membatasi Memakan Makanan Tertentu

Saat seseorang sudah mulai mengalami penurunan fungsi ginjal, untuk mencegah semakin memburuknya fungsi ginjal, beberapa pilihan makanan berikut sebaiknya dibatasi:

  • Makanan kalengan.
  • Ikan asin.
  • Produk susu atau yang olahan susu, seperti keju dan yoghurt.
  • Daging olahan.
  • Dan lain-lain

Me at Hari Ginjal Sedunia 2020 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Ayo jaga organ ginjal kita karena masa depan lebih indah dengan ginjal yang sehat dengan melakukan gaya hidup sehat, aktivitas fisik yang rutin serta selalu mengecek kondisi kesehatan kita secara rutin agar jika kita berpotensi mengidap penyakit tertentu bisa segera terdeteksi dan segera diobati.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!