Categories
Diary, Finance

Halo semuanya apa kabar, semoga kabarnya baik-baik saja dan selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaaan dalam menjalani setiap rutinitas harian, kali ini PapiBunda akan ngomongin tentang zakat dan kampung zakat.

Zakat merupakan kewajiban yang perintahkan Allah kepada kaum muslimin. Zakat juga merupakan sebuah ibadah yang tercakup adalam rukun Islam ketiga. Zakat dalam istilahfikih berarti sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah untuk diserahkan kepada orang-orang yang berhak.

Dari segi pelaksanaannya zakat merupakan kewajiban sosial bagi para aghniya’ (hartawan) setelah kekayaannnya memenuhi batas minimal (nishab) dan rentang waktu setahun (haul). Di antara hikmah disyariatkannya zakat adalah untuk mewujudkan pemerataan keadilan dalam ekonomi.

Dalam bidang moral, zakat mengikis habis ketamakan dan keserakahan orang kaya, menyucikan jiwa orang yang menunaikannya dari sifat kikir, menyucikan dan mengembangkan harta bendanya. Pendidikan dalam kewajiban zakat bisa dipetik dari rasa ingin memberi, berinfak dan menyerahkan sebagian harta miliknya sebagai bukti rasa kasih sayang kepada sesama manusia.

Dalam bidang sosial, dengan zakat, sekelompok fakir miskin dapat berperan dalam kehidupannya, malaksanakan kewajibannya kepada Allah, atas uluran zakat dan shadaqah yang diberikan oleh kaum yang mampu. Dengan zakat pula, orang yang tidak mampu merasakan bahwa mereka bagian dari anggota masyarakat, bukan kaum yang disia-siakan dan diremehkan.

Dalam bidang ekonomi, zakat bisa berperan dalam pencegahan terhadap penumpukan kekayaan pada segelintir orang saja dan mewajibkan orang kaya untuk mendistribusikan harta kekayaannnya kepada sekelompok orang fakir dan miskin. Maka, zakat juga berperan sebagai sumber dana yang potensial untuk mengentaskan kemiskinan. Zakat juga bisa berfungsi sebagai modal kerja bagi orang miskin untuk dapat membuka lapangan pekerjaan, sehingga bisa berpenghasilan dan dapat memenuhi kebutuhan sehariharinya.

Bangsa Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Data Kementerian Agama Tahun 2019 menunjukkan penduduk muslim di Indonesia sebanyak 229.711.974 jiwa. Dengan jumlah muslim yang begitu banyak dan besar bangsa Indonesia memiliki potensi ekonomi islam sangat besar.

Dengan potensi ekonomi islam yang begitu besar dengan potensi zakat yang dikandung Indonesia. Potensi zakat di Indonesia sangatlah besar, sehingga pengumpulan zakat secara efektif mampu andil dalam mengentaskan kemiskinan serta  meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Potensi zakat Indonesia masih sangat mungkin untuk ditingkatkan, salah satunya dengan program Kampung Zakat, mengentaskan kemiskinan melalui kampung zakat merupakan program monumental Kementerian Agama yang berupaya untuk memberdayakan mustahik. Kampung Zakat merupakan salah satu program prioritas Dirjen Bimas Islam Kemenag RI.

Pemerintah akan mempercepat pelaksanaan Program Kampung Zakat di 514 kabupaten kota sebagai langkah yang tepat untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. kondisi kemiskinan Ini menjadi tantangan negara yang salah satunya dapat diatasi dengan menyempurnakan tata kelola zakat.

Tujuan program Kampung Zakat adalah Pertama, sebagai dasar kerja sama bagi para pihak dalam rangka meningkatkan koordinasi di tingkat pusat dan daerah untuk Pelaksanaan kampung zakat. Kedua, sebagai negara penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia dengan muzaki dan mustahiknya harus sadar bahwa dimensi keadilan sosial dalam zakat bisa diwujudkan

Daerah-daerah yang dijadikan kampung zakat akan diberi pendampingan selama tiga tahun, agar ekonomi masyarakat dan daerahnya pulih, tumbuh dan berdiri kuat. Daerah ini diproyeksikan untuk membantu umat dan daerah-daerah lainnya.

Manfaat yang diberikan oleh kampung zakat ini dapat dirasakan oleh seluruh umat beragama, bukan hanya umat islam. Tidak sedikit umat beragama lainnya membuka usaha atau jasa bernilai ekonomis disekitar kampung zakat, dan sukses merasakan kesejahteraan dari hadirnya kampung wakaf.

Semoga dengan adanya program Kampung Zakat ini dapat berjalan lancar dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera, dan tak lupa pula ayo kita sama-sama tunaikan zakat kita agar semua menjadi sejahtera dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger