Pentingnya Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Seimbang Untuk Indonesia Sehat

23 April 2019PapiBunda

Haaaiiii moms… apa kabar? semoga selalu sehat dan bahagia yaa… aamiin :). Moms..siapa di sini yang anaknya sudah di imunisasi lengkap? Imunisasi lengkap ya moms bukan imunisasi dasar?? Nah..pasti moms langsung flash back kira-kira si kaka imunisasinya udah lengkap apa belum yaaa..

Ternyata ya moms, imunisasi itu penting banget loh karena imunisasi telah menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit menular yang mematikan di dunia. Masih ada lebih dari 19 juta anak di dunia yang tidak divaksinasi atau vaksinasinya kurang tidak lengkap, yang membuat mereka sangat beresiko untuk menderita penyakit-penyakit yang berpotensi mematikan.

Sedih banget ya moms, pasti setiap orang tua menginginkan yang terbaik buat anakya. Apapun akan dilakukan untuk buah hati tercinta. Nah.. agar tumbuh kembang si kecil optimal moms, kita harus memenuhi salah satu hak si kecil yaitu pemberian imunisasi dan juga pemenuhan nutrisi yang seimbang.

Dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia, yang jatuh pada tanggal 24-30 April . Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bersama PT Nestle Indonesia mengadakan bincang – bincang santai dengan tema ” Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Tepat Untuk Mendukung Indonesia Sehat “, dihadiri oleh para pembicara :

  • Prof. DR. Dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), Satuan Tugas Imunisasi IDAI
  • Dr. Yoga Devaera, Sp.A(K), Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI
  • Dr. Dr. Ray Basrowi, MKK, Head of Medical & Nutrition Service Departement, Nestle Indonesia

Kenapa Sih Imunisasi Itu Penting ?

Karena pemberian imunisaasi rutin lengkap yang disertai dengan pemenuhan nutrisi yang tepat bersama-sama dapat mencegah penyakit dan mendukung tumbuh kembang yang optimal. Perlindungan yang bersifat spesifik terhadap penyakit-penyakit berbahaya hanya didapatkan melalu imunisasi, kerana pemberian imunisasi dapat merangsang kekebalan spesifik yang efektif mencegah penyakit berat.

Seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), MSi, ” Imunisasi berperan penting untuk melindungi bayi dan anak  dari berbagai penyakit karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak agar mampu melawan penyakit-penyakit menular yang berbahaya. Anak yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap berpotensi tidak memiliki kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit sehingga dapat menyebabkan sakit berat, cacat bahkan meninggal”.

Meskipun sudah di ketahui bahwa imunisasi itu sangat penting dan banyak manfaatnya tetapi masih ada saja beberapa orang tua di Indonesia yang menolak anaknya untuk diimunusasi. Hal ini bisa jadi  dikarenkan ketidaktahuan para orang tua tentang bahaya penyakit itu sendiri dan manfaat serta jadwal imunisasi yang disediakan atau banyak juga para orang tua yang terpengaruh oleh berita HOAX anti imunisasi yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sebenarnya imunisasi itu di pantau o;eh para ahli-ahli semua negara jadi dapat dipastikan bahwa imunisasi tersebut aman.

Jenis-jenis Vaksin

  • Vaksin Toksoid , beberapa penyakit disebabkan karena taksin atau senyawa racun dari bakteri. Sehingga pada vaksin jenis ini digunakan  taksin yang diolah supaya tidak berbahaya untuk mencegah penyakit. Misalnya difteri dan tetanus.
  • Vaksin hidup yang dilemahkan , vaksin yang mengandung mikroba hidup yang telah dilemahkan dan tidak menyebabkan penyakit. Misalnya vaksin campak, gondongan dan cacar air.
  • Vaksin Inaktif , vaksin yang mengandung miktoba hidup yang telah dibunuh. lebih aman dari vaksin hidup yang dilemahkan tapi stimulasi sistem imun lebih lemah dan kadang membutuhkan booster shots. Misalnya hepatitis dan rabies.

Buat bayi yang berusia dibawah 1 tahun, pemerintah sudah menyediakan dan mendanai imunisasi yang wajib di ikuti antara lain :

  1. Hepatitis B
  2. Polio
  3. BCG
  4. MR – Campak dan Rubella
  5. Pentavalen – DPT, HB , HiB

Ingat ya moms, jika anak kita sudah mendapatkan imunisasi lengkap di usia 1 tahun imunisasi lanjutan harus tetap diberikan hingga anak usia remaja agra kekbalan tubuh tetap tinggi hingga anak usia remaja/ dewasa. Kekebalan untuk melawan penyakit berbahaya dapat di cegah dengan Imunisasi.

Nah..moms ternyata pemberian imunisasi juga harus dibarengi dengan pemberian asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk bersama-sama dapt mencegah dan mendukung tumbuh kembang anak. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Yoga Devaera, Sp.A(K) , ” Pemberian imunisasi yang lengkap harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Anak yang kekurangan nutrisi berpotensi mengalami penurunan kemampuan kognitif dan rentan terinfeksi penyakit menular”.

Setelah usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi bayi baik makronutrien maupun mikronutrien tidak cukup terpenuhi hanya oleh ASI. rekomendasi WHO adalah memberikan MPASI yang adekuat atau memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikronutrien yang tidak tercukupi dari ASI. Salah satu masalh zat gizi yang dialami bayi adalah defisiensi zat besi. zat besi mempunyai peranan penting dalam perkembangan otak dan sistem imunitas. Salah satu strategi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi adalah mengkombinasikan MPASI rumahan dengan MPASI Fortifikasi.

CERELAC , MPASI Fortifikasi Untuk  Nutrisi Lengkap

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Dr Ray Basrowi, MKK bahwa anak yang mendapatkan imunisasi lengkap dan tepat pada usianya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Disarankan agar orang tua untuk selalu memberikan makanan sesuai usia dan kebutuhan anak, dan dapat memberikan MPASI fortifikasi untuk memenuhi kebetuhan nutrisi anak.

Melihat banyaknya anak Indonesia dengan asupan nutrisi di bawah angka kecukupan, menjadi latar belakang hadirnya CERELAC sebagai sumber MPASI yang berkualitas tinggi. Karena jika status nutrisi kurang baik maka akan berpotensi mengganggu respon vaksinasi.

CERELAC terbuat dari bahan baku yang baik dan berkulitas tinggi, memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan kualitasnya terjamin tidak mengandung bahan pengawet. Selain itu CERELAC juga dilengkapi dengan pribiotik Bifidobacterium Lactis yang dapat mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi saluran cerna.

Nah moms selain memberikan MPASI homemade, moms juga bisa memberikan CERELAC sebagai MPASI pendamping  karena CERELAC  sudah terjamin kualitasnya unutk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. CERELAC juga hadir dengan berbagai rasa yang dapat dipilih sesuai kebutuhan anak.

Semua Negara di dunia melakukan imunisasi rutin karena terbukti penting, aman dan bermanfaat.

Yuk moms lengkapi imunisasi anak agar tehindar dari berbagai penyakit. kalau ada yang terlewat segera lengkapi yang moms agar anak kita dapat tumbuh optimal dan menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas. Aamiin..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: