Categories
Finance

Gak kerasa pandemi udah hampir 2 tahun terjadi di Indonesia. Banyak sektor yang terkena dampak pandemi, dan hampir semua orang merasakan dampak pandemi itu sendiri. Sama halnya seperti yang saya alami, ketika pandemi melanda bener – bener bingung harus bagaimana.

Seketika penghasilan berkurang drastis, dan gak bisa kemana-mana juga. Awalnya masih santai karena pikirnya pandemi paling hanya 3 bulan atau paling lama 6 bulan melanda Indonesia dan setelah itu keadaan bisa normal kembali. Ehh.. ternyata tak segampang itu ferguso ūüôĀ makin lama makin serius. Datang lah PSBB, PPKM dan teman-temannya, barulah di situ panik kalo negara kita sebenernya gak baik-baik saja.

Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi, gak cuma satu dua orang tapi ribuan bahkan jutaan orang kehilangan pekerjaannya. Barulah di situ saya mulai memutar otak bagaimana keluarga bisa tetap bertahan di siuasi yang tidak menentu seperti ini, bagaimana dapur tetap ngebul meski kita di rumah aja.

Berawal dari keisengan membuat cemilan, akhirnya saya nekat buat jualan donat. Di awal ramadhan 2019 say memutuskan jualan donat, Alhamdulilah responnya baik walau hanya jualan di grup RT ūüôā . Dari satu item akhirnya nambah jualan risol mayonaise juga, selama 1 bulan penuh Alhamdulilah omsetnya lumayan.

Setelah lebaran, saya dan suami berfikir untuk lebih serius lagi berjualan karena ini lumayan menjanjikan. Akhirnya kita memutuskan membranding usaha donat kita dengan nama “Nyemilin Food Factory” . Karena saat ini sedang pandemi tentu untuk berjualan offline sepertinya keadaan belum memungkinkan ditambah uang untuk sewa lapak pun juga belum ada. Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk berjualan online.

Di era serba digital sekarang ini memang menjual barang tidak harus dilakukan secara offline di pasar-pasar tradisional. Dengan modal komputer dan jaringan internet kita pun bisa menjajakan barang secara online, lebih murah karena tidak perlu menyewa toko dan membeli alat-alat pendukung lainnya.

Akhirnya setelah banyak membaca dan cari informasi sebanyak-banyaknya tekad kita makin bulat buat berjualan online. Salah satu media promosi yang kerap digunakan adalah jejaring sosial, tetapi di luar sana ada puluhan jejaring sosial.

Tentu di jaman serba digital seperti sekaran ini , jejaring sosial tentu sudah gak asing lagi bukan? Banyak orang yang sudah memiliki jejaring sosial buat pribadinya. Tapi masih banyak orang yang belum paham kalo jejaring sosial juga bagus buat kita berjualan. Lalu manakah yang paling efektif untuk dijadikan lahan mendatangkan konversi penjualan?

5 Jejaring Sosial Yang Bisa Dipakai Untuk Berjualan Online

Facebook

Bagi pelaku bisnis online tingkat lanjut tentu sudah paham atau bahkan mungkin sudah merasakan manisnya menggarap bisnis online melalui jejaring sosial ini. Ada tiga metode yang dapat kita olah sehingga promosi di Facebook menjadi efektif.

Pertama dengan membuat akun yang sedikit banyak berkaitan dengan produk yang akan kita jual, jika kita sudah memiliki akun maka modifikasi nama kita sehingga mewakili produk yang akan kita tawarkan. Kedua, buat fan page dengan nama produk atau brand website. Ketiga, membuat grup sebagai tempat promosi tambahan.

Twitter

Facebook dan Twitter saat ini merupakan dua seteru abadi yang saling bersaing tapi juga saling mendampingi. Bagi penjual online, tidak afdol rasanya jika menggarap Facebook tapi melupakan Twitter.

Namun karena keterbatasan fitur di dalamnya, maka yang perlu kita genjot di jejaring sosial ini adalah jumlah follower tertarget. Wanita usia muda cenderung lebih gemar belanja, jadi upayakan untuk lebih banyak berinteraksi di seputar dunia wanita. Tetapi tergantung produk yang kita jual ya, jika pasarnya lebih cocok untuk pria maka lakukan sebalikya.

Instagram

Instagram menawarkan layanan utama melalui perangkat mobile berupa aplikasi. Tetapi uniknya Instagram terhubung langsung ke akun Facebook kita. Jadi apabila akun Facebook sudah dikenal dan mempunyai banyak teman, maka tidak sulit untuk melakukan promosi via Instagram demi mendapatkan penjualan.

Pinterest

Hampir sama dengan Instagram, Pinterest juga tempatnya berbagi foto. Tetapi justru di situ letak keunggulan Pinterest bagi para fotografer dan juga bagi penjual. Karena gambar produk dapat diunggah dengan mudah dan dapat diakses oleh teman atau calon pembeli layaknya etalase produk namun via online.

Untuk mengoptimalkan konversi penjualan di Instagram dan Pinterest penting sekali mendesain foto produk agar terlihat menarik dan profesional. Ingat, sebuah gambar yang elok mampu mewakili seribu kata.

YouTube

Lho, YouTube kan situs berbagi video emang bisa untuk jualan? Jangan salah! brand-brand ternama dunia seperti Microsoft, Samsung, Apple, Lenovo dan lain-lain semua memanfaatkan situs ini untuk mempromosikan produk buatan mereka.

Jika mereka melakukannya, mengapa kita tidak boleh? Yang perlu dilakukan adalah mengemas sebuah video yang apik agar pengunjung dapat mengetahui detail produk, kelebihan, dan jangan lupa untuk menyertakan deskripsi singkat di bagian yang sudah disediakan.

YouTube lebih tepat digunakan sebagai sarana promosi tier kedua, dimana biasanya para pelaku bisnis online menyisipkan tautan web penjualan utama di bagian deskripsi atau berupa anotasi di dalam video.

Nah..itu dia 5 jejaring sosial yang bisa kalian coba untuk berjualan online. Sebenernya saya pengen juga nih Nyemilin Food Factory bisa di liput salah satu platform berita seperti Indozone.id , kalian udah pada tau kan tentang Indozone ? Salah satu platform yang meyediakan berita, informasi, hiburan di media online.

Dengan hastagnya #kamuharustau seenggaknya nyemilin bisa nyelip di konten hiburannya agar pembaca – pembaca di Indozone yang doyan ngemil bisa kenal lebih jauh Nyemilin dan siapa tau bisa closing juga yee kann?? Heheee.. aamiinin aja dulu yak ūüôā

Kalau kalian mau tau informasi yang lagi update saat ini bisa langsung mampir ke www.indozone.id berita-berita disana up to date banget dan pastinya no hoax. Saya pun terbantu banget buat dapat informasi tentang usaha yang sedang saya jalankan atau sekedar mencari inspirasi buat usaha saya.

Semangat ya buat temen-temen yang sedang bangkit dari pandemi ini, pasti tidak mudah tapi dengan semangat dan konsisten insya allah kita bisa ko bangkit sama-sama. Apapun usahanya yuk coba dijalankan dulu, kalau gak jalan kita gak tau bisa atau nggak.

Apalagi saat ini informasi gampang banget diakses, kita bisa cari-cari informasi di Indozone.id buat cari inspirasi buat bisnis yang sedang dijalankan.

Semoga bermanfaat ya manteman dan tetap semangattttt.

18 replies on “5 Jejaring Sosial Ini Bisa Bikin Jualan Kamu Laris Manis”

Keren, Mbak Siwi. Dari mulai jualan di grup WA RT terus lanjut melayani pesanan dan bikin brand Nyemilin Food Factory. memang lewat jejaring sosial bisa memperlancar jualan kalau ada niatan yang disertai ketekunan. Sukses untuk usahanya ya, smoga laris manis. Lain kali pesan lagi akuuu, mantap donatnya!!

ya ampun saya masih jalan ditempat mau jualan. Padahal ikut berbagai grup jualan. Memang media sosial ini sangat membantu sekali kita mempromosikan produk. Twitter lagi, kalau kita aktif jbjb di sana, insyaAllah jualan laris manis.

Giovenysays:

oh pinterest itu bisa dioptimalkan untuk juaalan ya. Selama ini aku cum giat jualan di whatsapp aja nih, medsos lain belum mksimal

Emang bener mbak, dijaman digital sekarang ini media sosial tu jadi salah satu sarana yang tepat buat jualan. Asalkan dikelola dengan tepat pasti bisa optimal usaha kita. Salut aku sama temen-temen yang bisa majuin usaha dengan medsos sebagai jalur utama.

Memang usaha itu manis di akhir ya walau di awal naiknya lewat tangga demi tangga yang pastinya tidak mudah nah sekarang waktunya tinggal mengembangkan dengan berbagai aplikasi medsos, mantapūüĎć

Rizka Edmandasays:

aku pake pinterest hanya untuk mencari inspirasi aja sih banyak ide yang keren dari sana apalagi dari akun akun pinterest orang luar negeri

Media sosial memang tempat cocok buat jualan. Mengingat pengguna Internet di Indonesia itu banyak banget. Bahkan dari berbagai kalangan. Jadi, alangkah baiknya facebook kita jadikan sebagai tempat jualan. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Search by post
Calender
May 2022
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Part Of

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger