Menggapai Impian Dengan Berburu Beasiswa

5 May 2019PapiBunda

memiliki impian untuk bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya merupakan impian semua orang, karena dengan pendidikan yang tinggi akan membuat kita semakin mengenal betapa kecilnya kita di dunia ini, terlebih jika kita bisa belajar hingga ke luar negeri dimana semuanya berbeda dengan negara kita ini baik dalam hal budaya maupun jenis makanan yang di konsumsi sehari-hari.

pepatah mengatakan “tuntutlah ilmu hingga ke negeri cina” karena inti dari pepatah inu adalah terus lah belajar dan mengkaji setiap ilmu yang kita sukai sampai ke akarnya, karena jika kita hanya mengenal kulitnya saja maka kita tidak akan mengetahui betapa indahnya ilmu tersebut.


untuk bisa menggapai impian mendapatkan pendidikan setinggi mungkin adalah dengan mempersiapkannya sedari dini, agar semua fase yang akan dituju sudah tertata dengan baik langkah demi langkahnya, hal yang paling mendasar adalah kita harus menetapkan tujuan kita dalam mencapai impian untuk mendapatkan pendidikan tertinggi dengan fokus pada satu bidang yang kita senangi, misalkan fokus pada dunia microbiology maupun hal yang lainnya, karena degan kita fokus pada hal yang kita senangi akan memudahkan kita untuk melangkah ke jenjang selanjut, terlebih jika hal tersebut menghasilkan hal yang bermanfaat untuk semua orang kedepannya.

setelah kita fokus pada satu bidang yang kita ingin gapai, langkah selanjutnya adalah mencari sumber-sumber pendukung untuk mencapai impian kita, misalnya jika kita sudah duduk di bangku sekolah menengah atas kita akan mencari dimana kita harus melanjutkan kuliah dengan bidang yang kita sukai, jangan sampai kita salah memilih fakultas di universitas yang kita tuju, karena jika kita salah memilih akan berdampak pada tujuan awal kita, seperti akan membuat kita malas-malasan dalam belajar, pentingnya “memilih” pilihan yang tepat akan menentukan berlanjut atau tidaknya impian yang telah kita tuliskan. termasuk dalam melengakapi kebutuhan kita dalam belajar yang dapat dengan mudah di dapatkan di iPrice

jika kita ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan terbentur akan “dana pendidikan” maka kira harus tetap semangat untuk mencari beasiswa, karena di jaman sekarang ini banyak instansi yang menyediakan beasiswa untuk kita yang berprestasi dan memiliki keahlian pada bidang tertentu.

Beasiswa biasanya selalu identik dengan seseorang yang memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan disini tidak melulu soal akademis, namun juga lebih ke masalah tekat ataupun minat seseorang terhadap suatu hal. Sudah pasti akan ada perasaan bangga jika kamu berhasil meraih beasiswa sesuai dengan apa yang kamu cita-citakan. Kali ini kami akan sedikit membahas mengenai cara mudah mendapatkan beasiswa baik di dalam maupun keluar negeri.
Jika kamu berorientasi untuk melanjutkan study kamu ke jenjang lebih tinggi atau bahkan ingin menjajal dunia internasional, tidak ada salahnya untuk mencoba mengajukan beasiswa.

Ada dua jenis beasiswa yang biasanya diperebutkan oleh banyak pelajar maupun mahasiswa, yakni beasiswa dari pemerintah dan juga beasiswa dari swasta. Sudah jelas jika beasiswa pemerintah merupakan bentuk apresisasi pemerintah khususnya kementerian pendidikan dalam memajukan pendidikan bangsa.

Selain itu ada juga beasiswa swasta yang penyelenggaranya merupakan perusahaan atau lembaga non kepemerintahan. Beasiswa swasta ini bisa berasal dari universitas maupun juga dari perusahaan tertentu yang
concern dalam memajukan pendidikan di negeri ini.

Meraih beasiswa yang kamu cita-citakan tidak akan berhasil jika kamu tidak berusaha dengan sungguh-sungguh. Salah satu caranya adalah dengan melihat berbagai macam peluang yang ada.

Jika di kampusmu sedang pembukaan beasiswa maka sesegera mungkin untuk mencari tahu syarat-syarat apa sajakah yang dibutuhkan. Selain itu kamu juga wajib tahu kapan batas waktu penyelenggaraannya. Jangan sampai terlambat.

Selain itu, ketahuilah kemampuan dirimu. Jika kamu memiliki bakat sebagai atlet olahraga, maka hal tersebutlah yang musti kamu latih dan kembangkan lebih jauh lagi. Kumpulkan sebanyak mungkin portofolio yang pernah kamu raih untuk meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu layak untuk diberi penghargaan berupa beasiswa.

Jangan merasa bahwa kamu sudah ahli, namun terus asah kemampuanmu untuk membangun kualitas diri. Semakin besar cakupan beasiswa yang kamu ikuti, maka semakin berat pula pesaingnya. Selanjutnya hal yang tidak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa supaya bisa dimudahkan dalam proses seleksi beasiswa.
Rajin-rajinlah mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan beasiswa tersebut. Jangan sampai kamu gagal karena informasi yang ada tidak sampai di telingamu. Hal ini tentunya akan membuat kamu sangat kecewa.
Hal yang tidak kalah penting adalah rekomendasi dari dosen kamu. Pastikan jika kamu mencari rekomendasi ini carilah dosen yang memiliki kompetensi lebih di bidangnya. Contohnya kamu bisa meminta rekomendasi dari dosen yang sudah bergelar S3 (doktor) dibandingkan dosen yang masih bergelar S2 (master). Selain itu pastikan juga dosen tersebut memiliki jabatan khusus di kampusmu. Semakin tinggi jabatan strukturalnya maka rekomendasinya akan semakin dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara beasiswa tersebut.
Jika kamu memiliki impian untuk dapat melanjutkan study kamu ke kancah internasional, kamu patut mencoba mempelajari bahasa asing mulai dari sekarang. Jika kamu kesulitan untuk menemukan bahasa apa yang ingin kamu pelajari, kamu bisa mulai dengan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

teruslah semangat dan teruslah bermimpi namun tak luput untuk bangun dan mewujudkan apa yang telah menjadi impian kita, ciptakan kesempatan dan peluang, karena jika hanya menunggu kita tak tahu kapan peluang atau kesempatan itu akan datang

Comments (1)

  • Common View

    30 May 2019 at 12:40 am

    Menteri Nasir mengatakan para santri yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki nilai akademik yang bagus agar tidak khawatir dengan masalah biaya kuliah. Kemenristekdikti saat ini telah menyiapkan anggaran 4,5 triliun rupiah untuk beasiswa pendidikan. Salah satu skema beasiswa tersebut adalah Bidikmisi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!