Categories
Parenting

Halo moms.. bagaimana kabarnya ?? semoga selau sehat ya moms 🙂

Gak kerasa ya moms sebentar lagi sudah memasuki tahun ajaran baru. Pati para orang tua sudah mulai sibuk nih mencari-cari sekolah untuk anaknya. Kebetulan si Abang juga akan masuk SD tahun ini, jadi dari bebrapa bulan yang lalu sudah mulai survey nih mencari sekolah yang cocok.

Sebagai orang tua,  tentu kita akan memastikan anak mendapatkan pendidikan terbaik adalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang secara tidak langsung. Pasalnya, anak membutuhkan pendidikan tersebut untuk menghadapi masa depan. Maka dari itu, memilih sekolah terbaik adalah langkah untuk membekali mereka dengan ilmu yang mereka butuhkan.

Namun, terkadang banyak orang tua kesulitan untuk mencari sekolah terbaik karena banyaknya fasilitas pendidikan di luar sana.  Nah.. kali ini aku mau sedikit sharing tentang memilih sekolah untuk si kecil. Langsung saja disimak yuk ulasannya..

Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk si Kecil

1. Mempertimbangkan Jarak Sekolah

Untuk si kecil yang hendak masuk TK atau SD, jarak sekolah adalah hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, anak-anak seusia ini lebih cocok untuk pergi ke sekolah yang jaraknya dekat. Jika terlalu jauh, bisa-bisa si kecil kecapekan dan menjadi malas untuk belajar. Selain itu, sekolah yang terlalu jauh juga akan mengurangi waktu bermain yang sangat dibutuhkan anak di usia TK dan SD.

2. Mengenali Karakter Anak

Mengenali karakter anak adalah hal yang tidak kalah penting. Jika si kecil sangatlah aktif, mungkin moms bisa mempertimbangkan untuk menyekolahkannya di sekolah alam. Selain itu, mengenali karakter si kecil juga dapat membantu moms menganalisis durasi bersekolah yang dibutuhkan anak.

 3. Mencari Tahu Kredibilitas Tenaga Pengajarnya

Guru adalah juru kunci dari kesuksesan anak karena sosok inilah yang menentukan apakah anak bisa belajar dan bermain dengan menyenangkan. Untuk mengetahui hal ini, moms bisa datang ke sekolah dan mencari tahu bagaimana latar belakang setiap guru yang mengajar di sana. Jika sekolah yang moms keceng menawarkan free trial, ini adalah kesempatan emas untuk mengetahui seberapa kompeten guru-guru di sekolah tersebut.

4. Mengenali Fasilitas Sekolahnya

Moms bisa mengenali bagus tidaknya sebuah sekolah dengan cari menghadiri acara open house yang biasa diadakan untuk menarik orang tua dan anak didik baru. Dalam kesempatan ini, kamu bisa mencari tahu bagaimana sarana dan prasarana sekolah yang kamu incar. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu fasilitas-fasilitas yang disediakan mulai dari toilet umum hingga laboratorium.

5. Memilih Sekolah dengan Ekstrakurikuler yang Sesuai dengan Bakat Anak

Memilih sekolah dengan ekstrakulikuler yang sesuai dengan minat sangat bermanfaat untuk mengasah bakat yang dimiliki si kecil. Selain itu, kegiatan di luar belajar terbukti bisa membuat anak-anak lebih kerasan bersekolah di sana.

6. Melihat Perbandingan Jumlah Guru dan Siswa di Kelas

Biasanya, kualitas belajar yang didapatkan anak akan lebih baik jika sekolah tersebut memiliki kebijakan untuk membatasi jumlah siswa di sebuah kelas. Pasalnya, jika terlalu banyak, ada kecenderungan si kecil tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Tentunya, orang tua harus memastikan agar hal ini tidak terjadi pada sang anak.

7. Mengajak Anak untuk Turut Berkontribusi

Untuk setiap keputusan yang moms buat, jangan lupa untuk melibatkan anak di dalamnya. Pada akhirnya, anaklah yang akan belajar di sekolah yang orang tua pilih. Jika anak sudah tidak merasa nyaman, tanyalah alasan mengapa dia tidak merasa kerasan.

Setelah itu, berkompromilah dan buat keputusan yang bisa membahagiakan anak dan juga orang tua. Inilah beberapa tips memilih sekolah untuk si kecil, semoga bisa bermanfaat ya moms 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger