Tetap Fasionable dengan Sustainable Fashion

21 August 2019PapiBunda

Assalamualaikum..

Haloo moms ada yang pernah dengar tentang sustainable fashion??? Ehhmm..kira – kira apa yaa?? Yukk.. sekarang kita bahas lebih jauh tentang sustainable fashion šŸ˜Š. Sustainable fashion adalah produk fashion yang diproduksi atau dirancang dengan konsep berkelanjutan dengan pertimbangan lingkungan. Sustainable fashion bisa juga dibilang memberikan sesuatu yang baru tanpa garus membeli yang baru.

Sustainable fashion sendiri bukanlah tren, ini harus menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh kita sehari-hari. Kenapa ?? karena ternyata limbah bisnis dari busana di dunia dapat mencapai US$500 miliar per tahun. Hal ini kemudian memunculkan beberapa usulan kebijakan ramah lingkungan. Saat ini sudah banyak para desainer yang menerapkan sustainable fashion dengan melakukan prinsip zero waste pattern dimana mengurangi pembuangan kain sisa.

Kampanye Sustainable Fashion With So Klin

Jumat, 16 Agustus 2019 kemarin So Klin bersama sekolah mode ESMODE dan komunitas sosia Sadari SedariĀ  menyerukan kampanye fashion yang bertajuk ” Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin “. Acara ini berlangsung dalam rangkaian kegiatanĀ  Jakarta Fashion & Food Festival 2019 di Mall kelapa Gading 3. Dalam acara ini hadir sebagai pembicaraĀ  Patrice Desilles ( ESMOD Jakarta), Joanna Elizabeth Samuel ( Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama, Wings Group) dan Deandra Djokomono (HR Sadari Sedari).

Sebagai pelopor pendidikan fashion di Indonesia, ESMODE Jakarta menyadari bahwa sustainable fashion merupakan bagina ari gaya hidup saat ini. Banyak desainer yang mulai menggunakan bahan ramah lingkungan, teknik pewarna alami, dan yang ak kalah penting adalah memberikan label tata cara perawatan kain. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung Sustainable Fashion di rumah,Ā  diantaranya :

  1. Menahan Diri Untuk Membeli Pakaian Baru

Mungkin buat sebagian orang sulit ya moms, untuk menahan diri tidak membeli pakaian baru apalagi buat para wanita yang memang hobinya belanja baju baru hehe.. tapi kalau sudah niat mudah-mudahan semakin mudah di jalani hal kecil yang kita lakukan bisa berdampak besar loh buat diri kita dan lingkungan tentunya. SelainĀ  dapat menjaga bumi dari limbah busana, kantong pun aman kan moms šŸ™‚ uangnya bisa kita alokasikan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

2.Ā  Sumbangkan Pakaian lamamu Yang Masih Layak Pakai

Hayoo..siapa yang lemarinya udah gakĀ  ada space lagi? ayoo..angkat tangan hehee Inilah kebiasaan kebanyakan para wanita yang suka menumpuk – numpuk pakaian di lemari. Kadang sulit buat para wanita melepas pakaian kesayanganya. Padahal daripada menumpuk di lemari, kita bisa loh menyumbangkan pakaian lama kita yang masih layak pakai kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Atau kalao moms bingung mau myumbangkannya kemana, moms bisa menyumbangkan pakaian lama moms yang masih layak pakai ke komuitas sosial Sadari Sedari. Sadari sedari adalah komunitas yang menerima pakaian bekas layak pakai yang nantinya akan dijual dan hasilnya akan d donasikan untuk dana pendididkan anak-anak yang kurang mampu. Buat moms yang mau mendonasikan pakaian lamanya , Sadari Sedari membuka drop box donasi pakaian di Summarecom Mall Kelapa Gading , Jakarta dari tanggal 7 – 25 Agustus 2019. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek instagramnya @sadarisedari .

3. Rawatlah Pakaian Yang masih terpakai Dengan Baik dan Benar

Dalam hal ini So Klin sangat mendukung kampanye Sustainable Fashion. Salah satu yang dilakukan So Klin mengeluarkan variant terbaru yaitu So Klin White and Bright yang dapat menjaga warna pakaian kita seperti baru lagi dan menjaga serat kain. Kemarin Ibu Joanna sempat memberikan tips bagaiman cara merawat pakaian dengan baik dan benar, diantaranya:

  • Ikuti Instruksi Pencucian , dalam mencuci pakaian kita juga harus mencuci sesuai dengan bahan pakaian tersebut. biasanya disetiap label pakaian ada pentujuk pencucian pakaian . Karena setiap bahan memiliki treatment yang berbeda-beda. Tentu dengan teknik pencucian yang tepat dapat menjaga pakaian kita agar tidak cepat rusak.
  • Pelipatan dan Penyimpanan yang Tepat , setelah pencucian hal yang tidak kalah pentingnya adalah pelipatan dan penyimpanan pakaian itu sendiri. Kita juga harus tahu apakan pakaian tersebut harus dilipat atau harus digantung .
  • Pilih Deterjen Yang Tepat, pemilihan deterjen juga akan mempengaruhi kualitas pakaian kita. Pilihlah deterjen yang dapat menghilangkan bau , bakteri dan dapat menjaga serat kain dengan baik. Pakaian yang terbuat dari sutera atau yang berserta halus sebaiknya memakai deterjen cair.

So Klin White & Bright Dengan Teknologi OPTICAL BRIGHTENER

So Klin mendukung inovasi kreatif khususnya dalam merawatĀ  dan mix and macth pakaian. Dengan hadirnya So Klin White & Bright niat kita untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dalam hal berpakaian dengan mudah dapat terwujud.Ā  So Klin White & Bright dengan teknologi OPTICAL BRIGHTENER yang menggabungkan deterjen dengan formula khusus yang tidak hanya secara ampuh menghilangkan noda berat, namun juga sekaligus mempertahankan warna sehingga tidak cepat pudar, bahkan membuat pakaianĀ  terlihat llebih cerah setelah pencucian berulang kali.

Dengan pakai So Klin White & Bright kita juga gak perlu repot mamilah warna baju ketika mencuci moms, dengan begitu mencuci menjadi lebih mudah dan cepat. So Klin deterjen dilengkapi dengan formula anti bacterial disetiap variantnya untuk menjaga kesehatan kulit para penggunanya dan untuk menjaga pakaian agar tidak bau apek. Buat moms jangan khawatir So Klin deterjen tidak membuat panas ditangan loh.

Semoga dengan adanya So Klin White & Bright kita semua dapat meminimalisir pembelian pakaian baru ya moms. Dengan begitu kita bisa ikut mendukung gerakan sustainable fashion demi lingkungan dan bumi kita yang lebih sehat lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!