20 Tahun Martha Tilaar Innovation Center, Berkarya Untuk Indonesia

3 September 2019PapiBunda

Martha Tilaar…

Sebagian besar penduduk Indonesia pasti sudah mengnal Martha Tilaar, salah satu brand kosmetik terbesar yang ada di Indonesia. Berkat Dr. (H.C) Martha Tilaar, Martha Tilaar Group sudah 50 tahun mempercantik wanita Indonesia dan dunia serta menghasilkan produk-produk kecantikan yang berkualitas tapi juga memberikan pendidikan kecantikan, serta pelatihan keterampilan untuk para perempuan.

Tentu Ibu martha tidak sendirian dalam membangun Martha Tilaar Group hingga bisa besar seperti sekarang ini.  Ada yang tahu siapakah sosok itu ? yup.. Kilala Tilaar salah satu putra dari Ibu Martha yang ikut membangun Martha Tilaar Group. Seneng banget beberapa waktu lalu sempat bertemu dengan Pak Kilala di acara Afternoon Tea Gathering di Pur Que No Restaurant. Kesan pertama bertemu Pak Kilala adalah sosok yang ramah dan pintar.

Yang melatarbelakangi dibangunnya MTIC adalah kegelisahan Dr. (H.C) Martha Tilaar melihat bagaimana produk lokal selalu dipandang sebelah mata dan dianggap tidak berkualitas karena tidak ada riset yang mendukung. Di tangan Kilala Tilaar keberadaan MTIC menjadi sebuah awal bahan-bahan khas Indonesia terkenal di mata dunia. MTIC menjadi tempat riset dan pengembangan yang berkompetensi tinggi, produk-produk kecantikan diciptakan dengan menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan teknologi modern berbasis ramah lingkungan.

Di MTIC tedapat 57 scientis, yang terdiri dari ahli kimia, farmasi, kulit dll. Mereka saling bekerja sama untuk terus menggali potensi kosmetik yang banyak terinspirasi dari kekayaan alam Indonesia. Menurut Kilala Tilaar, Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu besar dibandingkan dengan Brazil. Banyak sekali temuan-temuan di Indonesia yang menjadi tren di dunia. Ptoduk-produk dari Martha Tilaar Group adalah brand Indonesia pertama yang mampu mengalahkan  dominasi produk internasional di Indonesia.

Dan tidak hanya sampai di siu, Martha Tilaar Group juga menjadi pionir yang mengampayekan konsep clean beauty dengan 3 filosofi yaitu Clean Ingredients ( no toxic dan tanpa bahan-bahan kontroversial yang berbahaya), Clean Environment ( prosesnya ramah lingkungan dan no animal testing dan jelas sumber ingredientsnya) dan yang paling penting 100% halal karena prosesnya terjaga. Jadi gak usah khawatir guys semua produk Martha Tilaar Group sudah memiliki sertifikasi halal dan juga clean skin ( aman dan tidak iritasi di kulit ).

Untuk melebarkan sayapnya , MTIC pun berkolaborasi dengan berbagai pihak di dalam maupun luar negeri.  Di luar negeri  MTIC bekerja sam dengan Fakultas Etnobotany Leiden University – Belanda pun tercipta. Dan di dalam negeri MTIC menggandeng Institut Technologi Bandung (ITB) jurusa Desain grafis, dan di acara afternoon tea gathering kemarin hadir perwakilan dosen dari ITB yaitu itu Dr intan. Dr. Intan menyebutkan bahwa ini adalah sebuah kenormatan dan kesempatan besar bagi murid-muridnya untuk bisa berkolaborasi dengan MTIC.

Dibutuhkan kominmen yang tinggi untuk menyelesaikan project ini bersama para mahasiswanya. Dengan kerja keras dan kominment yang tinggi akhirnya karya anak-anak muda ini mampu membawa inspirasi Indonesia ke dunia Internasional. Pencapaian berkelas global yang diraih MTIC adalah menjadi bagian dari otoritas penentu warna tren dunia ( intercolor) mulai tahun 2018 setelah melalui seleksi yang cukup ketat dengan negara-negara lain seperti USA, Perancis, Jepang, Korea, China, Swiss, Inggris, Finlandia, Spayol, Protugal, Italia, Hungaria, Thailand, jerman, Turki dan Denmark.

Salut banget sama MTIC yang terus kosisten untuk menggali kekayaan alam Indonesia yang belum terpublikasi di masyarakat luas. 20 tahun sudah perjalanna MTIC semoga kedepannya bisa semakin sukses  dan membawa nama harum Indonesia lewat kosmetik khas Indonesia yang mendunia. Sukses terus buat MTIC 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!