Categories
Healthy, Parenting

Halo moms.. apa kabar ?? semoga selalu sehat yaa beserta keluarga di rumah :). Beberapa hari ini agak riweh karena si kecil ngeluh sakit gigi, duh.. orang dewasa aja kalo sakit gigi pasti gak enak banget ya kan. Apalagi ini anak usia 5 tahun, yang pasti menguras pikiran dan tenaga moms.

Maka dari itu kebiasaan merawat gigi sehat harus dilakukan sejak sedini mungkin moms. Meski masih berupa gigi susu, jangan biarkan gigi Si Kecil berlubang ataupun keropos. Merawat gigi susu memang memiliki tantangannya sendiri Moms, karena email pada gigi susu lebih lemah daripada email pada gigi orang dewasa.

Nah..biar gak ada moms lain yang kecolongan anaknya sakit gigi seperti saya, saya sedikit kasih tips agar si kecil terhindar dari sakit gigi. Tujuh tips di bawah ini akan membantu Moms untuk merawat gigi susu Si kecil, yuk simak :

1. Minum Air Putih

Pastikan Si Kecil minum banyak air putih setelah makan. Dengan cukup minum air putih, masalah gigi pun dapat terhindari. Minum air putih itu salah satu cara mengurangi infeksi pada gigi setelah makan. Sedikit tips nih moms biar si kecil semangat minum air putihnya, gunakan botol atau tumbler kesukaan si kecil yang bisa di bawa kemana-mana jadi kapanpun dan dimanapun si kecil mudah jika ingin minum air putih.

2. Merawat Gusi

Rawat kesehatan gigi sejak dini bahkan sebelum gigi susu tumbuh. Moms dapat membersihkan gusi balita. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusinya perlahan-lahan.

3. Rutin Menggosok Gigi

Moms, biasakanlah Si Kecil untuk selalu menyikat gigi mereka setidaknya sebanyak dua kali dalam sehari. Gosoklah gigi setidaknya dalam durasi selama dua menit. Kebiasaan ini bisa dilakukan ketika pagi dalam malam hari sebelum Si Kecil tidur. Biar si kecil mudah untuk diajak menyikat gigi, lakukanlah secara bersama-sama bisa dengan moms atau ayahnya.

4. Gunakan Sikat dan Pasta Gigi

Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras. Selain itu carilah produk sikat dan pasta gigi yang aman buat si kecil ya Moms.

5. Dampingi Si Kecil Menggosok Gigi

Selalu dampingi Si kecil saat menggosok gigi, untuk memastikan apakah ia sudah melakukannya dengan benar atau belum. Sebaiknya, Anda yang menyikatkan giginya, sampai ia bisa bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.

6. Jaga Asupan Makannya

Kita bisa mengenalkan Si Kecil dengan makanan sehat sejak dini agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat. Hindari makanan yang banyak mengandung gula. Jika ingin memberikan makanan manis, berikan secara bertahap. Latih si Kecil mengunyah dengan baik sehingga ia tidak terbiasa mengemut makanan dalam mulutnya.

7. Periksa Gigi Rutin

Anda bisa mulai rutin memeriksakan gigi Si Kecil pada dokter setelah gigi pertama saat ia masih bayi muncul, atau paling lambat saat Si Kecil berusia satu tahun. Risiko Si Kecil untuk mengalami kerusakan gigi akan semakin besar apabila keluarga atau orangtua memiliki riwayat penyakit gigi tertentu.

Bagaimana moms siapa di coba di rumah tips-tips yang ada di atas?? Semoga udah gak ada lagi yaa drama pergigian, kalau kita melakukannya secara terus-menerus pasti akan membuahkan hasil dan gak ada lagi anak-anak yang sakit gigi ya moms.. Selamat mencoba di tumah ..

SeeYOu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger