Blog post

Menata Rumah Mungil Agar Cantik Dan Nyaman

4 August 2019PapiBunda

Asslamualaikum..

Haloo moms , apa kabar nih? Semoga baik dan sehat selalu ya, aamiin. Moms..masih kepengin punya rumah baru gak?? Hayoo..cung yang sudah memiki rumah idaman Moms? Kalau saya rumah idaman masih ada list paling atas dan semoga bisa segera terwujud ya, aamiin .

Beberapa waktu lalu saya dan suami sempat berdiskusi tentang rumah idaman kami nanti. Kira-kira di daerah mana yang cocok, modelnya seperti apa dan yang paling penting tentu yang sesuai kebutuhan dan bugdet yang ada. Memang mencari rumah itu susah – susah gampang ya moms, seperti mencari jodoh hihii. Kadang ada aja yang bikin kurang sreg jadi harus cari pilihan lain deh.

Kebetulan beberapa waktu lalu ada acara Indonesia Property Expo Jakarta yang berlangsung di Jakarta Convention Center Hall A dan B. Acara ini digelar oleh Bank BTN yang menghadirkan ratusan developer yang mengikuti pameran dari berbagai daerah dari mulai Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, sampai Bandung. Pas banget nih buat yang sedang cari hunian buat tempat tinggal atau hanya untuk investasi. Ada rumah atau apartement tinggal pilih sesuai selera dan banyak promo menarik juga yang ditawarkan para developer.

Pas banget datang ke IPEX lagi ada acara talkshow tentang “Serba-Serbi Menata Rumah” dengan pembicara Adelya Vivin dan Zata Ligouw. Kebetulan banget ilmunya bisa dipakai nih buat menata rumah ku nanti yang luasnya minimalis hehhe..

Tips Menata Rumah Mungil

Sesi talkshow dibuka oleh Mba Adel yang membahas tentang small space. Ternyata jika ingin memiliki rumah yang bagus gak selalu harus dengan tanah yang luas, tetapi di small space pun jika kita bisa memaksimalkan akan mendapatkan rumah yang nyaman dan cantik.

Small space living adalah hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan.

Tahap Perencanaan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita menata rumah, antara lain :

1. Menentukan apa saja kebutuhan keluarga

2. Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga

3. Perbanyak referensi hal-hal yang disukai

4. Menghitung buged yang tersedia

Beberapa tips dari Mba Adel dalam menata rumah minimalis :

• Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan itu penting banget di dalam rumah, jika di rumah kita ruang tamu dan dapurnya tanpa sekat bisa menggunakan konsep skyligth. Dan untuk penggunaan ligthing buatan dapat menggunakan lampu, untuk di meja makan dapat digunakan yang agak redup atau lampu kuning sedangkan untuk lampu langit-langit pakailah lampu yang berwarna putih.

• Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara juga gak kalah pentingnga dengan pencahayaan. Gak mau kan udah rumahnya kecil kalau sirkulasinya gak oke bisa bikin pengap seisi rumah hehe. Pemakaian cooker hood menjadi pilihan Mba Adel di rumahnya yang minimalis atau exhaust fan juga bisa menjadi salah satu alternatif, dan juga memiliki jendela yang besar juga bagus untuk sirkulasi udara.

• Pemilihan Warna Cat

Ternyata pemilihan warna cat juga memiliki peran penting. Untuk rumah yang memiliki small space usahakan pilih warna cat natural agar memberikan kesan lapang (lega).

• Pengadaan Storage

Untuk pengadaan storage harus sangat diperhatikan, karena rumah yang small space tidak menyediakan tempat untuk gudang. Dan untuk menyiasatinya kita bisa memakai lemari kecil untuk menyimpan alat-alat kebersihan. Penggunaan open storage juga bisa gunakan untuk menyimpan koleksi buku atau barang-barang yang lainnya agar terlihat rapi.

• Penghijauan

Rumah yang small space juga harus ada hijau-hijaunya loh moms, walaupun hanya pohon kaktus tapi itu bisa mempercantik rumah small space kita.

• Kesesuaian Furtinure dengan Tema Rumah

Ketetapan funiture dengan tema rumah juga perlu diperhatikan loh moms agar rumah kita semakin nyaman dan enak dilihat. Kita bisa pilih funiture dengan tone warna yang sama, dan baiknya sebelum membangun rumah kita perlu menentukan tema rumahnya terlebih dahulu.

Beberalpa tema rumah, antara lain :

1. Rustic : Gak harus berbaahan dasar kayu, perpaduan warna putih dan brown

2. Bohemian : warna putih dominan di tipe ini, begitu juga dengan adanya tanaman dan pengadaan barangnya agak banyak

3. Scandinanvian : salah satu tema yang banyak diminati saat ini, identik dengan warna putih, biru , abu-abu dan terlihat lebih minimalis

4. Modern Japanense Korean : ditema ini lebih mengedepankan kerapihan . Dan barang lebih suka di aimpan di dalam kotak-kotak penyimpanan agar terlihat rapi.

Menata Ruang Kerja di Rumah

Nah..moms siapa nih yang suka kerja dari rumah, biasa untuk para penulis atau yang punya bisnis rumahan pingin banget punya ruang kerja yang nyaman di rumah.

Kemarin setelah Mba Adel berbagi tips menata ruang di small space lalu dilanjutkan oleh Mba Zata Ligouw yang berbagi tips menata ruang kerja dirumah.

Yuk..kita simak tips dari Mba Zata :

• Siapkan tempat khusus untuk Meja Kerja, bisa di pojok ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga atau kalau kita memiliki ruang lebih bisa dipakai satu ruang khusus. Dan untuk mejanya bisa memakai meja yang sudah ada di rumah atau kalau ada rezeki lebih bisa membeli meja kerja yang sesuai dengan keinginan kita. Yang penting mejanya ergonomis ya moms

• Aksesoris, pemilihan aksesoris juga bisa dibilang penting loh moms karena dapat menunjang pekerjaan, bisa menaikkan mood saat bekerja dan mempercantik ruang kerja kita. Aksesorisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Gak mesti beli baru, pakai barang yang sudah ada dirumah pun bisa. Contonya seperti DIY MOODBOARD yang bisa kita buat sendiri, tempellah hal-hal yang kita sukai yang dapat membuat mood kita selalu baik atau menuliskan quote yang lucu-lucu agar kita lebih semangat. Bisa juga ditempel DIY KALENDER agak jadwal kita gak ada yang kelewat yaa. Oiya..siapin alat tulis juga perlu loh, bisa spidol atau pulpen yang warna-warni 😊.

• Tanaman

Nah..ternyata sama seperti Mba Adel tadi yang menyingung soal tanaman, Mba Zata juga berikan tips yang sama untuk ruang kerja. Karena banyak sekali manfaat dari tanaman tersebut, antara lain : dapat meningkatkan mood, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mendatangkan kebahgiaan, membuat rileks dan nyaman, mengurangi stress dan meningkatkan kesadaran mental. Woow..banyak sekali manfaatnya, jangan lupa taruh tanaman di ruang kerja ya moms.

Ahhh..seneng banget bisa dapat ilmu yang kaya manfaat tinggal diterapin di rumah. Semoga Tips dari Mba Adel dan Mba Zata bisa diterapkan dan bisa bermanfaat ya moms. Sampai bertemu di Indonesia Property Expo tahun depan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!