Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

31 January 2020PapiBunda
Menjadi orang tua adalah hal yang paling di nanti bagi pasangan yang sudah menikah. Ya..karena dengan memiliki buah hati tentu akan menjadi penerus kita kelak. Selain penuh dengan kebahagian, menjadi orang tua juga tak luput dari tantangan.
Banyak sekali tantangan yang harus di lewati para orang tua, di mulai dari proses kehamilan selama 9 bulan 10 hari yang pasti dilalui dengan penuh kebahagian. Setelah bayi lahir ke dunia, apakah sudah selesai tugas sebagai orang tua? owh..tentu tidak bahkan dengan kelahiran si buah hati barulah di mulai peran kita sebagai orang tua yang sesungguhnya.
Biasanya tantangan terbesar yang banyak di alami ibu setelah melahirkan adalah bagamaina bisa menyusui anaknya dengan baik dan benar. Apakah nanti air susunya akan keluar atau tidak, atau bisakah nanti menyusui si kecil exklusif selama 6 bulan. Tak sedikit para ibu baru yang khawatir tidak bisa memberikan Air Susu Ibu yang maksimal kepada bayinya. Tentu ada banyak faktor yang menyebabkan sang ibu tidak dapat memberikan ASI secara maksimal.
 Tentu bagi ibu yang baru saja melahirkan, tugas utama selanjutnya adalah memberikan nutrisi melalui ASI (air susu ibu). Maka dari itu, seorang ibu yang menyusui harus mengosumsi makanan-makanan yang sehat agar bayi mendapatkan ASI berkualitas. ASI yang berkualitas akan menjadikan bayi sehat dan lincah. Mengapa ASI begitu penting?? karena ASI memiliki banyak manfaat bagi si kecil.

1. Bayam

Sayur bayam mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah ibu anemia. Selain zat besi, bayam juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin K. Mengonsumsi bayam setiap hari bermanfaat mencerdaskan otak bayi.

2. Gandum

Gandum kaya serat, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Serat pada gandum bisa membuat bayi kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaannya.

3. Brokoli

4. Salmon

Jenis ikan yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan bayi. Ikan salmon kaya DHA, serta bermanfaat membantu mengembangkan sistem sarafnya. Sesungguhnya ASI sendiri sudah mengandung DHA, tetapi kandungan dalam salmon lebih tinggi. Jadi tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi ikan salmon setiap harinya.

5. Nasi Merah

6. Kacang Hijau

Ini adalah salah satu makanan yang paling wajib dikonsumsi ibu menyusui. Kacang hijau direbus dan dikonsumsi bersama dengan airnya setiap hari. Dijamin ASI jadi makin lancar, deh!

7. Yogurt

Yogurt dikenal bisa membantu memperlancar pencernaan manusia. Tak hanya itu, yogurt juga bermanfaat bagi tulang sang ibu dan bayi, karena rendah lemak dan tinggi kalsium.

Nah, itulah makanan terbaik untuk ibu yang sedang menyusui. Dalam masa menyusui sang Ibu harus merperhatikan makanan yang di konsumsinya, karena bayi mungilmu menyerap nutrisi dari ASI-mu. Jika Ibu mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi tentu si kecil akan mendapatkan nutrisi terbaik lewat ASI dari sang Ibu.

Nikmatilah masa-masa menyusui si kecil karena itu bisa meningkatkan bonding antara Ibu dan anak. Selamat mengASIhi 🙂 Semoga selalu sehat yaa….

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!