Categories
Finance

Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali orang yang terkena dampaknya, terlebih lagi di sektor ekonomi. Tidak sedikit masyarakat yang mengalami PHK di masa pandemi ini, yang pastinya berimbas ke keuangan keluarga. Meskipun saya dan suami tidak mengalami PHK tapi kami merasakan dampak dari pandemi ini, karena usaha kami terkena dampak pandemi.

Sebagai menteri keuangan di keluarga, saya harus memutar otak bagaimana agar dapur tetap ngebul. Di saat seperti ini sangat di butuhkan sekali pengetahuan tentang literasi keuangan yang baik.  Agar kita tahu bagaimana cara yang tepat mengolah keuangan di saat pandemi seperti ini. Apalagi kebanyakan ibu-ibu  masih sedikit sekali yang “melek” tentang literasi keuangan.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan oleh kaum ibu untuk menambah pengetahuannya tentang literasi keuangan. Kita bisa belajar lewat media apapun, saat ini sudah banyak kelas online yang dapat menambah pengetahuan kita tentang literasi keuangan. Dan saat ini kita bisa menambah pengetahuan kita tentang literasi keuangan dengan berkunjung ke Financial Expo 2021 yang sedang berlangsung dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan yang diadakan secara virtual.

Bulan Inklusi Keuangan 2021

Mungkin banyak yang belum tau tentang Bulan Inklusi Keuangan, jujur saya pun baru tahu kalau ternyata sejak 2016 bulan Oktober dinyatakan sebagai Bulan Inklusi Keuangan. Ternyata Inklusi keuangan itu banyak manfaatnya loh salah satunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melakukan pemerataan akses terhadap produk dan layanan keuangan.

Dalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya kita sudah mengenal inklusi keuangan lewat kegiatan seperti menabung, investasi saham, belanja online, membeli produk asuransi dan tarik tunai di ATM. Nah .. tahun ini BIK 2021 dilaksanakan bertepatan dengan Hari Asuransi yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2021. Selain itu dalam rangka merayakan Bulan Inklusi Keuangan diadakan juga FIN EXPO 2021.

Fin Expo BIK 2021 merupakan sebuah pameran produk/jasa keuangan yang diselenggarakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tahun ini Financial Expo (Fin Expo) dilakukan secara virtual karena kondisi pandemi Covid-19. Pameran virtual Fin Expo BIK tahun 2021 ini diikuti oleh banyak partisipan di bidang keuangan. Sementara itu beberapa kegiatan yang ada di Fin Expo BIK 2021 adalah:

1. Penjualan produk/jasa keuangan berinsentif (pemberian diskon, cashback, point, bonus atau reward) 2. Fasilitas pemberian kredit/pembiayaan 3. Pembukaan rekening, polis, dan lainnya. 4. Edukasi keuangan melalui webinar 5. Pameran virtual

Jujur banyak banget manfaat yang didapet setelah mengikuti Fin Expo 2021, saya jadi tau lebih banyak tentang ilmu-ilmu keuangan. Tema Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun ini adalah “Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali-Pahami-Miliki”. Pastinya kita sudah pada paham kan kenapa asuransi sangat penting dimiliki seseorang ? Yap.. karena asuransi sebagai jaminan perlindungan atas kerugian finansial yang timbul akibat ketidakpastian.

Alhamdulilahnya pada pameran Fin Expo BIK 2021 salah satu yang ikut berpartisipasi adalah asuransi Prudential. Saya pun tertarik mengunjungi virtual booth Prudential Indonesia. Banyak sekali informasi  seputar asuransi yang saya dapatkan di booth virtual Prudential Indonesia. Salah satu informasi yang saya dapatkan adalah tips memilih asuransi kesehatan. Merry Riana  memberikan tips memilih produk asuransi kesehatan yaitu: 1. Siapkan anggaran 2. Pilih asuransi sesuai kebutuhan dan fasilitas yg diinginkan 3. Pilih jumlah premi 4. Pahami masa pertanggungan 5. Pelajari jenis penyakit yang ditanggung dan daftar rekanan rumah sakit

Setelah menyimak tips diatas  akhirnya saya mendapatkan gambaran dalam mencari produk asuransi kesehatan. Puas berkeliling virtual di boothnya Prudential Indonesia membuat saya yakin untuk membeli produk asurasi dari Prudential. Prudential sendiri merupakan salah satu asuransi yang sudah berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, jadi tak ada alasan lagi untuk tidak membeli produk asuransi dari Prudential.

Beberapa produk Prudential juga dipamerkan di virtual booth ini saat Fin Expo BIK 2021, yaitu : a. Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta b. Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah c. PRULink Syariah d. PRUWARISAN

Gimana temen-temen ada yang sedang mencari produk asuransi? Jika iya dan ingin bertanya-tanya lebih lanjut mau tentang produk di Prudential langsung saja kunjungi booth Prudential. Di sana Prudential menyediakan fitur “Hubungi Kami” yang bisa membantu pengunjung untuk bertanya seputar produk asuransi dari Prudential. Nah.. tunggu apa lagi yuk kunjungi virtual booth Prudential Indonesia di Financial Expo BIK 2021, Jangan sampai ketinggalan yaaa :).

20 replies on “Bulan Inklusi Keuangan 2021 Bersama Prudential”

Nurul Mutiara R.Asays:

Dulu aku gak terlalu paham sih perihal asuransi, cuma karena akhir-akhir ini sering baca perihal asuransi jadi sedikit banyak paham.
Asuransi emang dibutuhin banget sih kak, utamanya asuransi utk masa tua dan pendidikan anak

Bulan Inklusi Keuangan yang rutin dirayakan setiap tahun membuat kita semua memahami pentingnya dan tingkat urgensi dari belajar literasi keuangan dan penerapannya saat sudah berkeluarga.
Bagus sekali yaa..

Wah saya baru tau mba tentang bulan inklusi keuangan. Ternyata dari bulan oktober 2016 udah dinyatakan bulan inklusi keuangan ya. Ya ampunnn saya telat tahunya keliatan banget literasj keuangan saya masih minim.

Butuh pemahaman yang baik dalam memilih asuransi ya, jangan sampai kedatangan agen asuransi, membuat kita percaya begitu saja apa yang dikatakannya. Nah acara BIK ini bagus banget untuk menambah wawasan.

yeaay setuju nih, sebagai Menteri Keuangan dalam keluarga kita harus melek literasi keuangan, apalagi sekarang sudah bisa belajar tentang ini dari berbagai media ya biar bisa siapin asuransi tuk keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan budget kita ya.

Wiwin | pratiwanggini.netsays:

Jujur, saya juga baru tahu bahwa setiap tahun ada Bulan Inklusi Keuangan. Memang penting ada event-event seperti ini, bikin kita-kita melek mengenai keuangan. Karena manajer keuangan rumah tangga enggak boleh mudah tergiur penawaran produk-produk keuangan.

Sama mba aku pun baru tahu ini bulan ini sebagai bulan inklusi keuangan. Masih awam sekali sebelumnya tp skrg jadi tahu banyak nih dan kalo ada pameran gini menurut aku waktu yang tepat untuk belanja2 semisal asuransi. Kepoin dulu deh asunransi pru syraiahnya semoga cocok sesuai kebutuhan yg aku cari

Sapti nurul hidayatisays:

Seharusnya pengetahuan tentang pengturan keuangan ini diajarkan secara bertahap di sekolah ya, karena besar pengaruhnya ke kehidupan selanjutnya. Jika sudah tahu bagaimana cara mengelola uang yang baik, tentu masa muda tidak menghambur2kan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger