Nyeri Tulang Belakang

17 January 2020PapiBunda

Kesehatan adalah rezeki yang tak ternilai harganya, sampai ada pepatah yang bilang bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Yap..karena kesehatan begitu mahal harganya, apalagi di usia yang sudah di atas kepala tiga ada saja keluhan tentang masalah kesehatan yang terjadi.

Beberapa keluhan yang sering terjadi adalah nyeri di sekitaran pinggang. Alhamdulilah.. Minggu 29 November 2019 kemarin saya berkesempatan hadir di RS. Premier Jatinegara dalam acara “Blogger dan Vlogger Gathering Untuk Mengenali Nyeri Tulang Belakang”. Seneng banget bisa belajar dan konsultasi kesehatan langsung dengan pakarnya, yaitu dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K).

Tentang Nyeri Tulang Belakang

Nyeri tulang belakang merupakan rasa sakit yang terjadi di sepanjang tulang belakang, yakni mulai dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Biasanya nyeri tulang belakang di sebabkan karena adanya tekanan pada syaraf tulang belakang. Nah.. sebelum kita bahas lebih lanjut, kalian udah tau kan struktur tulang belakang kita? struktur tulang belakang pada tubuh kita terdiri dari atas 33 yang terdiri dari 5 bagian yaitu, 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang belakang yang menjadi satu, dan 4 ruas tulang ekor yang menjadi satu.

Sebagian orang pasti pernah mengalami rasa nyeri pada bagian tulang belakang. Nyeri bisa timbul dibagiang pinggul, punggung, ataupun leher. Biasanya orang yang mengalami nyeri tulang belakang langusung meminum obat untuk sekedar menghilangkan rasa nyeri yang datang. Nyeri tulang belakang banyak dijumpai pada usia 30-45 tahun, memmang memasuki usia paruh baya kondisi fisik seseorang mulai mengalami penurunan dan tulangpun akan berkurang kepadatannya. itulah sebabnya nyeri tulang belakang banyak dijumpai di orang-orang yang usia lanjut.

Penyebab nyeri tulang belakang sangat beragam, mulai dari kelainan tulang belakang, kecelakaan, gaya hidup, stress dan beberapa kondisi kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan nyeri pada tulang belakang. Untuk menghindari terjadinya nyeri tulang belakang harap hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti terlalu sering membungkuk, mengangkat benda-benda berat, kurang berolahraga, merokok serta kelebihan berat badan menjadi faktor pemicu terjadinya sakit tulang belakang.

Dan untuk para kaum hawa yang sering menggunakan sepatu atau sandal ber-hak tinggi, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Mengapa? karena kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pada tulang belakang. Solusinya? ganti atau perbanyak intensitas pemakaian sepatu atau sandal ceper dibanding alas kaki ber-hak tinggi.

Pengobatan nyeri tulang belakang tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan:

  1.  Obat pereda nyeri. Misalnya paracetamol atau ibuprofen
  2.  Suntikan anti radang
  3.  Operasi tulang belakang

Selain itu olahraga teratur seperti yoga dan renang juga dapat mengurangi risiko nyeri tulang belakang.

Sekilas Tentang RS. Premier Jatinegara

RS. Premier Jatinegara adalah sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan. RS Premier Jatinegara telah beroperasi sejak 25 Maret 1989. RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur yang memiliki keunggulan termasuk didalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis.

RS Premier Jatinegara menyajikan berbagai fasilitas lengkap seperti layanan untuk pasien internasional, rawat inap, medical check up, operasi bypass koroner, pusat layanan kesehatan, pelayanan penunjang, dan ESST. RS Premier Jatinegara memiliki layanan unggulan seperti, Digestive, Unit Kemoterapi, Intensive Care bayi, Premier Excecutive Clinic, Stroke Unit, dan Urologi.

RS Premier Jatinegara

Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87
Jakarta 13310 – Indonesia
Call Centre : 1500-908
IGD & Ambulans Direct Line : 1500-907
Business Support : 62-21 2800888 | Fax : 62-21 2800 755

Email :
rspremier.jatinegara@ramsaysimedarby.co.id
www.ramsaysimedarby.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!