Dari Sampah Jadi Berkah Lewat Waste Solution Hub

Dan pada tahun ย 2018, Siti Salamah bersama beberapa rekannya mendirikan Waste Solution Hub. Waste Solution Hub sendiri ialah penyedia solusi pengelolaan sampah terintergrasi.

Salah satu masalah yang dialami oleh negara kita adalah pengelolaan sampah yang masih belum tertangani dengan baik. Pengelolaan sampah yang ada di Indonesia masih bisa dibilang jauh dari kata baik. Tempat pembuangan sampah akhir yang sudah banyak menampung sampah dari berbagai daerah yang kini tempatnya sudah hampir tidak bisa menampung lagi.

Selain itu banyak pula para pemulung yang mengais rezeki lewat tumpukkan sampah yang ada demi kelangsungan hidup keluaganya. Begitulah potret seorang pemulung yang membuat hati seorang Siti Salamah tergerak untuk membantunya. Tentu bukanlah hal yang mudah menemukan cara untuk membantu para pemulung ini untuk meningkatkan kesejahteraan para pemulung.

Siti Salamah Pendiri Waste Solution Hub

Siti Salamah sudah sejak tahun 2015 mengawali aktivitasnya di kampung pemulung. Berawal dari mendirikan Taman Magrib Mengaji yang berlanjut menjadi Rumah Pohon. Tentunya Siti Salamah melakukan ini semua bukannya tanpa tujuan, Beliau memiliki tujuan untuk ย membantu anak pemulung mendapatkan pendidikan non-formal sekaligus spiritual yang berdampak baik pada karakter mereka.

Nama Siti Salamah sendiri sudah banyak dikenal dikalangan para pemlung di daerah Kota Tanggerang Selatan, Banten. Sudah bertahun-tahun Siti Salamah mengapdikan hidupnya untuk mendampingi para pemulung di daerah Jurang Mangu Timur, dimulai dari Pendidikan hingga pemberdayaan ekonomi.

Dari Sampah Jadi Berkah Lewat Waste Solution Hubsumber gambar canvapro papibunda

Siti Salamah memiliki pemikiran bahwa para pemulung itu harus diberdayakan untuk mengubah stigma negatif masyarakat terhadap para pemulung dan tentunya bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

Dan pada tahun ย 2018, Siti Salamah bersama beberapa rekannya mendirikan Waste Solution Hub. Waste Solution Hub sendiri ialah penyedia solusi pengelolaan sampah terintergrasi. Waste Solution Hub ini dalam programnya memberdayakan para pemulung dalam pengelolaan program layanannya dan juga memberikan kesempatan kepada para pemulung untuk mendapatkan binaan dan pekerjaan dengan penghasilan yang jauh lebih baik.

Apa Itu Waste Solution Hub ?

Waste Solution Hub sendiri adalah program pendekatan system teknologi yang terintegrasi yang melibatkan banyak pihak. Model program pengelolaan Waste Solution Hub ini mampu memotong proses sehingga bisa dipersingkat. Harga sampah plastik yang biasanya berkisar Rp. 2000 per Kg, sedangkan di industri besar bisa sampai Rp. 5000 per Kg. Dengan proses yang dipersingkat ini, para pemulung bisa mendapatkan margin yang lebih besar dari biasanya.

Waste Solution Hub atau biasa disebut WasteHub ini memiliki beberapa program pengelolaan sampah, di luar itu WasteHub juga memiliki kegiatan aktivitas sosial untuk turut memperhatikan kehidupan para pemulung menjadi nilai tambah dan itu menjadi pembeda WasteHub.

Dari Sampah Jadi Berkah Lewat Waste Solution Hubsumber gambar website waste solution hub

Beberapa program pengelolaan sampah yang ada di Waste Solution Hub antara lain program pengelolaan sampahย  event dan cluster perumahan yang dilakukan lewat proses end-to-end untuk menambah nilai berkelanjutan.

Hingga saat ini sudah 23.000 pengunjung yang telah diedukasi oleh Waste Solution Hub, dan menangani lebih dari 10 proyek. Jumlah sampah yang dikelola saat ini sudah 4.388 Kg, lalu sebanyak 1.222 pemulung di wilayah Tanggerang selatan telah diberdayakan.

Sukarelawan Waste Solution Hub

Waste Solution Hub memiliki 171 sukarelawan, kedepannya WasteHub memiliki target 10.000 mitra pemulung, meningkatkan pendapatan pemulung sebanyak 100 persen, mengelola 1000 ton sampah per hari , menghasilkan lebih dari 1000 produk daur ulang dan mengembangkan lebih dari 10 area pusat daur ulang dan pembelajaran seluruh Indonesia.

Berkat kegigihannya membantu para pemulung untuk mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih layak, Siti Salamah dengan Waste Solution Hub mendapatkan Apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2021 dari Astra Indonesia.

Semoga kedepannya Waste Solution Hub bisa melebarkan sayapnya ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga semakin banyak para pemulung yang bisa terbantu lewat program-program yang ada di Waste Solution Hub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like