Categories
Healthy, Pregnancy

Pada masa hamil 4 bulan atau 17-20 minggu, ibu hamil sudah dapat merasakan pergerakan janin. Perut yang terus mengembang membuat organ tubuh seperti usus bergeser posisi dan tubuh perlu menyesuaikan postur.

Sebagai efek rahim yang mengembang, sebagian area kulit perut akan mengalami peregangan dan hiperpigmentasi sehingga bisa jadi akan terdapat garis hitam pada bagian bawah perut Anda. Kerontokan rambut yang normal terjadi pada kehamilan mulai mereda, sehingga rambut kembali tampak lebih tebal seperti sebelumnya.

Masalah lain yang mungkin dirasakan pada saat hamil 4 bulan adalah kurang tidur, kelelahan, dan sakit kepala. Jika sakit kepala terasa sangat parah, sebaiknya segera periksakan diri karena dapat menjadi gejala penyakit tertentu.

Apa Saja yang Perlu Diperiksakan?

Selain kondisi umum seperti tekanan darah, suhu tubuh, dan berat badan ibu/janin, ada juga pemantauan penyakit. Jika terdapat riwayat penyakit keturunan, pada masa hamil 4 bulan, Anda dapat mengambil pemeriksaan khusus untuk mendeteksi kelainan pada janin.

Jika Anda memiliki kondisi alergi, kemungkinan pada masa kehamilan ini kondisi tersebut akan makin terasa. Meski tergolong normal, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter jika alergi dirasa terlalu mengganggu. Dokter akan memastikan obat-obatan yang Anda konsumsi aman untuk janin.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan dan perlu dihindari pada masa hamil 4 bulan atau 17-20 minggu:

  • Rahim yang membesar kemungkinan akan membuat keseimbangan tubuh Anda terganggu. Maka jika sebelumnya terbiasa mengenakan sepatu berhak tinggi, kini saatnya untuk lebih memilih mengenakan sepatu datar.
  • Susah tidur pada ibu hamil adalah kondisi yang umum terjadi pada masa ini. Gunakan bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut. Posisi terbaik adalah tidur menyamping agar pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim. Berbaring telentang dapat membuat Anda pusing karena terbatasnya aliran darah ke jantung.
  • Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang mencukupi kebutuhan zat besi tubuh agar janin dapat membentuk sel darah merah. Zat besi umumnya terdapat pada daging unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, dan bayam. Pada masa ini, kemungkinan Anda akan merasakan nyeri yang sering terasa pada paha atau kaki, disebut nyeri saraf skiatika.
  • Tetap lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil.
  • Waspadai gejala tertentu seperti perdarahan yang dapat menjadi tanda kondisi serius. Gatal-gatal berlebihan juga dapat menjadi gejala gangguan hati yaitu kolestasis obstetrik.

Setelah Anda mulai merasakan pergerakan janin pada saat hamil 4 bulan, janin akan semakin jelas menyerupai bayi saat hamil 5 bulan. Dari gerakan janin yang tadinya hanya sebatas tendangan halus akan berubah menjadi dorongan yang terasa lebih kuat. Kabar baiknya, gejala-gejala kehamilan seperti mual dan sering buang air kecil akan mereda, sehingga dapat menjadi masa yang paling dinikmati bagi para ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Search by post
Calender
May 2022
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Part Of

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger