Kebahagiaan Si Kecil Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal

31 March 2020PapiBunda

Menjadi orang tua tentu dambaan setiap pasangan yang menikah, karena dengan memiliki anak seakan lengkap kebahagian yang dimiliki. Tetapi ternyata menjadi orang tua bukan hal mudah untuk dijalani. Yaap..itulah mengapa ada yang mengatakan menjadi orang tua itu tidak ada sekolahnya karena dengan menjadi orang tua kita di tuntut terus belajar bagaimana cara mendidik dan membimbing anak dengan baik di setiap perkembangan usianya.

Moms..pernah dengar gak ada yang mengatakan “kalau ibunya bahagia, anak-anak pasti bahagia” . Begitu pentingnya peran orang tua dalam kebahagian seorang anak. Dan ternyata kebahagian yang dirasakan si kecil dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya loh moms :). Tiga Generasi melakukan survey pada lebih dari 1400 orang tua di Indonesia yang tersebar di 10 provinsi sebagai responden dan hasilnya cukup mengejutkan bahwa 93% orang tua belum memprioritaskan kebahagian dalam proses tumbuh kembang si kecil.

Dalam rangka memperingati Hari Kebahagiaan Internasional yang diperingati setiap tanggal 20 Maret , Nestle Lactogrow sebagai produsen susu yang sangat peduli akan pentingnya kebahagian anak untuk tumbuh kembangnya menyelenggarakan Live Talk Nestle Lactogrow Grow Happy, dengan tema “Peran Kebahagiaan Untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil ” dengan para narasumber , antara lain :

• Pramudita Sarastri (Brand Executive Nestle Lactogrow)
• Dr.dr.Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) (Dokter Specialis Anak)
• Ayoe P.Sutomo, M.Psi, Psikolog, CGA (Psikolog Tiga Generasi)
• Sandra Dewi (Celebrity Mom)

Tahukah moms, kalau sumber kebahagian si kecil adalah orang tua?? Dengan kehadiran, dukungan serta kualitas hubungan orang tua terbukti secara ilmiah menjadi faktor paling mendasar dalam kebahagiaan anak. Pskikolog Ayoe mengatakan bahwa mengasuh dengan konsep mendidik anak dengan bahagia dapat dilakukan oleh setiap orang tua.

Anak yang bahagia dapat terlihat dengan ciri-ciri sebagai berikut :

• Mengeluarkan ekspresi dengan gestur yang positif
• Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
• Pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya
• Dapat mengungkapkan perasaannya
• Memiliki banyak teman
• Aktif dan bersemangat

Anak yang tidak bahagia akan menyebabkan sering murung, motivasi belajar dan bermainnya menurun, depresi ,akan timbul juga masalah emosi dan perilaku .

Tentu sebagai orang tua kita akan mengutamakan kebahagian anak, banyak hal yang bisa orang tua lakukan untuk mendukung si kecil agar tumbuh bahagia, antara lain :
• Membangun interaksi positif dan berkualitas
• Melatih pengendalian emosi anak
• Melatih kebiasaan bersyukur dan berbuat baik
• Membuat rutinitas dan aturan bersama
• Memberikan asupan nutrisi yang baik
Selain itu membiasakan memeluk dan mencium anak juga dapat membuat anak merasa bahagia.

Sebagai Brand Ambasador Nestle Lactogrow Sandra Dewi juga berbagi cerita bagaimana kebahagiaan menjadi hal utama untuk anak-anaknya di rumah. Sebagai seorang publik figur di tengah-tengah kesibukannya Sandra Dewi selalu menyempatkan untuk menemani anak-anaknya bermain.

Selain memastikan anak-anaknya tumbuh dengan bahagia, yang tidak kalah penting adalah Sandra Dewi harus memastikan anak-anaknya tumbuh dengan sehat. Sempat memiliki pengalaman tidak enak saat anak pertamanya mengalami kontipasi, Sandra Dewi sangat konsen sekali dalam permasalahan pencernaan.

Oleh sebab itu Sandra memilih Lactogrow sebagai susu pertumbuhan yang di konsumsi anaknya karena memiliki kandungan probiotik yang dapat membantu saluran cerna si kecil agar tetap sehat.

Jika secara psikis anak sudah merasa bahagia, pemberian nutrisi yang baik akan sangat mudah dilakukan oleh sang Ibu. Dr. Ariani mengatakan bahwa faktor kesehatan juga memiliki peranan penting dalam mendukung si kecil tumbuh bahagia, terutama kesehata saluran cerna.

Karena saluran cerna yang sehat dapat menyerap nutrisi lebih baik serta mendukung daya tahan tubuh si kecil agar tidak gampang sakit. 80% sistem imun terdapat di saluran cerna sehingga jika saluran cerna sehat, daya tahan tubuhpun akan semakin kuat. Pencernaan yang sehat akan memberikan sinyal positif ke otak melalui sistem saraf sehingga mempengaruhi perkembangan otak dan emosi yang baik.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan saluran cerna adalah dengan menjaga keseimbangan mikrobiota yang ada di dalamnya dengan memberikan asupan probiotik yang baik untuk pencernaan yaitu Lactobasillus Reuteri. Lactobasillus Reutri aman dan teruji secara klinis bermanfaat bagi pencernaan.

Oleh karena itu pemberian probiotik menjadi sangat penting untuk dilakukan, pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi sepeti tempe dan yogurt.

Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow mengatakan bahwa Nestle Lactogrow turut mendukung tumbuh kembang anak Indonesia dengan menghadirkan susu yang diperkaya kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, 7 mineral dan omega 3 dan 6 serta mengandung Lactobasillus Reuteri.

Nestle Lactogrow terus menjalankan kampanye GROW HAPPY sejak 2017 sebagai bentuk komitmen Nestle Lactogrow untuk bersama-sama para orang tua mendukung anak tumbuh bahagia dalam proses tumbuh kembangnya. Selain itu ada juga program Grow Happy Club yang menyediakan ragam informasi tumbuh kembang anak untu para orang tua dan berbagai program menarik lainnya.

Selamat Hari Kebahagian Internasional, semoga kita para orang tua dapat memberikan kebahagiaan buat si kecil sehingga si kecil dapat tumbuh dengan optimal di masa keemasannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!