Categories
Diary, Healthy, Review

Alhamdulilah, beberapa waktu lalu saya dan 49 teman blogger lainnya berkesempatan untuk mengahadiri Blogger dan Vlogger Gathering bersama RS.Premier Bintaro. Tepat pukul 09.00 pagi teman-teman blogger sudah pada berdatangan, sebelum memasuki lobby rumah sakit, kami terlebih dahulu harus mengisi data diri lewat QR yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit.

Setelah itu kami melakukan registrasi dan para peserta di bagi menjadi 5 kelompok untuk melakukan hospital tour , untuk melihat-lihat semua fasilitas yang ada di RS.Premier Bintaro. Kesan pertama yang didapat setelah masuk ke rumah sakit ini tuh mewah, rapih dan tenang. Tidak tercium sama sekali bau rumah sakit, setiap sudut rumah sakit dibuat senyaman mungkin.

Penasaran seperti apa hospital tournya, yukk simak ulasan dibawah ini yaa 😊.

Hospital Tour RS. Premier Bintaro

Sebelum kita memulai healthy talk, para blogger dan vlogger diajak berkeliling RS. Premier Bintaro untuk melihat fasilitas apa saja yang ada di sana. Rumah Sakit Premier Bintaro berdiri sejak  tahun 1998, saat ini fasilitas yang ada di RS. Premier Bintaro merupakan layanan unggulan yang dibangun sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi medis. Rumah Sakit Premier Bintaro menrupakan bagian  dari Ramsay Slime Darby Health Care, salah satu grup rumah sakit swasta terbesar di dunia yang memiliki  lebih dari 200 rumah sakit dan fasilitas di Asia, Australia dan Eropa.

Hospital Tour kali ini kami dipandu oleh Kak Gerald. Pertama kami diperkenalkan oleh DARBY robot pintar yang menjadi icon RS.Premier Bintaro. DARBY dapat membantu para pengunjung menemukan lokasi yang dituju tinggal klik saja menu yang ada di layar DARBY. DARBY merupakan keunggulan yang ada di RS.Premier Bintaro yang tidak dimiliki oleh rumah sakit lain.

Selanjutanya  kami berlanjut ke lantai 2, disana kami mengunjungi Roof Garden. Roof garden dapat dipakai para pasien untuk berjemur atau sekedar berjalan-jalan menghirup udara segar di luar.

RS.Premier Bintaro sendiri memiliki beberapa fasilitas unggulan yang tidak dimiliki rumah sakit lain yaitu :

  • Stroke Center : ruangan khusus yang diperuntukan untuk para penderita stroke, untuk membantu memepercepat proses penyembuhan. Ruangan ini terdiri dari 5 bed dan terintegrasi dengan ruangan rawat inap yang lainnya, jadi pasien jika ingin menuju stroke center tidak perlu lewat luar. Selain itu stroke center ini juga dilengkapi dengan alat-alat yang canggih untuk mempercepat proes penyembuhan pasien.

  • Sport Clinic : sport clinic yang ada di RS.Premier Bintaro dilengkapi dengan fasilitas alat olahraga yang canggih untuk penunjang proses penyembuhan para pasiennya yang cedera akibat aktivitas olahraga. Banyak juga para atlet yang melakukan treatment bersama dokter spesialis olahraga yang ada di RS.Premier Bintaro untuk membantu mereka sembuh dari cedera.

  • Spine Center : merupakan pusat pelayanan khusus masalah tulang belakang. Layanan ini mengatasi semua masalah yang berkaitan dengan tulang belakang secara komprehensif dan terpadu.
  • Vascular Center : vascular center ini menangani khusus masalah yang berhubungan dengan pembuluh darah. Penangananya yang diberikan di klinik adalah skrining, terapi obat, diagnostic, dan terapi bedah juga non bedah melalui Teknik endo vaskuler.
  • Orthopedic Center : spesialis orthopedi yang ada di layanan ini muali dari bedah tulang belakang, bedah penggatin pinggul dan lutut, operasi tangan, operasi tangan dan lainnya.
  • Skin dan Laser Clinic : buat para wanita jangan khawatir di skin & laser clinic kita bisa tampil cantik dan mempesona.

Skin & Laser yang ada di RS.Premier Bintaro sudah memakai teknoloni terbaru yaitu  Fotona Laser , yang memiliki beberepa manfaat yaitu:

  • Peremajaan kulit
  • Mengurangi kerutan wajah
  • Vagina rejuvenation
  • Varises
  • Mengurangi bekas jerawat
  • Memperbaiki kulit kendur

Selain itu kami juga diajak berkeliling ke ruangan Radiologi, untuk melihat MRI 3 tesla yang memiliki keunggulan screening lebih tajam sehingga foto yang dihasilkan lebih detail dan akurat. Ruang tunggu pasien di ruangan Radiologi ini tuh mewah banget loh gak kerasa kalu kita sedang berada di rumah sakit.

RS.premier bintaro sendiri memiliki filosofi “ people Caring for people, yang memberikan komitmet untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik serta berstandart internasional, serta peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Mengenal Fakta, Mitos dan Penanganan Idiopatik Skoliosis

Setelah selesai berkeliling rumah sakit, para blogger dan vlogger berkumpul di ruang Krakatau untuk mengikuti healthy talk bersama dr. Asrafi Rizky Gatam, SpOT(K-Spine). Jujur tema healthy talk kali ini menarik sekali, buat saya yang oram awam tentu belum jelas tentang Skoliosis. Ternyata scoliosis itu sendiri adalah kelainan tulang belakang  dengan keadaan miringnya tulang belakang kea rah samping dan disertai dengan adanya rotasi pada tulang belakang.

Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat tentang Skoliosis, salah satunya tentang jika kita membawa tas ransel dengan beban yang cukup banyak akan menyebabkan scoliosis padahal itu sama sekali gak ada kaitannya loh karena scoliosis itu sendiri masih dikatakan idiopatik atau belum diketahui secara pasti.

Jenis-jenis scoliosis yang harus kita ketahui, adalah :

  • Skoliosis Congenital, kelainan tulang belakang ini terjadi karena janin tidak sepenuhnya mengembangkan vertebra secara sempurna di dalam kandungan. Tipe scoliosis ini umumnya terjadi pada bayi baru lahir.
  • Skoliosis Idiopatik , jenis scoliosis ini umumnya terjadi pada anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Kondisi ini lebih banyak ditemukan pada anak 10-18 tahun.
  • Neuromuscular, scoliosis yang terjadi karena adanya kalainan pada sistem saraf atau otot seseorang yang diakibatkan ketidakselarasan antara otak dan badan.

Beberapa gejala atau ciri-ciri Skoliosis :

  • Bahu Miring
  • Pinggang kiri dan kanan tidak sejajar.

Satu pinggul lebih tinggi dari pinggul lain.

  • Adanya tonjolan tulang belikat pada sisi tubuh
  • Satu kaki memiliki Panjang yang berbeda. Posisi kepala tidak berada tepat ditengah Pundak.
  • Hampir 23% orang yang menderita kelainan tulang belakang jenis idiopatik mengalami nyeri punggung, kesemutan dan mati rasa.

Biasanya pada kasus yang ringan orang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami scoliosis tetapi orang lain dapat melihat gejalanya dari tampilan fisik yang terlihat. Penyakit scoliosis tidak dapat dicegah karena ini berhubngan dengan bawaan lahir masalh genetik tetapi pemeriksaan dini dapat dilakukan pada anak usia 10-12 tahun (perempuan) dan usia 12-13 tahun (laki-laki).

Tentu diagnose yang dilakukan sejak dini dapat dilakukan agar penderita scoliosis segera pendapatkan penangan secara maksimal. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk menghentikan pertambahan kurva scoliosis, menjaga keseimbangan tulang belakang, mengurangi nyeri yang ada dan kosmetik ( melakukan koreksi scoliosis).

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas RS.premier Bintaro memiliki keungulan yang salah satunya yaitu memiliki fasilitas Spine Center yang dapat mengobati kelainan tulang belakang. Fasilitas pelayanan Spine Center meliputi Non operatif/konservatif terapi operatif.

Sekali lagi terima kasihRS.Premier Bintaro atas undangan Blogger dan Vlogger Gathering, semoga ilmu yang saya dapat dapat bermanfaat,aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger