Categories
Healthy

Kita sering mendengar kutipan bahwa “sehat itu mahal harganya”, oleh karena itu mencegah lebih baik daripada mengobati. Siapa sih yang mau sakit ?? pasti semua orang ingin sehat wal’afiat karena sakit itu gak enak dan harganya pasti jauh lebih mahal.

Saat ini banyak sekali penyakit – penyakit yang berkembang sangat pesat, salah satu penyababnya adalah karena pola hidup kita yang tidak sehat dan minimnya pengetahuan kita tentang penyakit tersebut.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang para wanita adalah Kanker Serviks, masih banyak sekali wanita di Indonesia yang belum aware tentang Kanker Serviks. Yuk..kita belajar bareng tentang Kanker Serviks ?

Apa itu Kanker Serviks ?

Pasti kita sudah sering mendengar tentang Kanker Serviks, tapi masih saja ada sebagian orang yang belum paham betul apa itu Kanker Serviks.

Kanker Serviks adalah kanker yang sering terjadi di daerah serviks (leher rahim) yaitu bagiab bawah rahin yang menghubungkan rahim dan vagina. Karena fungsi, lokasi dan sifat selnya, servijs rentan terhadap infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Human Papilloma Virus (HPV) adalah sekelompok virus yang dapat menyebabkan Kanker Serviks, Kanker Vulva dan Vagina, Kanker Anus, Kanker Penis, Kanker Mulut dan Tenggorokan, Kutik Kelamin, dan penyakit terkait HPV lainnya.

Dari lebih 100 tipe HPV, ada 4 tipe yang paling sering menyebabkan penyakit adalah tipe 16 dan 18 penyebab kanker serviks dan kanker lain terkait HPV, serta tipe 6 dan 11 penyebab kutil kelamin.

Siapapun berwsiko terinfeksi HPV, karena HPV adalahvirus yang mudah menular. Cukup sekali kontak untuk terinfeksi HPV. Penularan HPV dapat terjadi melalui rute seksual dan non seksual (jari/kontak kulit ke kulit, alat medis, ataupun dari ibu ke bayi baru lahir).

Menurut survey yang ada 8 dari 10 orang pria dan wanita diperkirakan terinveksi HPV selama hidup mereka.

Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato Melakukan Vaksinasi HPV

Pemberian vaksinansi HPV inu juga merupakan inisiatif Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) dalam merespon kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan. Masih dalam rangka rangkaian kegiatan #IAmTrulyWoman yang diluncurkan 8 Maret lalu, pemberian vaksinasi terhadap Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato adalah upaya KICKS dalam mengajak masyarakat Indonesia, khususnya perempuan untuk tergerak dan segera melindungi diri mereka dari kanker serviks dengan vaksinasi HPV.

dr. Venita Eng, Msc, perwakilan dari YKI DKI dan juga pendukung KICKS mengatakan , ” Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang dapat dicegah, yaitu dengan melakukan vaksinasi HPV. Dengan menunjukkan secara langsung pemberian vaksinasi HPV ini kepada kedua tokoh yang di kenal baik di masyarakat ini, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak perempuan Indonesia untuk tersadar akan pentingnya melakukan tindakan nyata dengan segera melakukan pencegahan vaksinasi HPV dan deteksi dini”.

Vaksinasi HPV sudah bisa dilakukan sejak anak usia 9 tahun. Oleh karena itu diharapkan wanita Indonesia lebih aware lagi tentang kanker serviks ini dengan melakukan vaksinasi sedini mungkin.

Dalam kesempatan ini Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato bersama-sama mengambil langkah untuk melakukan vaksinasi HPV bersama KICKS dapat menggerakan para perempuan lainnya untuk segera melakukan vaksinasi HPV dan melindungi diri dari bahaya kanker serviks, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Yukk..kita lebih aware lagi dengan kesehatan diri kita, melakukan vaksinasi HPV sedini mungkin untuk mencegah kanker serviks.

30 replies on “Mengenal Kanker Serviks Lebih Dekat”

PapiBundasays:

sama-sama mba..semoga nanti ada kesempatan ya menghadiri acara yang membahas tentang kanker 🙂

PapiBundasays:

Betul mas..masih banyak wanita yang kurang aware sama kesehatan organ intimnya kadang malah menganggap sepele

PapiBundasays:

Iya mak memang lumayan harganya, semoga nanti ada rezeki buat vaksin ya mak sama anak-anak..aamiin

PapiBundasays:

Bener mba, padahal ini satu-satunya kanker yang bisa di cegah. Aku juga mundur maju nih mau papsmear hihii takut juga

PapiBundasays:

Bener mba, karena cuma kanker serviks yang bisa dicegah sedini mungkin dengan vaksinasi. semoga harga vaksinnya nanti bisa terjangkau buat semua kalangan ya mba

PapiBundasays:

Sama-sama mba, semoga semakin banyak orang yang aware bisa mengurangi jumlah penderita kanker serviks

Innova Carolinasays:

Setuju vaksin HPV ini penting banget, reminder juga buat generasi muda supaya sex life itu nggak sembarangan karena nggak tau apa yang menanti di depan

Untuk vaksin ini bagi anak2 usia sekolah digratisin dari pemerintah nggak siy Mba..? Nah, kalau sudah divaksin untuk kita yang sudah menikah itu cukup sekali aja, atau berapa kali Mba baiknya?

Masih terbayang cerita hati Julia Perez, salah seorang aktris yang meninggal karena penyakit kanker serviks ini. Semoga tidak dialami lagi oleh yang lain dengan segera memeriksakan diri supaya kalau terkena bisa segera sejak dini diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger