Berbagai Jenis Jamu Tradisional Dan Manfaatnya

Jamu Tradisional Dan Manfaatnya

Dari kecil saya sudah terbiasa dengan yang namanya jamu, karena emak setiap hari emak memiliki tukang jamu langganan yang setiap ari lewat depan rumah. Biasanya aku selalu dipesenin jamu beras kencur dan nggak lupa air jahenya sebagai penutup minum jamu dan inilah yang selalu dinanti.

Beranjak besar dari jamu beras kencur naik tingkat ke jamu kunyit asam. Kalau kata emak jamu kunyit asam bagus untuk anak perempuan apalagi kalau pas datang bulan. Entah itu mitos atau fakta, tapi dulu mah nurut aja biar nggak diomelin hehe..

Jamu Tradisional Dan Manfaatnyasumber gambar canvapro papibunda

Jamu kunyit asam berhasil dilewati, akhirnya naik lagi ke jamu yang lebih pahit lagi. Kalau dulu emak bilangnya โ€œjamu campurโ€ isinya tuh ada beras kencur, kunyit asam, ada daun pepaya, rasanya tuh jangan ditanya pahit campur sepet jadi satu.

Lagi-lagi tetap harus diminum karena emak selalu bilang kalau perempuan tuh harus suka pahit ๐Ÿ™‚ . Pengalaman minum jamu yang tidak terlupakan juga pas minum jamu pasca lahirkan, karena rasanya juga yang uwow banget. Hingga saat ini pun, saya masih mengkonsumsi jamu gendong langganan yang lewat depan rumah.

Berbagai Jenis Jamu Tradisional

Masyarakat Indonesia tentu sudah nggak asing lagi dengan jamu tradisional. Sejak zaman dahulu, masyarakat Indonesia sudah mengkonsumsi jamu yang berasal dari rempah-rempah. Hingga saat ini pun jamu masih eksis dikonsumsi untuk menjaga kesehatan maupun mengubati beberapa Kondisi medis. Seperti halnya dengan obat medis, mengkonsumsi jamu juga harus disesuaikan dengan Kondisi medis yang sedang dialami.

Berbagai jenis jamu tradisional mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain banyak manfaatnya, harga jamu yang relatif terjangkau membuat banyak orang masih mengkonsumsi jamu tradisional hingga saat ini. Yuk..kita kenalan lebih jauh berbagai jenis jamu tradisional dan manfaatnya :

  • Kunyit Asam

Para perempuan indonesia pasti nggak asing lagi sama jamu kunyit asam, salah satu jamu yang telah lama dikenal sebagai pengobatan herba untuk nyeri haid. Jamu kunyit asam memiliki kandungan curcumin yang mampu mengurangi produksi senyawa prostaglandin yang menyebabkan nyeri, termasuk nyeri haid. Selain itu, senyawa-senyawa ย dalam jamu ini juga bermanfaat untuk meredakan derma, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Kalau ditempat kalian tidak ada tukang jamu yang lewat, kalian bisa lho bikin kunyit asam sendiri di rumah. Tenang.. caranya gampang ko, kalian tinggal merebus sari kunyit dengan air asam jawa dan gula merah. Setelah matang, diamkan hingga cukup dingin untuk dikonsumsi.

  • Beras Kencur

Salah satu jamu favoritnya anak-anak yaitu beras kencur. Rasanya yang tidak pahit, membuat beras kencur menjadi primadona dikalangan anak-anak. Selain itu salah satu manfaat dari jamu beras kencur adalah dapat meningkatkan nafsu makan anak. Itulah kenapa ibu-ibu suka banget suruh anaknya minum jamu beras kencur hehe. Jamu beras kencur juga bisa mengontrol gula darah, mengatasi diare, mengatasi batuk berdahak, hingga membantu pemulihan ibu pasca melahirkan. wah..banyak juga ya manfaatnya :).

Jamu Tradisional Dan Manfaatnyasumber gambar canvapro papibunda

  • Temulawak

Mengkonsumsi jamu temulawak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah pelek. Selain itu, temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan lho, anak-anak yang susah makan pasti suka diberi jamu temulawak sama mamanya.

Temulawak juga mengandung 40 bahan aktif yang bersifat antioksidan, antibakteria, serta antiradang.Temulawak juga terbukti ampuh dalam mengatasi bebagai penyakit, seperti penyakit lambung, sembelit, serta radang sendi.

  • Brotowali

Jenis jamu yang satu in terkenal dengan rasanya yang pahit, meskipun begitu jamu brotowali memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Jamu brotowali kaya akan senyawa yang bersifat antioksidan. Mengkonsumsi jamu yang satu ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jamu tradisional ini juga bermanfaat sebagai pengobatan diabetes, radang send dan penyakit kuning.

Berbagai jenis jamu tradisional yang ada di Indonesia bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan kita yaa. Melihat banyaknya manfaat jamu, rasanya sulit untuk mengabaikan ramuan ini. selain harganya yang murah, pengolahannya pun melalui proses yang tapa kontaminasi bahan-bahan kimiawi tambahan.

Jamu bisa menjadi pilihan minuman rutin masyarakat Indonesia, melihat sejarahnya yang panjang dan banyaknya khasiat yang diberikan, masyarakat Indonesia harus bisa melestarikan keberadaan ramuan-ramuan jamu yang biasanya diturunkan secara turun menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like