Categories
Healthy, Pregnancy

Pada hamil 9 bulan, janin Anda memiliki ukuran seperti semangka kecil, paru-parunya pun telah berkembang secara sempurna. Bayi Anda sudah siap untuk dilahirkan pada usia kehamilan ini. Namun, hanya sekitar 5 persen bayi yang lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Maka Anda sebaiknya tetap tenang jika bayi tidak kunjung lahir atau lahir lebih cepat dari tanggal perkiraan.

Pada masa hamil 9 bulan ini, perkembangan bayi telah sempurna. Anda perlu mempersiapkan diri dan bersiaga agar dapat segera ke rumah sakit untuk bersalin jika kontraksi terasa makin kuat dan teratur.

Bagaimana Pertumbuhan Janin?

Pada minggu ke-37, berat badan bayi Anda menjadi sekitar 2,8 kilogram dengan panjang 48 cm. Persalinan pada masa hamil 9 bulan ini dianggap telah cukup bulan karena perkembangan bayi telah sempurna.

Berikut adalah perkembangan Si Kecil di perut Anda, yaitu:

Hamil minggu 37

  • Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, maka pada usia ini umumnya kepala bayi berada di rongga panggul dan disangga oleh tulang panggul. Namun jika ini adalah kehamilan kedua dan seterusnya, maka kemungkinan kepala bayi belum turun sampai tiba waktunya untuk melahirkan.
  • Kebanyakan kepala bayi pada usia ini sudah penuh dengan rambut sepanjang kurang lebih 2,5 cm. Namun ada juga yang tidak memiliki rambut sedikitpun.
  • Sebagian besar lanugo atau rambut halus yang menyelubungi bayi telah hilang, ditelan dan disimpan bayi dalam ususnya. Nantinya bahan ini akan dikeluarkan melalui kotoran pertamanya yang disebut mekonium.

Hamil minggu 38

  • Berat badan bayi akan terus bertambah untuk mengatur suhu tubuhnya setelah lahir nanti.
  • Seluruh organ tubuhnya telah sempurna dan berada di tempat yang seharusnya.

Hamil minggu 39

  • Bayi Anda dapat lahir kapan saja di minggu ini dengan perkiraan berat badan sekitar 3,3 kg dengan panjang badan sekitar 50 cm.
  • Lapisan vernix caseosa yang melindungi kulit bayi telah meluruh sehingga membuat cairan ketuban yang tadinya jernih menjadi keruh.
  • Lapisan kulit luarnya mengelupas, ketika membentuk kulit baru di lapisan bawahnya.
  • Paru-parunya menghasilkan lebih banyak surfaktan, yakni zat yang membuat kantung udara mungilnya terbuka dan siap untuk menarik napas pertama saat ia dilahirkan.

Hamil minggu 40

  • Pada minggu ini, sebagian besar janin telah lahir. Namun jika belum, tidak masalah selama tidak ada gangguan pada kandungan Anda.
  • Janin Anda telah menguasai semua kemampuan yang dia butuhkan untuk bertahan hidup di luar rahim ibu. Dia sering mengisap jempolnya, sama seperti nantinya dia akan mencari puting susu ibu untuk menyusu.

Pada trimester terakhir ini, berat badan Anda mungkin hanya sedikit bertambah. Cairan ketuban akan makin berkurang sejak kehamilan minggu ke-37. Kontraksi palsu mungkin juga akan makin sering terasa. Tubuh akan mempersiapkan persalinan dengan leher rahim yang mulai merenggang dengan melepaskan lendir. Selama kehamilan, lendir ini menutupi jalan lahir untuk mencegah bakteri masuk. Keluarnya lendir ini menjadi pertanda bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Minggu ke-37 adalah masa terakhir kelas senam kehamilan Anda dan minggu terakhir persiapan persalinan. Jangan lupa untuk menyiapkan segala keperluan persalinan. Saat pulang dari rumah sakit, pastikan rumah Anda telah siap untuk menyambut kehadiran bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Search by post
Calender
May 2022
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Part Of

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger