Blog post

Peranan Masyarakat Dalam Penanggulangan Kanker Pada Anak

12 September 2019PapiBunda

Kesahatan adalah nikmat yang luar biasa, dengan sehat kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan. Oleh karena itu ada pepatah bilang ” Mencegah lebih baik daripada mengobati ” , yaapp itu memang benar adanya. Kalau sudah sakit apapun jadi serba salah.

Tidak ada orang di dunia ini yang menginginkan sakit, karena sakit itu memang tidak enak. Apalagi jika anak-anak yang terkena sakit, melihatnya saja sudah tidak tega. Seperti beberapa waktu lalu yang berkesempatan berkunjung ke RUMAH KITA YKAKI ( Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia ).

Rumah kita adalah rumah singgah yang dikelola/dimiliki oleh YKAKI disiapka untuk mengakomodasi pasien anak penderita kanker, dalam rangka mendukung pasien yang sedang menjalani pengobatan dan perawatan. Di rumah kita YKAKI saya bertemu dengan adik-adik penderita kanker yang sedang dalam masa pengobatan. Mereka seperti anak-anak sebayanya yang suka bermain dan belajar.

Kanker anak dapat disembuhkan dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat tentunya. Dukungan pada keluarga sangat diperlukan untuk mengatasi tingginya biaya dalam pengobatan kanker. Hal ini sejalan dengan VISI dari YKAKI bahwa setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak memperoleh pengobatan/perawatan yang sebaik-baiknya termasuk hak belajar dan hak bermain walaupun berada di rumah sakit.

Tentu dalam hal ini YKAKI tidak dapat berjalan sendirian, butuh dukungan masyarakat dan korporasi dalam penanggulangan kanker pada anak. YKAKI bekerja sama dengan beberapa pihak salah satunya yaitu Alfamart, Alfamart mengajak konsumennya ikut aktif membantu adik-adik yang terkena kanker dengan menberikan donasi berupa uang kembalian yang di sumbangkan.

Alfamart menyerahkan donasi dari konsumen Alfamart sebesar 1. 246. 519. 005 . Dengan adanya donasi ini tentu dapat membantu adik-adik untuk bisa sembuh dari kanker. Dalam acara ini hadir juga Kak Indra Bekti sebagai Duta YKAKI , karena kecintaannya terhadap anak kecil Kak Indra langsung menyetujui ketika diminta menjadi duta YKAKI. Oiya..di rumah kita YKAKI adik-adik yang sedang menjalani pengobatan atau perawatan  baik yang di rumah sakit maupun yang tinggal di rumah kita YKAKI tetep bisa belajar loh, karena di sini ada program “sekolah-ku” yang diisi dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara gratis yang di dukung oleh tenaga pengajar profesional.

Di Rumah Kita YKAKI juga mengadakan sosialisasi edukasi kanker pada anak yang dilakukan secara berkala dengan  dengan dukungan para dokter serta profesional terkait bagi masyarakat awam dan juga sebagai fasilitator pada pelatihan-pelatihan bagi tenaga kesehatan termasuk perawat. Walaupun umumnya anak-anak penderita kanker mencapai mimpina  oengobatan atau perawatan umumnya dibiayai oleh JKN-BPJS, namun tak jarang timbul biaya-biaya berupa obat-obatan atau biaya tindakan yang sangat dibutuhkan segera dan disinilah YKAKI akan menyediakan dana tersebut demi kontinuitas dari pengobatan demi mencapai kesembuhan.

Penyebab kanker pada anak sampai saat ini belum ditemukan, namun beberapa penelitian menemukan kurang lebih 5% dari seluruh kanker pada anak adalah mutase turunan dari orang tua ke anak. Anak penyitas kanker sangat berharga dan unik. kontribusi mereka akan masa depan bangsa sangat berarti. Setiap anak yang sembuh dari kanker, secara rata-rata dapat menyelamatkan 71 tahun kehidupannya. Mari kita dukung anak-anak penderita kanker mencapai mimpinya untuk sembuh, aktif dan produktif bagi keluarga dan bangsanya.

More Info :

Rumah Kita YKAKI

Jl. Percetakan Negara X1 No. 129, jakarta Pusat 10570

Email : info@ykaki.or.id

Website : www.ykaki.or,id

FB : @YKAKIwecare

Twitter : @YKAKIwecare

IG : @YKAKIwecare

Sampai Jumpa..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!