Categories
Cooking, Review

Semenjak menyandang status baru sebagai seorang istri dan seorang Ibu, banyak hal yang perlu dipelajari. Salah satunya adalah soal memasak, awalnya nggak terlalu pusing dengan kegiatan memasak ini karena Alhamdulilahnya suami tipe yang santai banget kalau soal makanan, mau beli pun nggak masalah.

Tapi masalah muncul ketika kami memiliki anak, ketika anak mulai makan tantangan baru dimulai lagi. Saya dituntut lebih kreatif lagi dalam mengolah masakan agar menunya bisa lebih variatif dan anak tidak bosan. Karena kadang  saya sendiri pun bosan karena masaknya itu lagi dan lagi, ternyata memang memasak itu tidak semudah yang dibayangkan ya bun.

Setiap hari harus berfikir mau masa kapa hari ini? Belum lagi proses masaknya yang memakan waktu lama, aargghhh.. banyanginnya aja saya udah malas wkwkwk. Akhirnya saya mulai searching resep di social media untuk menambah referensi dalam memasak. Proses memasak yang memakan waktu, kadang itu yang bikin saya agak malas buat memulai masak. Pengennya tuh masak yang simple, enak tapi menunya bervariasi. Gimana hayoo ???

Ditengah kegalauan tentang urusan memasak, seneng banget hari Sabtu (01 Oktober 2022) kemarin saya dan teman-teman blogger dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) mendapat undangan untuk mengikuti Cooking Class yang merupakan kolaborasi antatra Polytron  Famers Market dan Blibli.com . Acara yang dilaksanakan di Famers Market Grand Wisata Tambun – Bekasi berlangsung sangat seru, dihadirioleh Chef Beatrix yang merupakan jebolan Masterchef Indonesia musim ke 4 dengan masuk posisi 9 besar.

Sebelum acara dimulai, Chef Beatrix terlihat memepersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk cooking class nanti. Oiya,, Chef Beatrix akan memperagakan 2 menu yang akan dimasak menggunakan produk dari Polytron. Dua menu yang dimasak Chef Beatrix yaitu Steamed Fish yang dimasak menggunakan Tiara Pot Pro dan Siomay Bandung yang dimasak menggunakan Rice Cooker Donabe.

Produk Terbaru dari Polytron

Rice Cooker Donabe

Pertama kali lihat Rice Cooker Donabe langsung jatuh hatu karena designnya yang simple tapi mewah. Ditambah warna putihnya membuat Rice Cooker Donabe terlihat makin elegant. Rice Cooker Donabe memiliki teknolohi terbaik DINAHEAT 3D, pemanasan yang lebih merata dari 3 arah dan hasil dari memasak nasi memakai Rice Cooker Donabe akan sepulen nasi jepang. Teknologi DONANEAT 3D ini memaksimalkan kualitas makanan, nasi tetap hangat, tidak berkerak dan enak dikonsumsi hingga 48 Jam.

Rice Cooker Donabe memiliki kapasitas yang besar hingga 2 liter jadi cocok banget nih buat makan sekeluarga dan material yang digunakan di rice Cooker Donabe adalah material ceramic coating yang memiliki lapisan tebal dari panci biasa. Tenang ya bun panic yang ada di Rice Cooker Donabe ini udah food grade ya bun sehingga aman untuk keluarga dan awet dalam penggunaan sehari-hari.

Dan yang bikin jatuh cinta lagi yaitu Rice Cooker Donabe dapat memasak , memanaskan dan mengukus yang bisa dilakukan dengan 1 alat saja, praktisssss banget kan ??? eitss..nggak hanya sampai disini, Rice Cooker Donabe memiliki fitur Defrost System, yaitu  memanaskan sehingga nasi yang dihasilkan matangnya lebih merata, lembut dan pulen.

Tiara Pot Pro

Tiarapot pro  dilengkapi 12 fungsi mode untuk memasak dari mulai Pressure Cooker hingga Slow Cooker. Selain itu Tiarapot Pro memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak. Memasak dengan Tiarapot Pro membuat proses memasak 70% lebih cepat sehingga menghemat waktu dan lebih praktis.

Selain itu Tiarapot Pro juga dilengapi dengan fitur Smart Program, sehingga proses memasak menjadi lebih mudah cukup dengan menekan satu tombol saja kita dapat mengetahui kapan makanan kit siap dengan mudah dan praktis. Desaignnya yang kokoh terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Dilengkapi juga dengan layer display dan lampu LED sehingga proses dan waktu memasak dapat diketahui dengan tampilan dilayarnya. Cukup dengan memilih mode memasak yang diinginkan, masakan ala chef professional dapat dihidangkan untuk keluarga di rumah.

Review Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe

Menu pertama yang dibuat oleh Chef Beatrix adalah Siomay Bandung. Makanan yang digemari banyak orang dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Chef Beatrix menggunakan Rice Cooker Donabe untuk mengukus siomay,kentang,kol dan pare sebagai pelengkap.

Dan benar saja hasil mengukus mengunakan Rice Cooker Donabe sangat baik untuk kentangnya matang merata , begitu juga dengan kol dan pare serta siomanya semua matang dengan sempurna. Berikut resep Siomay Bandung ala Chef Beatrix :

Siomay Bandung

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

  • 175 gram daging ikan tenggiri, dicincang halus
  • 75 gram paha ayam fillet, dicincang halus
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 putih telur
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 100 gram tepung sagu

Bahan saus:

  • 250 gram kacang tanah goreng, diulek kasar
  • 3 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan
  • 8 buah cabai merah keriting, digoreng, dihaluskan
  • 100 gram gula merah sisir
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 350 ml air hangat
  • 2 sendok teh air asam, dari larutan 2 sendok teh asam dan 2 sendok teh air

Bahan pelengkap:

  • 5 buah kentang ukuran kecil, direbus, dikupas
  • 1 buah tahu putih, dipotong 8 bagian segitiga, dikeruk tengahnya
  • 250 gram kol, direbus, digulung
  • 4 buah jeruk limau
  • 3 sendok makan kecap manis

Cara membuat siomay:

  1. Campur daging ikan tenggiri, daging ayam, bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, dan putih telur dan daun bawang. Aduk rata.
  2. Masukkan tepung sagu. Uleni rata
  3. Sisihkan 1/4 adonan. Isi ke dalam tahu. Kukus di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.
  4. Bulatkan sisa adonan dengan sendok. Sendokkan ke dalam kukusan yang sudah diberi alas daun pisang dan dioles tipis minyak. Kukus di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.
  5. Saus kacang, aduk rata kacang tanah, bawang putih, cabai, gula merah, dan garam.Tuang air panas sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan air asam. Aduk rata.

Sajikan siomay bersama saus kacang dan pelengkap.

Steamed Fish

Dan untuk menu kedua Chef Beatrix memasak Steamed Fish yang dikukus mengunakan Tiarapot Pro, salah satu produk terbaiknya dari Polytron. Dan gak perlu memakan waktu lama loh. Cukup satu kali klik masakan bisa matang sempurna, berikut resep steamed fish :

  • Ikan kakap/ Dori/ Tilapia – 1 ekor (500 gram)
  • Air perasan jeruk nipis – 1 sdt
  • 3 sdm Kecap Asin
  • 5 siung Bawang putih, cincang
  • 5 cm Jahe, iris korek api
  • 3 buah Cabai merah besar, potong korek api
  • 1 batang Daun bawang, iris tipis
  • 1 sdm Minyak wijen
  • 2 sdm Saus tiram 
  • 1 sdm Gula pasir
  • 1 sdt Merica – 1/2 sdt

Cara Membuat:

  1. Siangi dan bersihkan ikan kakap. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Taruh ikan dalam wadah atau pinggan tahan panas.
  2. Panaskan panci kukusan. Kukus ikan selama 5 menit saja. Angkat.kukus dengan mnggunakan Tiara Pot Pro.

Hasilnya enak banget, lagi-lagi ikannyatingkat kematangannya pas dan tidak bau amis, saya yang tidak suka ikan tapi bisa suka dengan hasil masakan dari Chef Beatrix ini.

Setelah selesai mencicipi hasil masakan Chef Beatrix , para peserta cooking class di berikan beberapa quiz dan pemilihan pemenang Instagram story. Happy banget bisa hadir di Cooking Class bersama Polytron ini. Bisa tau lebih jauh tentang product Polytron yaitu Rice Cooker Donabe dan Tiara Pot Pro, buat kalian yang masih penasaran dan mau tau lebih lanjut bisa kunjungi websitenya di www.polytron.co.id

10 replies on “Tiara Pot Pro Dan Rice Cooker Donabe dari Polytron Memasak Menjadi Lebih Cepat dan Praktis”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger