Yuk Latih Rasa Peduli Dan Daya Pikir Si Kecil Lewat Permainan Di BEBELAND

7 September 2019PapiBunda

Ada yang bilang kalau dunia anak-anak adalah bermain. Yaap.. memang begitulah adanya hehe apalagi buat anak-anak yang masih di usia golden age, hampir kesehariannya adalah bermain. Nah..sebagai orang tua terutama ibu, harus pintar-pintarnya mengelola permainan itu menjadi permainan yang edukatif dan syarat akan pelajaran. Bagaimana sih caranya menstimulasi anak lewat permainan?? Kebetulan hari ini aku sama Abang main di BEBELAND :). Mau tau lebih lanjut tentang BEBELAND, simak ulasanku yaa..

BEBELAND Tempat Bermain Sambil Belajar

Bebeland adalah tempat bermain edukatif dan interaktif persembahan dari Bebelac, yang di rancang untuk mengasah rasa peduli atau empati si kecil. Karena Bebelac percaya bahwa rasa peduli dapat meningkatkan kemampuan daya pikir si kecil menjadi berkembang lebih baik untuk mencari solusi atas masalah yang ada di sekitarnya.

Bebelac bekerja sama dengan Psikolog anak , Roslina Verauli, M.Psi, Psi. mengenbangkan permainan edukatif BEBELAND dengan menekankan bahwa dengan rasa empati dan rasa peduli, si kecil mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, bersimpati, hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain.

Semua permainan yang ada di BebeLand dirancang dengan alur cerita “masalah-solusi” , dimana si kecil dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, sebelum kemudian diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberikn solusi yang berguna bagi sekitarnya. Permainan di BEBELAND memiliki 3 zona, ada BebeTown, BebeSea dan BebeFourest.

BebeTown

Di BebeTown ini anak-anak akan di ajarkan bagaimana mencari solusi untuk memperindah kota kita. Di BebeTown ini ada 5 permainan yaitu : Light the City, Build the Bench, Fix the Gears, Move the Log dan Save the Animal. Di permainan Light the City anak-anak diajak untuk mencari solusi bagaiaman bisa menyalakan lampu kota, O’OW harus apa ya?? ternyata si kecil di suruh mengayuh sepeda agar lampu kota menyala dan kota menjadi indah.

Lain halnya di permainan Build the Bench, si kecil distimulasi rasa empatinya bagaimana menolong sesama yang sedang kesusahan. Di permainan ini ada seorang ibu hamil dan kakek tua yang sedang menunggu bus di halte, agar kakek tua dan ibu hamilnya nyaman menunggu bus akhirnya si kecil di ajak merakit kursi untuk tempat duduk si kakek dan ibu hamil 🙂

BebeFourest

Yapp..di BebeFourest ini si kecil diajarkan bagaimana mencari solusi untuk melestarikan hutan kita. Di BebeFourest ini juga ada 5 permainan yaitu : Rescue the Cat, Save the Fourest, Save the Earth, Feed the Animals dan Find the Way. Diantara ke lima permainan di zona ini Abang paling suka Feed the Animals dan Rescue the Cat, kenapa? Di Feed the Animal diajarkan menegenal jenis hewan  dan konsep herbivora (pemakan tanaman) dan menumbuhkan rasa peduli kepada hewan dengan cara memberinya makan.

Dan di Rescue the Cat permainan ini agak menantang karena membantu mancari kucing yang hilang lalu mengembalikan ke pemiliknya. Si kecil harus memanjat dinding terlebih dahulu untuk menemukan kucing yang hilang kemudian mengembalikan ke pemiliknya.

BebeSea

Nah..di zona laut ini si kecil di ajarkan bagaimana mencari solusi untuk menyelamatkan laut kita. Dan di BebeSea juga ada 5 permainan yaitu : Fix the Bridge, Clean the Ocean, Helping Friends, Preserve the Turtle, dan Coral savior. Di permainan Fix the Bridge si kecil  diajak memecahkan masalah bagaimana cara melengkapi jembatan agar bisa dilewati lalu lanjut permainan Clean the Ocean si kecil di ajak untuk membersihkan laut yang penuh dengan sampah agar laut menjadi bersih kembali.

Sedangkan permainan Coral Savior si kecil dijarkan mengenal biota laut khususnya terumbu karang dan bagaimana membantu dan peduli terhadap lingkungannya,

Ada 15 permainan yang bisa si kecil coba untuk melatih rasa peduli dan meningkatkan daya pikirnya. Setiap anak yang telah menyelesaikan misinya di setiap permainan akan mendapatkan badge sebagai apresiasi untuk si kecil. Dengan adanya BebeLand ini diharapkan para orang tua dapat berperan aktif dalam mengasah rasa peduli si kecil sejak dini sesuai denga tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang bervariasi, dimulai pada usia 1-2 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun, hingga uasi 7 tahun ke atas.

Dengan mengembangkan rasa peduli, si kecil mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. nah..sekarang sudah paham kan moms kenapa si kecil membutuhkan stimulasi yang tepat dan seimbang baik pada aspek IQ yang berhubungan dengan daya pikir maupun EQ yang berhubungan dengan rasa peduli.

Selain dapat menikmati permainan edukatif, di BebeLand juga ada Talkshow interaktif bersam keluarga Jonathan Frizzy dan penampilan Nusa dan Rara. Ayoooo.. BebeLand hadir di Summarecon Mall Bekasi 7-8 September 2019 selain si kecil yang akan puas bermain para orang tua juga akan dimanjakan dengan berbagai macam hadiah dengan membeli produk Bebelac 3 dan 4 serta Bebelac Gold.

Hadihnya berupa paket bundle, seperti rain coat, kolam renang, ball pit set dan koper. Dan serunya lagi bagi yang berbelanja di Bebeland akan mendapatkan double point, kapan lagi bisa stok susu plus dapet banyak hadiah :). Buat yang ingin tukar point bisa juga loh menukar point di area BebeLand .

Buat warga Surabaya, siap-siap ya BebeLand akan berkunjung ke Kota Pahlawan tepatnya di Tunjungan Plaza Surabaya pada tanggal 28-29 September 2019, dan Plaza Medan Fair pada 26-27 Oktober 2019. SAVE THE DATE ya moms.. jangan sampai ketinggalan buat ikutan keseruan di BebeLand bareng Bebelac.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!