Cegah Kanker Serviks Sekarang Juga

10 October 2019PapiBunda

Perubahan gaya hidup yang semakin hari semakin instant membuat kita terlena akan kemudahan sehingga melupakan hal yang paling mendasar seperti mengkonsumsi makanan yang sehat serta melakukan olahraga yang teratur, gaya hidup di jaman yang serba digital membuat kita sering mengkonsumsi makanan yang serba “cepat saji” padahal makanan tersebut jika di konsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama akan berdampak buruk pada kesehatan kita dan yang lebih menakutkan lagi adalah bisa memicu penyakit kanker yang telah menanti kita.

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain dan tentunya ini sangat membahayakan serta akan berujung  pada kematian jika tidak ditangani secara cepat dan tepat

Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut.

Penyebab utama kanker adalah perubahan (mutasi) genetik pada sel. Mutasi genetik akan membuat sel menjadi abnormal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal ini. Bila mekanisme tersebut gagal, sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali dan membutuhkan penangan lebih lanjut lagi baik melaui operasi maupun kemoterapi.

Kanker yang ditakuti oleh para wanita adalah kanker serviks yang mengintai wanita dewasa (yang sudah pernah melakukan hubungan seksual). Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Umumnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar.

Serviks adalah bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Salah satu fungsi serviks adalah memproduksi lendir atau mukus. Lendir membantu menyalurkan sperma dari vagina ke rahim saat berhubungan seksual. Selain itu, serviks juga akan menutup saat kehamilan untuk menjaga janin tetap di rahim, dan akan melebar atau membuka saat proses persalinan berlangsung.

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang dirilis WHO pada tahun 2014, lebih dari 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker. Dari jumlah tersebut, 10% terjadi karena kanker serviks. Sedangkan menurut data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya terjadi 15000 kasus kanker serviks setiap tahunnya di Indonesia.

Begitu bahayanya penyakit kanker ini maka cegah kanker serviks sekarang juga dengan melakukan deteksi dini seperti yang di sarankan oleh Dr. Jeevaretanam  seorang consultant obsetetrician dan gynaecologist dari ParkCity Medical Center beliau mengajak dan menghimbau bagi para wanita dewasa yang sudah menikah dan pernah melakukan hubungan sexual untuk memeriksakan diri agar terhindar dari bahaya lanjutan kanker serviks.

Memeriksa kesehatan di ParkCity Medical Center yang berlokasi di Kualalumpur Malaysia ini merupakan rumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan lengkap dan juga bagi pasien yang berasal dari Indonesia sekaligus bisa berwisata, karena ParkCity Medical Center terletak di pusat kota Kualalumpur Malaysia, untuk ruang perawatannya juga disediakan ruangan khusus untuk keluaraga yang sedang mendapingi keluarganya yang sedang melukan pengobatan, sehingga tingkat kesembuhan pasien jadi lebih meningkat berkat dukungan keluarga.

ParkCity Medical Center Malaysia, bisa menjadi alternatif pengobatan setelah kita melakukan pengobatan di Indonesia, karena gunakanlah rumah sakit yang ada di Indonesia terlebih dahulu, agar penanganan terhadap penyakit kanker segera di tangani secepat mungkin, sehingga angka hidup menjadi lebih besar lagi.

Ayo cegah kankers serviks sekarang juga dengan melakukan pola hidup yang sehat, hindari makan makanan yang banyak mengandung radikal bebas dan bahan pengawet, jauhi konsumsi alkohol, merokok serta hindari melukan hubungan sexual sebelum menikah, karena dengan menikahi kita bisa menghindari penyakit kanker serviks. Cek kondisi kesehatan kita secara teratur agar kita bisa mengetahui gejala dini penyakit yang menyerang tubuh kita agar penanganannya bisa jauh lebih cepat. Terakhir adalah lakukan imunisasi / vaksinasi agar tubuh kita bisa melawan serangan penyakit dan bisa tetap sehat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!