Tips Mengoptimalkan Gaji 10 Juta

7 April 2020PapiBunda

Seringkali gajian hanya numpang lewat?  Kondisi “gaji cuma numpang lewat” seperti ini memang sering dialami oleh banyak orang, bahkan bagi orang yang sudah memiliki gaji 10 juta. Jika hal ini tidak segera diatasi, kamu bisa terjebak lama di siklus tersebut setiap bulannya.

Kalau begini terus, kamu akan kesulitan untuk menabung, bukan? Untuk itu, sebaiknya kamu mulai menerapkan cara menabung yang tepat dan mengatur gaji bulanan. Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan keuangan dengan baik. Berikut cara mengatur keuangan gaji 10juta.

Menyisihkan 30% Gaji Untuk Menabung

Sudahkah kamu menyisihkan tabungan dari sisa gaji? Jika belum, maka mulai dari sekarang biasakan untuk menyisihkannya. Jumlah yang disarankan adalah 10-20% dari gaji. Tapi, jika gajimu sudah 10 juta, tentu akan lebih baik lagi jika kamu mampu menyisihkan minimal 30% dari total gaji kamu. Jika gaji kamu 10 juta, maka cobalah menyisihkan 3 juta untuk ditabung. Dengan demikian kamu bisa menabungnya sebagai dana darurat dan keperluan masa mendatang.

Membuat Laporan Keuangan Harian

Menyimpan struk belanja dan mencatat semua pengeluaran setiap harinya merupakan bagian dari cara menabung dengan efektif sekaligus mengelola anggaran dengan baik.

Selain bisa membantumu mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga dapat membantumu menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus kamu beli di bulan yang akan datang.

Membuat Anggaran Bulanan

Langkah mengelola anggaran pertama tentunya dimulai dengan membuat anggaran bulanan. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja kamu. Dari anggaran bulanan ini kamu bisa memperkirakan seberapa banyak biaya yang akan kamu habiskan per bulannya.

Membayar Tagihan Tepat  Waktu

Begitu kamu gajian, coba biasakan agar tepat waktu dalam membayar semua tagihan di awal. Mulai dari tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhanmu sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarnya terlebih dahulu tentu akan membuat kamu lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Memiliki Minimal 2 Rekening Bank

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari kamu seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain dapat kamu gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus kamu tabung dari gaji bulanan. Lakukan halnya seperti kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya

Mulai Untuk Investasi

Di zaman modern satu ini beragam investasi mulai ditawarkan. Ada baiknya kamu menggunakan sebagian gajinya untuk investasi, dengan mengikuti asuransi, reksadana maupun membeli emas dan perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Hal ini berbeda dengan menabung, jika menabung kamu bisa mengambilnya setiap saat di investasi kamu tidak bisa mengambil kapanpun. Meskipun demikian, kamu akan merasa untung di masa depan karena investasi ini bisa kamu gunakan di masa depan.

Bijak Menggunakan Gaji

Tidak hanya membiasakan diri mencatat semua pengeluaran saja, tapi juga harus membiasakan diri untuk selalu mematuhi peraturan keuangan yang sudah dibuat dan cobalah cara menabung di atas. Menggunakan dengan bijak uang yang kamu terima, adalah salah satu cara menghargai usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan.

Semakin besar gaji terkadang dapat membuat seseorang terlena dan akhirnya berapapun gaji seakan tidak pernah cukup. Jika gajimu sudah menyentuh angka 10 juta, cobalah mulai terapkan beberapa cara di atas, ya agar gaji yang kita terima semakin teroptimalkan.!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!