Categories
Event, Review

Hai.. moms nggak kerasa ya sudah mau akhir tahun lagi, yang tandanya anak-anak udah mau liburan sekolah. Udah tentuin destinasi mana yang mau di kunjungi bareng anak-anak dan keluarga moms? Nah.. kalau masih bingung, saya mau kasih rekomendasi tempat wisata baru di Jakarta tepatnya di wilayah Ancol yang menarik karena bukan hanya sekedar liburan kita juga bisa sambal belajar bareng anak-anak. Yapp..namanya @jakartabirdland ada #RuangKeajaiban Ancol , kira-kira ada apalagi disana ? yuk,, simak ulasan saya berikut ini yaa…

Kenal Lebih Dekat Dengan Jakarta Bird Land

Jakarta Bird Land adalah merupakan persembahan terbaru dari Ancol Taman Impian. Memiliki luas kurang lebih 6000 m2 yang terbagi menjadi 6 kawasan yaitu American Macaw area, Indonesian Cockatoo, Hombill Family, Aviary Exhibit, Water Bird dan Free Range Bird.  Jakarta Bird Land adalah rumah dari ratusan ekor burung dari berbagai jenis, ada satu area yang menarik yaitu  Sky Bridge dimana pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dlam area aviary. Taman burung ini di desain semirip mungkin dengan habitat asli para burung-burung penghuninya.

Jakarta Bird Land dibuka unuk umum sejak tanggal 5 November 2022 bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Selain kegiatan Grand Opening,  Ancol Taman Impian mengadakan kegiatan eksplorasi ragam satwa burung yang ada di Jakarta Bird Land. Pada kegiatan ini ancol berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society serta mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dean juga siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol.

Jakarta Bird Land memiliki kurang lebih 300 burung dari 40 species burung. Jenis burung yang ada di Jakarta Bird Land antara lain ada kakak tua jambul kuning, kakktua raja, kakatua aiba, burung macaw,bebek mandarin, rangkong, merak biru dan ada yang paling menarik yaitu Elang Laut dada Putih. Burung-burung ini memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan  Seribu dan berkembang biak di sana.

Selain itu ada juga burung yang merupakan hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol yaitu Jalak Bali. Burung Jalak Bali merupakan burung endemic Indonesia dan salah satu jenis yang teracam punah. Tim Konverasi ancol sendiri telah fokus menjalankan program ini sejak 2021 dan telah menghasilkan anakan yang semuanya kini telah menjadi penghuni di Jakarta Bird Land.

Karena Jakarta Bird land memiliki area yang cukup luas untuk memudahkan para pengunjung, akhirnya di bagi menjadi beberapa area berdasarkan jenis burung yang bisa dikunjungi oleh para  wisatawan, antara lain :

  • Area Makau dan kakatua , sesuai dengan Namanya di area ini terdapat dua jenis burung saja yaitu burung Makau Amerika dan Kakatua Indonesia. Di sini engunjung dapat berinteraksi langsung dengan kedua jenis burung tersebut seperti memberi makan, berfoto dan juga nanti akan mendapat penjelasan seputar pengetahuan tentang burung tersebut.
  • Area Hornbill Family, di area ini juga khusus untuk Hornbill atau Rangkong yang merupakan salah satu burung dengan paruh melengking yang berukuran besar. Di Jakarta Bird Land memiliki burung Rangkong Jantan dan burung Rangkong Betina yang bisa juga diajak berinteraksi langsung oleh pengunjung seperti memberi makan , berfoto dan mendapatkan informasi lebih banyak tentang burung rangkong dari petugas yang berjaga.
  • Area para pemangsa, tidak hanya burung yang jinak saja yang ada di Jakarta Bird Land, burung pemangsa pun juga ada di Jakarta Bird Land seperti Elang, Alap-alap dan Elang Tikus. Penasaran seperti apa meraka?? Cusss ke Jakarta Bird Land hehehe.. Oiya karena burung jenis ini cukup berbahaya jadi pengunjung tidak dapat berinteraksi langsung demi kesela matan. Eitss.. tapi jangan khawatir kita tetap bisa menyaksikan pertunjukkan dari burung-burung tersebut.
  • Area Water Bird ( Burung Perairan ), ternyata tidak hanya di darat ada beberapa burung yang habitatnya di perairan loh, oleh sebab itu di Jakarta Bird land dibuatkan area khusus untuk bebek Mandarin, Angsa Hitam, Pelikan, Pecuk Ular Asia dan Bangau Bluwek. Di area ini para pengunjung juga bisa berinteraksi langsung seperti memberi makan.
  • Kandang Burung, aktivitas ini bisa dilakukan di area kendang burung atau Aviary & Free Range terdapat burung dari berbagai macam spesies. Para pengunjung juga dapat berinteraksi lansung dengan burung-burung yang ada di Aviary selama jam operasional dan untuk area Free Range hanya tersedia di 2 sesi yaitu 09.00-11.00 dan 13.00-14.00
  • Mini Show, Di Jakarta Bird Land kita juga bisa menyaksikkan atraksi burung-burung yang bikin gemes. Ada 4 mini show di Jakarta Bird land setiap harinya dan mengusung konsep fun education. Para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukkan sambal mendengarkan informasi-imformasi tentang vurung tersebut dari Kakak petugas. Berikut jadwal show yang bisa disaksikn di Jakarta Bird Land :
  • Jadwal : 10.00 WIB , area jenis burung Water Bird, American Macaw, berbagai jenis Makau, Pelikan, Bebek Mandarin dll.
  • Jadwal : 13.00 WIB , area jenis burung Rangkong, Kakatua Jambul Kuning, Alba dan Triton.
  • Jadwal 14.30 WIB , area jenis burung Aviary Beo, Betet dan Sun Conure.
  • Jadwal 16.00 WIB , area jenis burung Free Range Crowned Pigeon dan Merak.

Selain ada mini show di berbagai area Jakarta Bird Land juga menghadirkan atraksi di area tribun yang lebih besar. Main show digelar di tribun utama  dengan kapasitas 850 penonton dengan durasi pertunjukkan kurang lebih 22 menit dengan mempertotonkan atralsi dari 5 jenis burung yang berbeda. Saat weekday main show digelar 1 kali sedangkam di weekend main shoe digelar sebanyak 2 kali.

Sedangkan di tribun yang kecil dengan kapasitas 150 orang  di gelar mini show 3 kali dalam sehari saat weekday sedangkan 4 kali sehari saat weekend. Dan durasi mini show ni kurang lebih hanya 10 menit dengan atraksi 1-2 burung saja.

Gimana seru bukan ?? di Jakarta Bird Land kita bisa belajar sambal mengenal aneka jenis burung dan semakin seru karena selain terdapat tim education guide yang akan memberikan penjelasan  mengenai semua jenis burung yang ada ,ada pula #KawanJagaLangit yaitu angkas, Langit, Dirga, Cakra dan Tinggi. Lima karakter dengan keunikkan  masing-masing siap mendampingi dan memeriahkan petualangan semua pengunjung Jakarta Bird Land.

Jakarta Bird Land menawarkan banyak keseruan yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga, banyak juga spot-spoy yang intagramable yang bisa menambah koleksi foto kalian. Pas banget nih buat liburan bareng anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Cuss .. segera kunjungi Jakarta Bird land bersama keluarga tercinta.

#JakartaBirdLand

#HavenOfWonder

#RuangKeajaiban

#KawanJagaLangit

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger