Pentingnya Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

4 June 2021PapiBunda

Halo moms..gimana kabarnya? semoga selalu sehat bersama keluarga di rumah ya. Di tulisan kali ini saya akan sharing sedikt tentang menstruasi, nah siapa nih mos yang masih inget momen pertama kali saat menstruasi? pasti ada yang panik atau bingung? Jujur kalau saya waktu pertama kali menstruasi agak seloe karena sebelumnya sudah dikasih tahu oleh Ibu tentang menstruasi ini. Buat moms yang memiliki anak perempuan penting banget loh mengedukasi anak perempuan kita tentang mestruasi yang akan terjadi pada setiap wanita. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengedukasi anak perempuan kita agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kita saat menstruasi.

Beberapa waktu lalu, saya sempat mengikuti wabinar “Sehat dan Bersih saat Menstruasi” dalam rangka mmemperingati Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh pada tangga 28 Mei. Tujuannya diadakannya acara ini untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersian daaerah intim.

Salah satu pembicara yang hadir yaitui Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp. OG(K) MPH (anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) menjelaskan bahwa umumnya senua perempuan mengalami menstruasi, yang menandai bahwa matangnta organ reproduksi. Manajermen kebersihan menstruasi sangat penting untuk dilakukan karena kalau area kewanitaannya tidak dibersihkan akan menyebabkan tumbuhnya jamur yang membuat gatal, keputihan, iritasi vagina hingga kanker.

Nih..saya kasih tips gimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi :

  • Bersihkan vagina dengan air mengalir yang bersih dari vagina ke anus
  • Ganti pembalut tiao 4 jam sehari agar tidak terkena bakteri
  • Pembalut yang penuh darah dan harus dicuci hingga bersih baru dibuang di tempat sampah
  • Rajin mandi saat menstruasi minimal 2 kali sehari
  • Gunakan cairan vagina yang memiliki pH normal vagina

Narasumber selanjutnya ada mada Shinta Dewi, Country Manager  PT. Mundipharma memaparkan bahwa sejak tahun 2017 PT Mundipharma telah bekerja sama dengan germas mengenai edukasi pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan pada saat menstruasi. Kesadaran MKM di masyarakat masih sangat rendah sekali, hanya 5 dari 10 remaja putri yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menstruasi. perlu kerjasama semua pihak untuk menyebarkan informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan pada saat menstruasi.

Terakhir ada Anna Surti ariani, Ketua Psikologi yang menjelaskan tentang peran ibu bicara menstruasi. ada banyak sekali ibu yang mengalami kesulitan dalam hal berbicara tentang menstruasi kepada anak perempuannya. salah satu alasannya yaitu karena tabu dan si Ibu bingung mau mulai dari mana dan lain sebagainya . Sedangkan manurut survey  anak  remaja ingin sekali mendapatkan informasi tentang menstruasi dari Ibunya. Nah buat moms yang memiliki putri remaja, saya ada beberapa tips tentang cara bicara menstruasi, diantaranya adalah :

  • Ibu adalah yang paling diharapkan , anak perempuan lebih seneng mengetahui informasi dari ibunya
  • Bicara menstruasi tidak tabu, tema menstruasi bukanlah tema yang dilarang, sehingga harus diketahui anak
  • Lakukan pembicaraan ini berulang kali sejak ada tanda awal pubertas
  • banyak bertanya dan diskusi dengan anak agar anak juga bersikap terbuka
  • Jelaskan secara konkrit, gunakan kalimat yang mudah dan bergambar
  • Jelaskan juga kepada anak laki-laki, agar kelak dapat memahami istrinya saat menstruasi                                                                                                                                                                                                                                              Untuk pemilihan cairan pembersih vagina ini, moms dapat menggunakan Betadine Feminime Hygiene yang mengandung Povidone Iodine 10% dengan pH normal vagina. Produk ini aman digunakan setiap hari. tersedia juga  Betadine Feminisme Wash untuk penggunaan sehari-hari. Bisa di beli di official store betadine Shopee dan Tokopedia.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Gimana moms..sekarang sudah siap kan buat berbicara tentang menstruasi ke anak tersayang di rumah? Yuk..semangat!!!

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!