Berbagi Ilmu dan Keseruan di Jakarta Humanity Festival

29 January 2020PapiBunda

Perkembangan jaman yang semakin pesat membuat para generasi muda memiliki semangat, idealisme dan rasa penasaran yang tinggi. Oleh karena itu, banyak pemuda yang ingin bergabung dalam kegiatan kerelawanan dengan berbagai motivasinya. Untuk mendukung upaya pengembangan potensi pemuda Indonesia, Dompet Dhuafa menginisasi acara yang merangkum kegiatan kerelawanan, kepedulian lingkungan dan pendidikan bertajuk Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest).

Jakarta Humanity Festival merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa sebagai semangat berbagi di penghujung Bulan Kemanusiaan yang turut didukung oleh Wardah dan Tokopedia Salam. Hal tersebut tidak lepas dari femomena meningkatnya perhatian milenial terhadap berbagai isu kemanusian maupun bencana di Indonesia. Acara ini juga untuk mengampanyekan program isu kemanusiaan dan lingkungan, untuk menggugah masyarakat, khususnya generasi milenial, agar peduli terhadap lingkungan.

Jakarta Humanity Festival 2020 memberlakukan donasi seharga Rp 50 ribu yang nanti hasilnya bakal disalurkan untuk program kemanusiaan Dompet Dhuafa seperti Rumah Tetap untuk Palu dan Lebak, Banten. Gelaran yang memasuki periode kedua tersebut berlangsung di M Bloc Space. Jakhumfest terdiri dari beberapa segmen acara yaitu, Sound of Humanity, Humanitalk, Workshop, dan Humanity Exposure.

  • Sound of Humanity
    Bukan sekedar konser musik biasa, Sound of Humanity menghadirkan musisi-musisi Indonesia Navicula, Chiki Fawzi, V1mast yang akan membawakan lagu-lagu bertema sosial dan lingkungan untuk mengajak anak muda lebih peduli dan mau berbagi.
  • Humanitalk
    Bersama dengan Indorelawan, #tumbuhhijaurban,Divers Clean Action, Diet Kantong Plastik, dan Dompet Dhuafa, Humanitalk akan mengajak millenial untuk berdiskusi dan berbagi wawasan mengenai masalah lingkungan dan kerelawanan yang kini tengah terjadi.
  • Workshop
    Bersama dengan Chiki Fawzi yang juga seorang seniman mural, peserta akan diajak untuk melukis payung menjadi lebih indah dan menarik.
  • Humanity Exposure
    Aksi kerelawanan Dompet Dhuafa memiliki banyak kisah dan cerita. Semua aktifitas relawan yang ditangkap oleh fotografer kemanusiaan Dompet Dhuafa akan disajikan melalui sebuah pameran foto Humanity Exposure.

Ada hal yang menarik di Jakarta Humanity Fest 2020 yaitu puluhan peserta ditantang untuk membuat karya seni payung lukis saat sore hari menjelang. Dipandu oleh Chiki Fawzi, peserta yang bahkan belum pernah memegang kuas pun tampak kebingungan. Sebuah payung polos berwarna putih harus mereka warnai dengan corak tertentu dengan tema cinta lingkungan. Chiki Fawzi, penyanyi sekaligus anak dari pasangan Marissa Haque dan Ikang Fawzi bercerita selama menjadi relawan bencana. Ia mengaku bahwa selama menjadi relawan banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang bisa ambil agar tidak sombong. Chiki Fawzi  pertama kali menjadi relawan sejak 2013. Lalu ia berkolaborasi menjadi relawan dengan Dompet Dhuafa pada bencana gempa bumi Pidie, Aceh.

Selain itu di Jakarta Humanity Fest ini kita bisa melihat berbagai foto yang di ambil di daerah bencana yang diambil oleh fotografer  kemanusiaan dompet dhuafa, berbagai foto yang ada cukup mewakili cerita di balik bencana tersebut. Foto yang benar-benar membuat hati dan pikiran bergetar. Tidak hanya pameran foto, di JakHumFest juga ada bazzar barang-barang preloved dari para artis dan selebgram yang hasil penjulannya akan di donasikan oleh dompet dhuafa melalui tokopedia.

Dan puncak acara di JakHumFest yaitu Sound Of Humanity, konser kemanusiaan yang di isi oleh penampilan dari Navicula, V1mast dan Chiki Fawzi. Oiya.. keseluruhan tiketnya akan di donasikan untuk program-program kemanusiaan dan lingkungan  yang di kelola oleh dompet dhuafa loh 🙂 . Pokoknya acara Jakarta Humanity Festival 2020 kemarin syarat akan ilmu dan manfaat, semoga Jakarta Humanity Festival selalu ada di setiap tahunnya agar lebih banyak lagi anak-anak muda yang perduli dengan isu-isu kemanusian dan lingkungan. Sampai jumpa di JakHumFest 2021… 🙂

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!