Categories
Diary

Hutan Indonesia merupakan hutan yang menduduki urutan ketiga terluas di dunia dengan hutan tropis dan sumbangan dari hutan  hujan Kalimantan dan Papua. Menurut data  Forest Watch Indonesia (FWI), sebuah lembaga independen pemantau hutan Indonesia, sejumlah 82 hektare luas daratan Indonesia masih tertutup hutan.

Pastinya hal ini membuat #IndonesiaBikinBangga mengingat hutan merupakan salah satu pendukung yang sangat penting bagi keseimbangan alam. Hutan tropis di Indonesia menyimpan banyak  potensi energi mikrobiologi yang sangat diperlukan dunia. Hutan Indonesia sesungguhnya  adalah salah satu hutan yang terbaik yang ada di dunia karena #HutanKitaSultan memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang sudah tidak diragukan lagi keberagamannya dan manfaatnya pun sangat banyak bagi keberlangsungan hidup manusia.

Karena memiliki manfaat yang sangat banyak, sudah sepantasnya kita sebagai mahkluk bumi juga turut membantu menjaga kelestarian hutan kita bukan malah sebaliknya. Saat ini banyak sekali orang-orang yang nggak bertanggung jawab yang dengan sengaja merusak hutan. Padahal jika hutan kita rusak, kita juga yang akan merasakan akibatnya.

Seperti yang terjadi saat ini, bumi sedang mengalami perubahan iklim (climate change) yang dapat mengancam kehidupan di bumi. Perubahan iklim ini terjadi akibat menggunaan bahan bakar fosil dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan bensin, batu bara dan masih banyak lagi. Hasil dari penggunaan bahan bakar fosil adalah karbondioksida yang terlepas di udara sehingga meningkatkan panas bumi.

Akibatnya bumi mengalami cuaca ekstrem yang sulit sekali ditebak. Musim kemarau menjadi lebih lama dari biasanya, suhu udara menjadi lebih panas, gunung es mencair hingga air laut naik dan masih banyak lagi efek perubahan iklim lainnya yang berbahaya bagi kehidupan. Duh..jadinya sedih banget kalau inget keadaan hutan di Indonesia tuh sedang nggak baik-baik saja saat ini.

Ditambah lagi abis dengerin lagu #DengarAlamBernyanyi sambil berharap semoga kedepannya anak cucu kita nanti masih bisa merasakan manfaat dari hutan yang ada di Indonesia. By the way..kalian udah dengerin belum lagu Dengar Alam Bernyanyi ? lagu yang benar-benar bikin kita tersentuh betapa pentingnya alam bagi keberlansungan hidup manusia. Selain itu lewat lagu Dengar Alam Bernyanyi banyak sekali pesan yang ingin disampaikan kepada para pendengarnya. Lagu ini hasil karya trio composer Arya Aditya Ramadhya alia Lale, Ilman Ibrahim dan Anindya Baskoro alias Nino yang di singkat menjadi Laleilmanino.

Melalui lagu ini Laleilmanino ingin menyampaikan pesan kepada para generasi muda untuk selalu menjaga kelestarian alam Indonesia. Selain Laleilmanino ada pula Sheila Dara Aisha, HIVI dan Chicco Jeriko yang turut menyumbangkan suara merdunya di lagu “Dengarkan Alam Bernyayi” . Lagu Dengarkan Alam Bernyayi bukan hanya menyampaikan notasi yang indah tetapi juga memilii makna yang mendalam di setiap liriknya.

Mendengarkan lagu dengarkan Alam Bernyanyi sepeti menjadi titik balik yang menyadarkan kita untuk Kembali peduli terhadap kelestarian alam yang ada di Indonesia. Kalau bukan kita siapa lagi yang peduli terhadap keberlangsungan di negara tercinta kita ini. Jika kita meresapi lebih dalam lirik demi lirik lagu ini, kita seakan mendengarkan alam sedang berbicara , berikut penggalan liriknya :

Bila Kau Jaga aku

Ku Jaga kau kembali

Berhentilah Mengeluh

Ingat Kau Yang Pegang Kendali

 Yaap..kitalah yang pegang kendali terbesar terhadap alam ini. Dengan menjaga kelestarian hutan, tentu hutan akan memberikan fungsinya secara maksimal, diantaranya adalah :

  • Menjaga Iklim

Fungsi hutan yang pertama adalah untuk menjaga iklim di bumi. Dengan menigkatnya aktivitas manusia saat ini, kualitas udara semakin menurun yang ditandai dengan meningkatnya karbondioksida. Pepohonan di hutan dapat menyerap karbondioksida sebagai bahan melakukan fotosintesis. Fotosintesis dapat mengubah CO2 dan air enjadi glukosa dan oksigen O2 dengan bantuan dari cahya ilahhi.

  • Mencegah Intrusi Air Asin

Pernakah kalian mendengar ada berita adanya  penduduk desa yang mengeluh karena air tanah di rumahnya padahal jauh dari pantai. Inilah yang Namanya intrusi air asin.

Hutan bakau sendiri berfungsi agar air laut yang asin tidak masuk ke dalam tanah yang menyebabkan air tawar dalam tanah menjadi asin.

  • Mencegah Bencana Alam

Fungsi hutan selanjutnya yaitu mencegah bencana alam seperti longsor dan banjir. Akar-akar pohon yang kuat dapat menyerap air hujan yang tuun secra terus-menerus. Dengan demikian risiko terjadinya banjir kecil adanya.

  • Melindungi Flora dan Fauna

Jika hutan di Bumi punah maka 80% binatang dan tumbuhan di daratan bumi juga akan punah. Mengingat pentingnya peran binatang dan tumbuhan dalam ekosistem bumi , maka kita semua wajib melestarikan hutan untuk kelangsungan hidup manusia.

  • Sumber Oksigen Bagi Manusia

Memang oksigen tidak hanya dihasilkan dari tumbuhan saja, akan tetapi dengan adanya fungsi tumbuhan yang bisa mengubah CO2 menjadi O2 itu dapat turut serta ,akhluk hidup didalamnya.

Menjaga hutan tentu perlu tindakan nyata oleh semua orang, semua bisa ikut ambil bagian  dalam #TeamUpForImpact untuk melestarikan alam. Banyak hal yang dapat kita akukan dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu. Ini dia beberapa cara seerhana yang dapat kita lakukan dalam rangka melestarikan hutan, yaitu :

  • Menanam pohon

Manfatkan sebaik mungkin ruang terbuka yang ada disekitar kita missal, di rumah, sekolah ataupun tempat lainnya untuk menanam pohon. Jika lahannya terbatas kita bisa menggunakan pot untuk menanamnya.

  • Mencegah Pembalakkan liar dan Alih Fungsi Hutan

Pembalakkan liar akan membuat hutan menjadi rusak. Upaya pencegahanya perlu melibatkan pemerintahan. Alih fungsi hutan yang massif juga menjadi salah satu kendala dalam bagaimana melestarikan hutan.

  • Tebang Tanam dan Tebang Pilih

Maksud tebang tanam dan tebang pilih adalah memilih pohon mana yang harus ditebang , jangan sampai brutal dengan menebang semua pohon yang ada. Dan tebang tanam berarti setelah di tebang maka tanamannya harus ditanam Kembali dan tunas pohon baru harus dirawat sepanjang waktu.

  • Penghijauan dan Reboisasi

Penghijauan dan reboisasi dimaksudkan agar keadaan hutan yang rusak akibat pembalakkan liar atau kebakaran bisa Kembali seperti keadaan semula.

  • Mengurangi penggunaan Kertas

Saat ini banyak sekali alternatif mengurangi penggunaan kertas seperti menggunakan teknologi dengan melibatkan aplikasi penyimpanan dokumen digital yang tersedia secara gratis.

Dengan bekerja sama satu sama lain , hutan Indonesia pasti akan terjaga hingga anak cucu kita nantinya. Bisa dimulai dengan mendengarkan Lagu Dengar Alam Bernyanyi yang tak hanya memiliki kekuatan dari segi kirik tetapi juga aransemen lagunya yang ciamik ditambah dengan visualisasi yang sangat menarik Music melalui video resminya.

Penasaran seperti apa ? nih..saya kasih link vidionya , kalian bisa saksikan dan dengarkan langsung Lagu Dengarkan Alam Bernyanyi. Lagu ini juga dapat di dengarkan langsung di channel Youtube, Spotify, dan Apple Music.

Sambil mendengarkan lagunya yuk kita renungi sejenak, adakah cara lain yang dapat kita lakukan lagi #UntukmuBumiku ? Karena semakin banyak yang mendengarkan lagu Dengar alam Bernyanyi makan akan semakin banyak royalty yang digunakan untuk perlindungan  hutan di Indonesia.

Yuk.. jangan ragu untuk ajak keluarga, teman, saudara untuk mendengarkan Lagu Dengarkan Alam Bernyanyi yaaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger