Blog post

Kisah Sukses Nanang Suherman Owner Ayam Goreng Nelongso

30 June 2021PapiBunda

Ada yang sudah pernah dengar Ayam Goreng Nelongso ?? pasti sudah banyak yang tau tentang ayam goreng viral ini. Pertama kali saya mencoba ayam goreng nelongso juga karena gak sengaja, awalnya hanya karena ingin neduh pas hujan tapi gak enak juga kalo gak mampir buat makan (pas laper juga wkwk ) begitu duduk, agak gak percaya liat harga yang ada di daftar menu  ko murah-murah banget. Pas makanannya dateng dibuat takjub lagi sama rasanya ternyata enak, dah lah dari situ jadi langganan deh di ayam goreng nelongso sampai sekarang.

Nah.. sekarang saya mau sharing kisah perjuangan owner Ayam Goreng Nelongso yang sudah memiliki 71 cabang . Nanang Suhaerman dialah sang pemilik dari Ayam Goreng Nelongso, Mas Nanang  sapaan akrabnya lahir di Pajarakan, Probolinggo 34 tahun yang lalu terlahir dari keluarga yang sederhana. walaupun lahir di keluarga yang sederhana tidak menyurutkan untuk mewujudkan mimpi-mimpi besarnya.

Terlahir sebagai anak tunggal Mas Nanang kecil terbiasa dimanja oleh orang tuanya, sampai tiba waktunya nanag lulus SMA ia bertekad untuk melanjutkan kuliah ke Malang, meskipun sang Ibu melarang karena keterbatasan biaya, tetapi Nanang tetap bertekad untuk kuliah dan untuk menyambung hidup akhirnya ia berjualan koran di sebuah perempatan jalan di Gajayana, Malang. Kartena keuletannya akhirnya ia memiliki 3 kios loper koran, setelah berjalan beberapa waktu usaha loper korannya mengalami kebangkrutan.

Setelah itu Mas Nanang mencoba peruntungasn sebagai seorang sales komputer , namun sayang bisnisnya pun tidak bertahan lama. Nanagpun tak berkecil hati meskipun bisnis-bisnisnya banyak yang bangkrut  ia teus bekerja keras untuk mencapai mimpinya. Berkat kerja kerasnya akhirnya Mas Nanang bisa memberikan kebahagian kepada orang tuanya karena dapat menyelesaikan kuliahnya, Setelah lulus kuliah nanang sempat bekerja di sebuah bank. Sang Ibupun bangga saat mendengar sang anak sudah bekerja di sebuah bank.  dengan gajil yang lumayan besar pada kala itu.

Ide bisnis Mas Nanang bergejolak lagi, ia ingin sekali berbisnis besi tua setelah tau bahwa banyak saudara-saudaranya yang sukses berbisnis besi tua. Akhirnya setelah  ia meminta iziin ibunya  untuk  resign dari pekerjaannya di bank agar bisa fokus di bisnis besi tua. Perjalanan Mas Nanang tidak mulus begitu saja banyak sekali rintangan yang harus dilewati selama beberapa tahun. Sampai akhirnya Mas Nanang memutuskan untuk menikah dengan wanita pilihannya, cobaanpun tak henti menerpa dirinya dan keluarganya. Yang paling di ingat adalah ketika ia ditagih dan dihajar oleh dept collector di, saat itu ia berjanji di hadapan putrinya yang masih kecil bahwa ini adalah tangisan terakhirnya. Peristiwa itu sangat amat menyakitkan namun menjadi sebuah titik balik perjalanan hidup seorang Nanang Suherman.

Akhirnya Mas nanang memutuskan untuk membuka usaha makanan karena ada gerobak yang dipinjamkan oleh pemilik kontrakan yang ditempati Mas Nanang dan keluarga. Berbekal melihat resep di youtube dan google akhirnya Mas Nanang menemukan resep yang pas karena ketidaksengajaan. Ketika harus mengantarkan istrinya bekerja disaat itulah Mas Nanang juga sedang merebus bebek untuk di jual, akhirnya bebek tersebut 2 jam di rebus dan hampir hancur. Karena tidak ingin merugi Mas Nanang nekat menjual bebek tersebut ke konsumen tak di sangka konsumen menyukainya dan bikin mereka balik lagi untuk membeli menu yang sama. Akhirnya sampai saat ini resep itu tetap dipertahankan.

Sejak saat itu warungnya Mas Nanang mulai ramai dan dikenal banyak orang, sebagai alternatif Mas Nanang membuat  ceker dan sayap goreng dilengkapi dengan nasi yang disiram dengan sambal seharga 5000 ribu dan di beri nama Ayam Goreng Nelongso. Semakin hari Ayam Goreng Nelongso semakin ramai sampai akhirnya Mas Nanang bisa membeli ruko di jalan Soekarno Hatta Malang  untuk salah satu outlet Ayam Goreng Nelongso. Semenjak itu Ayam Goreng Nelongso berkembang derngan pesat dan mulai membuka cabang ke 2, ke 3 dan seterusnya.

Memang tidak ada kerja keras yang terbuang sia-sia, berkat keuletannya Mas Nanang bisa mencapai titik seperti sekarang ini, 13 tahun Ayam Goreng Nelongso berdiri dengan jatuh bangun Mas Nanang tetap optimis dan pantang menyerah. Ayam Goreng Nelongso pun terus berinovasi hadir dengan berbagai varian menu agar selalu bisa memanjakan para konsumen setianya. Selain itu beberapa waktu lalu tepatnya 24 Juni 2021 Mas Nanag membuka outlet Ayam Goreng Nelongso yang ke 71 di Purwosari. Tentu tidak mudah mempertahankan bisnis di tengah pandemi seperti saat ini tetapi sekali lagi Mas Nanang membuktikan bahwa dengan kerja keras semua yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Setelah melihat kisah suksesnya seorang Nanang Suherman  di channel youtube Pecah Telor  membuat saya termotivasi untuk bisa sukses seperti Mas Nanang dalam membangun bisnis kuliner. dan yang tak kalah hebatnya adalah istri dari Mas Nanang yaitu Mba Yeni yang selalu setia menemani Mas Nanang disaat susah maupun senang. Disini saya melihat kekompakan sebagai suami istri yang di jalani oleh Mas Nanang dan Mba Yeni dalam mengarungi biduk rumah tangga hingga akhirnya bisa sampai di titik seperti sekarang ini.

Nah..buat yang kepo sama keluarga kompak yang satu ini kalian langsung follow IG @nanang_anakbaik dan  @yeni.isna , pastinya kalian akan dibuat kagum oleh pasangan satu ini. Sukses terus buat Mas Nanang dan Mba Yeni.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!