Categories
Beauty, Diary, Review

Menjadi seorang Ibu tentu dambaan setiap wanita. Setelah menikah pasti yang ditanya selanjutnya adalah udah isi belum? , pastinya sebagian besar pasangan yang baru menikah pernah mengalami hal yang sama. Alhamdulilahnya.. saya termasuk yang selow ketika banyak pertanyaan yang muncul, saya hanya fokus untuk mempersiapkan yang terbaik jika nantinya di beri kepercayaan untuk memiliki momongan.

Ternyata hal yang dinanti tiba, saya dinyatakan positif hamil di usia pernikahan menginjak bulan ke-3. Ternyata menjadi ibu hamil itu banyak banget tantangannya yaa, dari mulai morning sick di semester pertama, keluhan yang mulai muncul di semester ke 3 belum lagi banyak larangan ini itu dari orang tua. Jujur waktu hamil anak pertama, saya minim sekali ilmu hanya berbekal informasi dari teman atau orang tua saja.

Jadi flasback waktu hamil Abang Airlangga dulu, saya bener-bener nggak pakai skincare karena katanya takut ada bahan yang berbahaya bagi calon bayi. Itu baru soal skincare, belum lagi larangan soal makanan lah, kebiasaan-kebiasaan yang ngggak boleh dilakuin dan masih banyak lagi. Alhasil pas hamil tuh kulit saya kusam dan nggak segar bikin males ngaca jadinya.

image create and edit by papibunda with canvapro

Makanya saya bertekad jika hamil anak kedua nanti saya harus cari informasi sebanyak mungkin tentang kebiasaan-kebiasaan yang boleh dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui agar bisa selalu tampil cantik setiap saat. Dengan berkembangan dunia digital saat ini tentu kita mudah sekali mendapatkan informasi yang kita inginkan, tetapi apakah informasi yang kita dapatkan valid atau tidak tentunya kita harus kroscek terlebih dahulu.

Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat & Cantik”

Bak gayung bersambut, disaat sedang mempersiapkan kehamilan kedua saya di undang ke acara Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat & Cantik” dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV yang diadakan di Soehana Hall, The Energy Building SCBD. Pastinya happy banget karena bisa hadir langsung ke sebuah acara yang syarat akan ilmu. Di kesempatan kali ini dr. Tina, SpKK langsung meluncurkan dua buah buku, yaitu :

    • Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik
    • Kulit Terawat Anak Sehat

Dua buku yang diluncurkan dr. Tina, SpKK benar-benar menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang pernah saya alami saat hamil anak pertama. Dan tidak hanya peluncuran buku, di acara kemarin juga ada sesi talkshow dengan menghadirkan narasumber, antara lain :

    • Tina, SpKK (K), FINSDV, FAADV
    • I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA, MARS
    • Caca Tengker, Mom Influencer
    • Jean Girsang , S.Psi ( MC)

Acara dibuka oleh sambutan anak laki-laki dari dr. Tina, SpKK yang bercerita bahwa sejatinya bakat menulis dari sang ibunda sudah ada sejak lama, karena suka membuat kesimpulan pelajaran untuk anak-anaknya dengan sangat detail. Tak hanya samapai di situ, cucu perempuan dr. Tina, SpKK pun turut memberikan persembahan istimewa dengan memainkan piano. dr. Tina, SpKK yang memiliki dan juga praktek di Klinik Sakti Medika yang beralamat di Tebet Barat 1 No.5 Rt 1/ Rw 2 Tebet Barat, Kec. Tebet Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12810 mengatakan di Summary Readingnya bahwa “ Lebih baik kulit itu di rawat sejak bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa daripada diobati “. Saya sangat setuju dengan pernyataan dr. Tina, SpKK tersebut karena jika kulit tidak di rawat tentu akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

image create and edit by papibunda with canvapro

Sebagai seorang dokter Kulit dan Kelamin yang sudah mengabdi selama 26 tahun dr.Tina ingin sekali mengedukasi masyarakat luas lewat kedua bukunya yang berjudul “Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik” dan “Kulit Terawat Anak Sehat”. dr. Tina, SpKK mengatakan bahwa ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin sangat luas sekali dan akan terus berkembang sesuai waktu, namun ditengah masyarakat masih banyak gaya hidup yang kurang tepat serta berkembangnya berbagai mitos yang dibawa secara turun-temurun yang tidak sesuai dengan faktanya sehingga dapat menimbulkan masalah atau gangguan pada kulit dan kelamin.

Oleh karena itu dr. Tina SpKK menuliskan ilmu yang beliau punya dalam sebuah buku, sehingga siapapun dapat membaca, mengakses informasi yang tepat tanpa terbatas ruang dan waktu, dan dapat menjadi tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Dan ini merupakan impian dr.Tina SpKK sejak lama, agar dapat membagikan ilmu bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin.

Proses penulisan kedua buku ini dimulai pada tahun 2020, pada saat pandemi dr.Tina, SpKK memiliki banyak waktu untuk menulis sehingga mulai mengumpulkkan tinjauan pustaka, journal, textbook dan juga tulisan-tulisan beliau sebelumnya. Dan dikarenakan ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin sangat luas dan masalah/gangguan yang timbul berbeda di setiap kelompok usianya, dr. Tina, SpKK berencana mengeluarkan buku serial yang terdiri dari 4 buah buku yaitu buku Ibu Hamil & Menyusui, Bayi & Anak, Remaja dan Dewasa. dr. Tina, SpKK juga dibantu penulis pendamping, tim desian sampul dan tata letak, pengulas desain serta berbagai pihak yang ikut berkontribusi dalam pembuatan buku ini. Dan akhirnya berkat kerjasama berbagai pihak akhirnya 2 buku pertama selesai di tahun 2022 dan diterbitkan oleh PT. Kompas Media Nusantara.

Senengnya lagi para tamu undangan yang hadir langsung diacara tersebut mendapatkan langsung dua buku karya dr. Tina, SpKK. Beneran deh buku ini tuh bener-bener jadi jawaban buat para calon Ibu diluaran sana yang masih bingung tentang mitos atau fakta yang ada untu Ibu Hamil dan Menyusui. Di bukunya dr.Tina SpKK menjelasakan secara rinci dengan gaya Bahasa yang ringan sehingga mudah dimengerti. Tidak hanya itu buat para Ibu baru di buku “Kulit Terawat Anak Sehat” dr.Tina juga membahas tentang bagaimana cara merawat kulit bayi dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan jika terjadi masalah pada kulit bayi. Dan pada bagian akhir buku juga terdapat kamus istilah untuk memudahkan para pembaca memahami bahasa medis.

image create and edit by papibunda with canvapro

Kedua buku dr.Tina SPKK sudah bisa didapatkan dibeberapa jaringan buku di Indonesia Gerai.Kompas.id, www.gramedia.com, Tokopedia, Harian Kompas, Shopee Harian Kompas, Toko Buku Gramedia dan Klinik Utama Sakti Medika. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau dengan berbagai ilmu baru yang kita dapatkan. Untuk buku “ Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik” di bandrol dengan harga 189.000, dan untuk buku “ Kulit Terawat Anak Sehat” dibanderol dengan harga 159.000.

Setelah membaca kedua buku ini, saya menjadi tercerahkan tentang mitos atau fakta yang ada pada ibu hamil & menyusui serta cara merawat kulit bayi yang baik dan benar. So..buat kalian yang masih punya banyak pertanyaan-pertanyaan tentang mitos atau fakta tentang ibu hamil & menyusui kalian langsung aja beli bukunya dr. Tina SpKK. Pastinya dengan membaca buku dr.Tina SpKK kalian bisa menambah pengetahuan agar semakin cantik saat hamil dan menyusui serta padai merawat kulit si kecil sejak bayi.

Semoga Bermanfaat 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger