Categories
Event, Review

Sudah 2 tahun pandemi terjadi di Indonesia, hampir semua sektor terdampak pandemi. Yang paling menonjol tentu sektor perekonomian, banyak sekali masyarakat yang menjadi korban PHK. Yang memiliki usahapun banyak yang terpaksa tutup karena terdampak pandemi. Tentu 2 tahun kebelakang menjadi saat-saat tersulit bagi banyak orang.

Saat ini keadaan mulai membaik, perekonomian mulai bergeliat lagi. Para UMKM pun mulai bangkit kembali. Pada saat pandemi masyarakat yang terkena dampak pandemi merasakan bagaimana susahnya mereka untuk bertahan. Alhamdulilahnya di Indonesia banyak sekali pihak yang membatu masyarakat yang terkena dampak pandemi  untuk bangkit kembali, salah satunya adalah Rumah Zakat.

Rumah Zakat adalah sebuah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Beberapa waktu lalu saya berkesempatan hadir di Press Conference yang diadakan oleh Rumah Zakat.

Menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, Rumah Zakat meluncurkan gerakan ” Ramadhan Tahun Ini #SaatnyaBerbagiBersama ” . Tahun ini Rumah Zakat menargetkan dapat membantu dan memberdayakan 1,5 juta penerima manfaat dari Aceh sampai Papua, terutama yang terdampak pandemik covid – 19.

Banyak sekali anak-anak yang jadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat covid 19, para istri yang suaminya meninggal karena covid-19 dan mereka-mereka inilah yang akan menjadi target Rumah Zakat di Ramadhan tahun ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya Rumah Zakat tidak bergerak sendiri, di Ramadhan tahun ini pun Rumah Zakat mengajak para donatur baik perorangan, komunitas dan korporat berkolaborasi untuk mempercepat proses pemberdayaan yang telah dilakukan.

Selama tahun 2021 kemarin, Rumah Zakat bersama donatur dan para mitra memberdayakan 5 juta penerima manfaat. 15% dari penerima manfaat dari program ekonomi Rumah Zakat, para penerima manfaat dapat keluar dari garis kemiskinan dan mengalami peningkatan kesejahteraan. Di sini Rumah Zakat bukan hanya memberikan bantuan melainkan juga membimbing para penerima manfaat agar memiliki kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.

Di tahun ini Rumah Zakat menargetkan 20% penerima manfaat dapat keluar dari garis kemiskinan. Semoga kedepannya yang dulunya para penerima manfaat ini dapat meningkatkan taraf hidupnya.

Dan di bulan Ramadhan tahun ini, Rumah Zakat memiliki beberapa program istimewa yang ditawarkan diantaranya :
• Berbagi Buka Puasa
• Kado Lebaran Yatim
• Bingkisan Lebaran Keluarga
• Syi’ar Qur’an
• Ramadhan Bebas Hutang
• Wakaf Qur’an Braille

Pendistribusiannya akan dilakukan di 1.695 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat di 33 Provinsi.

#SaatnyaTumbuhBersama dengan Kolaborasi

Di saat Press Conference dilakukan juga penandatanganan MoU antar Rumah Zakat dengan para mitranya diantaranya Air Asia Indonesia, Flip, Shipper, CARInih dan MTUA Rekayasa Industri. Kolaborasi yang dilakukan oleh Rumah Zakat dengan beberapa mitranya diharapkan dapat menjadi kerja sama yang memberdayakan dan dapat mempercepat pemulihan ekonomi para penerima manfaat terutama yang terdampak pandemi covid-19.

Selain itu Bapak Nur Effendi  pun berharap kolaborasi bukan hanya memberikan manfaat kepada penerima manfaat tetapi juga dapat memajukan usaha para mitra sehingga tujuan #SaatnyaTumbuhBersama dapat terwujud.

Kemudahan Untuk Berbagi Melalui Inovasi Infak.id dan Waqf.id 2.0

Di Era digital yang semakin pesat, tentunya Rumah Zakat tidak mau ketinggalan untuk memberikan kemudahan bagi para donatur untuk berbagi. Untuk memudahkan para donatur berbagi saat Ramadhan nanti Rumah Zakat meluncurkan  Infak.id dan Waqf.id 2.0

Infak.id merupakan paltform kemudahan berinfak yang sudah ada sejak tahun 2019 dan telah memiliki  lebih dari 200.000 pengguna rutin yang berinfak setiap hari. Sementara Waqf.id diluncurkan awal 2021 sebagai platform donasi wakaf produktif.

Kira-kira apa sih kelebihannya Infak.id ? Salah satu kelebihannya yaitu memiliki desain yang mobile friendly yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui smartfone. Selain itu Rumah Zakat juga akan memberikan laporan keuangan secara berkala kepada donatur mengenai pendistribusian dana Infak dan Wakaf yang terkumpul dimasing-masing platform.

Semoga dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh Infak.id dan Waqf.id menjadikan berbagi sebagai gaya hidup umat muslim saat ini. Yaap.. pastinya denfan adanya Infak.id dan Waqf.id memudahkan kita berbagi hanya dengan 1 klik dimanapun dan kapanpun.

Dan untuk Waqf.id selain untuk tempat untuk orang yang ingin berwakaf juga untuk sarana edukasi kepada masyarakat akan keutamaan wakaf produktif.

Semoga di Ramadhan tahun ini kita semua dapat berlomba-lomba melakukan kebaikan karena kebaikan yang dilakukan di bulan suci Ramadhan pahalanya berlipat ganda.

Jadi tunggu apa lagi, yukk ahh yang mau berbagi gak pake ribet pake aja Infak.id dan Waqf.id kapanpun dan dimanapun kalian dapat terua berbagi ke sesama.

Semoga Bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Search by post
Calender
May 2022
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Part Of

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger