Tebar Hewan Kurban, Bangkitkan Peternak Lokal

15 July 2019PapiBunda

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabarnya moms semua? mudah-mudahan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT yaa, aamiin. Gak kerasa ya sebertar lagi sudah mau menyambut Hari Raya Kurban, padahal sepertinya baru kemarin ya kita merayakan Idul Fitri hehe.. Hari Raya Idul Adha adalah puncak ibadah haji dimana para jamaah haji sedang melakukan wukuf di arafah pada tanggal 10 Dzulhijah.

Hari Raya Kurban sendiri memiliki sejarah dan arti yang luar biasa bagi umat islam, dimana di awali oleh cerita Nabi Ibrahim AS yang bermimpi didatangi seseorang yang membawa perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya sendiri. Dari kisah Nabi Ibrahim AS kita belajar bagaimana rasa cinta ke Allah SWT mengalahkan rasa cinta kita kepada apapun. Pahala berkurban pun memiliki nilai yang sangat tinggi di mata Allah SWT, jika kita dapat menunikannya di Hari Raya Idul Adha nanti.

Sociotrip Tebar Hewan Ternak ( THK ) Dompet Dhuafa

Rabu, 10 Juli 2019 lalu saya bersama teman-teman blogger dan Tim dari Dompet Dhuafa melakukan sociotrip ke Desa Cibeber, Cianjur Jawa Barat. Seperti tahun – tahun sebelumnya Dompet Dhuafa melalui Tebar hewan Kurban kembali mengajak para masyarakat untuk berkurban melalui Dompet Dhuafa. Berkurban melalui lembaga memiliki nilai yang istimewa, antara lain kesehatan ternak yang terjaga, mutu dan kualitas teruji, daging-daging kurban tersalurkan tepat sesuai dengan tujuannya. Selain itu juga dapat membantu menumbuhkan perekonomian para peternak kecil yang telah menjadi mitra THK Dompet Dhuafa.

Seperti yang di sampaikan oleh Ibu Etika bahwa Tebar hewan Kurban yang Dompet Dhuafa lakukan berbeda dengan yang lainnya. Di Dompet Dhuafa daging kurban di bagikan secara merata dari sabang sampai marauke ke daerah-daerah terpencil, bahkan sampai ke luar negeri. Karena banyak saudar-saudara kita yang kurang beruntung yang menikmati daging hanya setahun sekali atau bahkan ada yang belum pernah sama sekali. Oleh sebab itu dengan program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa berharap dapat memberikan kebahagian kepada sauara-saudara kita secara merata.

Di tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan kurban sebanyak 30.000 ekor dan pendistribusiannya menjangkau 34 provinsi di Indonesia, termasuk juga wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda, dan Konawe. Selain itu  Dompet Dhuafa juga mendistribusikan  hewan kurban ke 7 negara seperti Timor Leste, Filipina, Myanmar, Vietnam, Palestina, Thailand dan Bangladesh. Hewan kurban yang kita beli melalui Dompet Dhuafa juga sudah memenuhi standar dan mutu kualitas, termasuk juga kesehatan hewan kurban yang telah dicek oleh tim Quality Control.

Banyak sekali kemudahan yang di berikan kepada masyarakat yang ingin berkurban lewat Dompet Dhuafa diantaranya pembayaran dapat dilakukan melalui payment online, e-commers, QR-code, jemput kurban dan masih banyak lagi.

Saung Ternak KAHADEAN, Kelompok Ternak Al-Ikhwan

Kelompok ternak Al-Ikhwan terletak di Desa Cikondang, kecamatan Cibeber, Cianjur,  Jawa Barat. Kelompok ternak Al-Ikhwan sudah berjalan kurang lebih 2 tahun. Kang Ayi  ketua kelompok ternak Al-ihkwan bercerita, awal mula mengenal Dompet Dhuafa bermula pada tahun 2007 ketika beliau bergabung menjadi relawan longsor di Cianjur. Berawal dari 20 ekor doka (domba, kambing) dan gagal, lalu di tahun 2016 Dompet Dhuafa memberikan 50 ekor dan terus berkembang hingga saat ini total ada 300 ekor doka di kelompok Ternak Al-Ikhwan.

Domba dan kambing di kelompok ternak Al-Ikhwan ini sangat diperhatikan sekali kesehatannya. Para mitra berkomitmen untuk memberikan ternak kualitas terbaik yang mereka punya, tentu semua sudah memenuhi standar yang di tetapkan. Selain kambing yang cukup umur, hal yang perlu diperhatikan adalah berat kambing tersebut. Standar berat kambing yang layak adalah 23 kg – 28 kg, dan jika kambing atau domba yang premium memiliki berat 29 kg – 35 kg. Kelompok Ternak Al-Ikhwan juga sering di jadikan sarana edukasi oleh sekolah-sekolah di daerah sekitar, selain itu juga sering diadakan pengajian fiqih setiap rabu malam.

Yuk..mari persiapkan kurban terbaik kita, dengan program Tebar Hewan Kurban dari Dompet Dhuafa sangat memudahkan kita untuk menyalurkan hewan kurban yang kita miliki. Mau dimanapun kita berada kita bisa berkurban lewat Dompet Dhuafa ya moms. Praktis dan terpercaya tentunya, So #jangantakutberkurban ya moms… 🙂

Informasi lengkapnya,silakan kunjungi :

IG : @dompet_dhuafa

Fb : Dompet Dhuafa

Tw : @Dompet_Dhuafa

WA : 08111 – 5 – 444 – 88

Email : (021) 741 6050

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!